Cara Mengusir Tikus Agar Mesin Tidak Sekarat

22/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Cara mengusir tikus menjadi salah satu pekerjaan rumah penting bagi pemilik mobil dalam masa PPKM Darurat agar bebas dari masalah sistem kelistrikan mobil

Dalam masa PPKM Darurat seperti sekarang ini, bisa dipastikan mobil lebih banyak tidur di dalam garasi rumah. Kondisi dingin, lembab, gelap dan tenang seperti ini memancing hewan pengerat seperti tikus untuk beraksi menggigit kabel sistem kelistrikan. Lantas bagaimana cara mengusir tikus yang benar?

Tidak heran sering terjadi mesin mobil sulit dihidupkan gara-gara kabel sistem kelistrikan terkelupas atau malah putus akibat ulang gigitan hewan pengerat. Memang tidak mudah untuk mengusir tikus dari garasi dan menjauhkannya dari mobil. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.  

>>> Langkah Sederhana Merawat Mobil di Garasi saat PPKM Darurat

Garasi Kedap

Garasi kedap di sini mengacu pada garasi yang steril dari tikus. Caranya dengan menutup semua celah seperti celah pintu yang memungkinkan tikus untuk masuk garasi. Selain itu, jika lokasi garasi berada dekat dapur, selokan (got) dan tanaman, siapkan langkah penangkal untuk mengusir tikus.

gambar garasi

Garasi harus steril jadi cara mengusir tikus yang benar

Semisal, dapur harus selalu dalam kondisi bersih dan buang sisa makanan yang memancing kedatangan tikus. Untuk selokan dan tanaman, berikan partisi atau penutup agar tidak ada celah masuk keluar bagi tikus.  

Cuci Bersih

Salah satu sifat tikus adalah suka tempat yang kotor. Karena itu pastikan mobil selalu bersih luar dalam untuk mengusir tikus agar mereka beralih ke lokasi lain. Kondisi mesin bersih memudahkan Anda untuk memantau keberadaan tikus melalui bau pipis dan kotoran.

gambar mesin

Cara mengusir tikus berikutnya adalah ruang mesin harus bersih

Bila sudah pernah ada tikus yang masuk ke ruang mesin, segera  bersihkan dan cuci mesin. Bau pipis dan kotoran dalam ruang mesin akan mengundang tikus lain untuk datang.  

Kapur Barus dan Lada

Kapur barus (kamper) dan lada bisa digunakan untuk mengusir tikus dari garasi karena hewan pengerat itu tidak suka aroma baunya. Cara pakainya, kamper dan lada ditumbuk halus lalu disebarkan secara merata di sudut garasi dan di ruang mesin.

gambar kamper

Kamper bisa jadi cara mengusir tikus yang ampuh

Namun harap diingat, sistem ventilasi dalam garasi memungkinkan pertukaran udara sehingga aroma bau kamper dan lada akan menghilang dalam beberapa hari sehingga tikus kembali berulah. Artinya, gantilah  bubuk kamper dan lada secara rutin, paling tidak sekali sepekan untuk mengusir tikus dari ruang mesin dan garasi.  

Cairan Anti Tikus

Bagi mereka yang alergi dengan aroma bau kamper dan lada, bisa memakai cairan anti hewan pengerat yang biasa tersedia di toko-toko perlengkapan otomotif untuk mengusir tikus. Karena spray cepat menguap, semprotkan cairan anti tikus pada kain lalu diletakkan pada sudut-sudut ruang mesin mobil.

gambar anti tikus

Semprotkan pada kain dan tempatkan dalam ruang mesin

Lebih baik lagi kalau kain tersebut ditempatkan pada lokasi dekat kabel sistem kelistrikan. Bisa juga dengan melilitkan kain tersebut ke pipa  AC atau selang radiator agar aromanya merata untuk mengusir tikus sehingga mereka menjauh.  

Racun dan Perangkap

gambar perangkap

Tikus sudah semakin pintar dan cara mengusir tikus seperti ini sudah kuno

Pilihan lain adalah memasang racun atau perangkap tikus yang banyak tersedia di supermarket. Jika memakai racun tikus, pastikan tidak ada hewan peliharaan lain dalam rumah yang memakan umpan. Memakai perangkap seperti lem yang diberi makanan umpan kerap menyebabkan hewan lain seperti cicak yang terjerat, sementara  tikus lolos.  

Alat Ultrasonik

Perangkat ini mengeluarkan suara ultrasonik dengan frekuensi tertentu yang mengganggu kenyamanan tikus sehingga pergi menjauh. Untuk sumber daya listriknya bisa memakai baterai biasa sehingga pemakaiannya sangat praktis.

gambar ultrasonik

Bukan hanya mengusir tikus, juga hewan lain semisal kecoa

Alat ini bisa dihidupkan pada malam hari saat aktivitas tikus semakin meningkat. Tempatkan alat ini dalam ruang mesin atau lokasi lain yang menjadi favorit tikus.  

Buka Kap Mesin

Kap mesin yang jarang dibuka bukan berarti aman. Siapa tahu sudah ada sarang tikus di ruang mesin? Kap mesin terbuka memungkinkan untuk mengetahui langsung kalau ada pipis atau kotoran yang ditinggalkan tikus dan melihat kabel yang mungkin sudah digigit oleh hewan pengerat itu. Dengan demikian bisa dilakukan langkah selanjutnya.

Panaskan Mesin

Pada dasarnya  tikus menyukai tempat-tempat yang dingin, lembab dan tenang. Mesin mobil yang jarang dipanaskan menjadi lokasi favorit tikus untuk bersembunyi di dalamnya. Agar tikus tidak membuat sarang permanen, panaskan mesin mobil setiap hari. Juga sekalian untuk memastikan mesin selalu berada dalam kondisi siap pakai setiap saat.   

Lampu Penerangan

gambar lampu

Ruang mesin terang membuat tikus menjauh 

Tempat gelap disukai tikus karena membuat mereka merasa nyaman. Agar ruang mesin yang selalu gelap tidak menjadi sarang tikus, Anda bisa memasang lampu LED hemat energi (berdaya rendah). Dengan konsumsi daya listrik yang rendah sekitar 1 Watt-5 Watt, lampu LED cukup efektif untuk mencegah tikus agar tidak masuk ruang  mesin. Letakkan lampu LED di ruang  mesin  terutama di lokasi pojok lalu hidupkan. Ruang mesin yang terang membuat tikus menjadi malas untuk masuk ke dalamnya.  

>>> Inspirasi Garasi Rumah untuk Sempurnakan Penampilan Mobil

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top