Cara Menghindari dan Membersihkan Jamur di Kaca Mobil

13/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Jamur di kaca mobil bisa berbahaya karena membuat visibilitas berkendara jadi berkurang. Tak ingin hal itu terjadi di mobil Anda simak tipsnya di bawah ini.

Salah satu faktor penyebab tidak nyaman saat berkendara adalah jarak pandang pengemudi tidak maksimal. Pasalnya, area kaca depan mobil yang mulai terlihat buram. Biasanya dipengaruhi banyaknya noda pada kaca mobil yang sulit dibersihkan.

>>> 3 Cara Sederhana Bikin Mesin Mobil Jadi Halus

Gambar menunjukan jamur

Munculnya jamur pada kaca biasanya disebabkan oleh air dan tidak dikeringkan

Waspada Jamur

Padahal, noda ataupun kotoran pada kaca pun pada umumnya mudah dibersihkan. Seperti noda bekas cipratan air hujan yang sangat mudah diseka dengan wiper plus siraman air bersih atau ritual cuci mobil sekalipun.

“Tapi kalau noda pada kaca sulit dibersihkan meskipun sudah berkali-kali dicuci. Dapat dipastikan kalau kaca mobil Sobat Peugeot sudah banyak dihinggapi jamur pada permukaan luarnya. Sehingga perlu penanganan khusus untuk menghilangkan jamur pada permukaan kaca,” jelas Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Sunter.

Munculnya jamur pada kaca biasanya disebabkan oleh air dan tidak dikeringkan kemudian langsung terpapar terik panas matahari. Kadang hujan dan terik mempercepat proses jamuran. Titik-titik air akan menguap dan meninggalkan kerak air. Selain itu proses pengeringan mobil tidak sempurna bisa juga menghadirkan jamur.

>>> Atasi Jalan Basah dan Bebatuan dengan Fitur Hill Assist Descent Control

Gambar menujukan Mencuci mobil

Rajinlah mencuci mobil

Cara Agar Kaca Mobil Terhindar dari Jamur

Abaikan bekas noda, jamur kaca yang awal sedikit makin terlihat jelas juga tegas. Makanya biasakan cuci mobil dalam kondisi apapun, terutama area kaca  mobil guna hindari noda. Gunakan sabun khusus dan langsung di lap kain bersih. Hindari matahari langsung terlalu  sering agar noda bekas cucian tidak berbuah jamur.

“Namun jika benar kaca  mobil sudah terlihat ada banyak jamur, untuk menghilangkannya pun tidak boleh dilakukan sembarang. Meskipun di pasaran banyak yang memasarkan cairan khusus pengusir jamur kaca. Apalagi tiap produsen mobil memiliki spesifikasi material kaca berbeda-beda. Jika salah penanganan bisa berdampak pula pada kaca  mobil itu sendiri,” wanti Roni Agung.

Jika tidak ingin itu terjadi pada mobil, Anda juga bisa pergi ke bengkel untuk melakukan perawatan khusus. Di samping itu, Anda juga bisa membersihkan bekas noda jamur dengan bantuan peralatan canggih. 

>>> 70% Mobil Peugeot Sudah Bertenaga Listrik, Berikut Daftarnya

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top