Cara Menghilangkan Baret di Bodi Mobil

15/11/2019
Menghilangkan baret di bodi mobil tidak selamanya harus mengecat ulang permukaan eksterior mobil tersebut. Ada beberapa langkah kecil untuk mengatasi problem ini.

Semua pemilik mobil pasti menginginkan kendaraannya selalu terlihat bersih dan kincong. Sehingga tentu akan kesal rasanya jika ditemukan baret di cat mobil Anda. Baret pastinya akan mengurangi keindahaan esterior mobil tersebut.

>>> Mudah, 3 Cara Bikin Cat Mobil Selalu Kinclong

Bodi mobil baret pun bisa karena banyak hal. Bersenggolan dengan kendaraan lain saat di jalan, aksi tangan usil anak-anak ketika mobil parkir di luar ruangan, sampai hal sederhana seperti terkena ujung tas atau kunci saat Anda akan masuk ke dalam mobil.

Nah jangan langsung membayangkan Anda harus mengecat keseluruhan bodi mobil hanya untuk menghilangkan baret tersebut. Berikut tips menghilangkan baret di bodi mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Cuci Mobil

mencuci mobil di depannya

Cuci bersih dahulu mobil sebelum menghilangkan baret

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Saat terlihat baret pada permukaan bodi mobil, pertama-tama cuci bersih dahulu permukaan eksterior mobil Anda. Terutama pada bagian yang baret tersebut. Ini untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mungkin masih menempel di permukaan cat yang tergores.

2. Pakai Scratch Remover

poles mobil

Poles dengan scratch atau swirl remover

Jika baret yang muncul di permukaan cat mobil adalah baret ringan akibat terkena kuku, tas, atau ujung kunci, maka untuk menghilangkan baret di bodi mobil itu cukup mudah. Pertama, keringkan permukaan yang ada baret tersebut. Lalu oleskan scratch atau swirl remover dengan cara melingkar pada bagian yang baret. Kemudian lap kembali dengan lap kering yang bersih. Ulangi sampai baret tersebut benar-benar hilang.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

3. Pakai Compound

compound mobil

Pakai compound untuk baret cukup dalam

Jika untuk menghilangkan baret di bodi mobil yang cukup dalam, maka bisa dengan menggunakan compound. Tekniknya tetap sama, yaitu oleskan compound pada permukaan cat yang baret dengan teknik memutar. Lalu usap dengan lap kering yang bersih sampai baret benar-benar hilang.

4. Beri Wax

wax mobil

Beri wax agar cat kembali kinclong

Jika permukaan yang baret sudah hilang, Anda bisa cuci kembali eksterior mobil Anda dengan air bersih. Tidak perlu menggunakan sabun. Lalu keringkan hingga benar-benar kering. Kemudian beri lapisan wax, terutama bagian yang bekas terkena baret. Ini merupakan cara menghilangkan baret di bodi mobil sehingga cat kembali bersinar.

>>> Trik menarik lainnya cek disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
5

berita lain