Ini Cara Mengatasi Karat pada Bodi Mobil

04/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Karat merupakan bahaya laten yang sangat mengganggu. Maka dari itu simak tips di bawah ini cara mengatasi karat pada bodi mobil kesayangan Anda.

Karat sangat menggagu tampilan pada bodi mobil kesayangan Anda. Jika tidak diperbaiki kondisi ini akan menyebar mengikis bodi mobil Anda seiring waktu karena logam di baliknya terpapar udara dan kelembaban.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengehentahui cara menghilangkan karat pada bodi mobil. Sebenarnya bagaimanakah cara menghilangkan karat dengan benar? Simak tipsnya di bawah ini dari Auto2000.

>>> Banyak Terjadi Kebakaran Mobil, Mungkin Ini Penyebabnya

Gambar rmenunjukan Mencuci mobil

Cuci mobil saat pagi atau siang hari

1. Berikan Pelumas

Cara pertama yang bisa Anda lakukan menghilangkan karat pada bodi mobil dengan memberikan pelumas. Biasanya bagian engsel mobil sering kali meimbulkan karat karena daerahnya cukup tersembunyi dan jarang diperhatikan oleh pemiliki mobil. Caranya cukup sederhana, Anda tidak perlu khawatir, karat akan hilang dan tidak akan terjadi lagi jika selalu mengoleskan oli pada bagian engsel untuk mencegahnya menyebar ke bagian lainnya.

2. Cuci Mobil Secara Berkala

Cara sederhana merawat mobil yakni dengan membersihkannya. Untuk membersihkan mobil kesayangan Anda sebaiknya dilakukan pagi atau siang hari saja. Hal itu dikarenakan air yang ada di bagian dalam mobil dan sulit dilap tentu saja akan kering lebih cepat jika dicuci pada pagi atau siang hari.

Proses pengeringan akan berbeda jika Anda mencuci mobil saat malam atau sore hari. Bagian yang sulit dilap tersebut akan lama tergenang air atau basah sehingga tidak mudah mengering dan lebih cepat berkarat.

>>> Ini Alasan Mengapa Toyota Kijang Innova V Diesel Masih Banyak Diminati

3. Cuci Mobil Setelah Diguyur Hujan

Air hujan bisa menimbulkan karat pada  bodi mobil kesayangan Anda. Jika Anda menggunakan mobil saat turunnya hujan alangkah baiknya mobil untuk bisa segera dicuci agar terhindar dari karat atau korosi. 

Karat pada  bodi mobil Anda akan mempengaruhi penampilan mobil kesayangan. Selain itu karat yang menyerang mobil kesayangan bisa menyebar tidak pada area tertentu saja. Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi, karat harus segera dihilangkan. 

>>> Tips Mengemudi Aman di Malam Hari

Gambar menunjukan Cuka apel

Manfaatkan cuka untuk hilangkan karat

4. Gunakan Cuka

Bahan dan alat yang digunakan untuk menghilangkan karat mobil menggunakan cuka adalah air, sikat, serta lap khusus. Jangan lupa untuk mencampur cuka dengan air agar encer terlebih dahulu. Kandungan asam sitrat atau asam asetat pada cuka punya efek ampuh untuk menyingkirkan karat. 

Apabila bagian mobil yang terkena karat bisa Anda bongkar, maka lepaskan lebih dahulu bagian tersebut dan rendam bagian yang berkarat di dalam air cuka selama 1 sampai 2 hari. Jika ternyata karat masih menempel, Anda bisa rendam lagi sampai karatnya hilang. Gunakan sikat dan lap khusus untuk membantu menghilangkan karat secara lebih efektif.

5. Manfaatkan Buah Lemon atau Jeruk Nipis

Jika selama ini Anda biasanya memanfaatkan jeruk nipis atau lemon untuk membersihkan noda pada pakaian kini Anda bisa manfaatkan kedua buah tersebut untuk menghilangkan karat mobil. Caranya cukup sederhana  taburi permukaan bagian yang berkarat dengan garam terlebih dahulu, kemudian rendam di dalam air jeruk nipis atau air lemon. Gunakan bola penggosok alumunium untuk mengikis sisa-sisa karat.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan karat pada bodi mobil. Lalu, bagaimana jika karat  pada bodi mobil sudah terlanjur parah? Apabila hal ini sudah terjadi, mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel resmi terpercaya.

>>> Baru Diluncurkan, Toyota Raize Hybrid dan Facelift Makin Santer Muncul

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top