Cara Memilih Kaca Film yang Tepat untuk Mobil

30/01/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Memilih kaca film tidak boleh sembarangan karena fungsinya yang cukup penting. Maka dari itu simak tips di bawah ini cara memilih kaca film yang tepat.

Kaca film mobil bisa dibilang memiliki fungsi yang cukup vital. Mengapa demikian? Kaca film berfungsi untuk menangkal panas sinar matahari sekaligus mengurangi silau, menambah kenyamanan penumpang, melindungi interior mobil dari kerusakan, membantu kinerja AC, dan meningkatkan penampilan keseluruhan mobil.

Melihat fungsinya yang cukup penting untuk kenyaman dan keamanan mobil maka dari itu Anda tidak boleh sembarangan saat memilih kaca mobil. Oleh karenanya, ada beberapa hal harus diperhatikan sebelum membeli dan memasang kaca film yang sesuai kebutuhan. Apa sajakah itu? Berikut cara memilih kaca film yang tepat dari Auto2000.

>>> Inspirasi Modifikasi Jok Mobil yang Terlihat Mewah Sekaligus Nyaman

Gambar menunjukan Kaca film

Kaca film berfungsi menangkal panas sinar matahari masuk ke dalam kabin mobil

1. Sesuaikan Budget dan Kebutuhan

Harga kaca film sangat bervariasi, oleh sebab itu siapkan dulu budget agar tidak membeli produk yang terlalu mahal bagi kantong. Tentukan apakah semua kaca mobil akan dilapisi kaca film, termasuk menentukan tingkat kegelapan yang diinginkan. Urusan Toyota lebih mudah, silakan browsing di menu AKSESORIS Auto2000 Digiroom untuk memilih kaca film yang dibutuhkan dengan kualitas terbaik.

2. Perhatikan Kejernihan Kaca Film

Kaca film yang baik akan terlihat lebih jernih ketika dilihat dari dalam kabin. Masalahnya, pada beberapa produk pandangan keluar justru lebih redup atau gelap ketika dilihat dari dalam. Ini berkaitan dengan safety driving lantaran mengganggu visibilitas pengemudi. Semakin menyulitkan jika harus berkendara di jalan gelap atau hujan lebat.

3. Cek Performa Kaca Film

Anda harus mencari kaca film yang bisa menolak sinar matahari dengan baik. Salah satunya adalah indikator dalam menolak sinar ultraviolet (UV) yang dapat membuat interior kulit retak atau pecah-pecah, warna interior mobil memudar (fading), bahkan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Perhatikan pula kemampuan mengurangi silau sinar matahari di siang hari dan silau lampu dari kendaraan yang berlawanan arah pada malam hari, Termasuk keandalan menolak hawa panas dari luar mobil guna menjaga kenyamanan seluruh penumpang.

>>> Kasus Glory 580 Tak Kuat Nanjak Lanjut ke Meja Hijau, Apa Kata DFSK?

Gambar menunjukan Auto2000 Digiroom

Beli kaca film bisa di Auto2000 Digiroom

4. Sesuaikan Tingkat Kegelapan

Soal tingkat kegelapan kaca film, banyak pengguna mobil yang lebih menyukai warna gelap karena alasan privasi dan lebih teduh. Padahal, gelap terangnya kaca film akan mempengaruhi visibilitas selama berkendara, terutama di malam hari atau ketika hujan turun. Untuk kaca depan, gunakan kaca film khusus untuk kaca depan sehingga lebih jernih ketika dilihat dari dalam. Konsultasikan dengan sales advisor Auto2000 ketika ingin memasangnya sehingga tidak menyesal kalau tidak cocok di kemudian hari.

5. Cari Produk Berkualitas dan Bergaransi

Banyak sekali beredar merek kaca film di pasaran. Risikonya adalah kemungkinan membeli produk yang kualitasnya rendah bahkan palsu. Cara memilih kaca film lebih mudah dan nyaman, Anda bisa membeli di bengkel resmi yang tersebar seluruh Indonesia.

>>> Ikuti terus berita otomotif di Indonesia terlengkap hanya di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top