Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Vanish saat #DirumahAja

20/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Vanish saat #DirumahAja
Ketika disarankan untuk #DirumahAja, Anda bisa mulai membersihkan mobil kesayangan Anda. Dan untuk menghilangkan noda pada plafon mobil, berikut cara membersihkan plafon mobil dengan vanish dan bahan lainnya.

Kabin mobil yang bersih akan memberikan kenyamanan lebih bagi Anda dan pengemudi di dalamnya. Selain dashboard, karpet, atau kursi, plafon atau langit-langit mobil pun harus diperhatikan. Bagi Anda yang berada di rumah dan ingin membersihkan plafon mobil dengan mudah, berikut bagikan Cintamobil.com tentang cara membersihkan plafon mobil dengan vanish dan bahan-bahan lainnya.

1. Membersihkan plafon dengan vacuum cleaner

Tak jarang noda yang terletak pada plafon mobil merupakan debu yang menumpuk seiring berjalannya waktu pemakaian. Karena itu, sebelum noda menjadi lebih lengket atau meneras, Anda bisa menghilangkan noda maupun debu pada plafon mobil dengan vacumm cleaner.

membersihkan plafon dengan vacuum cleaner berwarna putih 
Gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan noda yang mudah terangkat

Ketika menggunakan vacuum cleaner, pastikan plafon mobil berada dalam kondisi kering. Lalu arahkan pada noda dan gerakkan perlahan secara searah. Jangan lupa untuk menggunakan daya serap ringan. Hindari terlalu menekan vacuum pada plafon, karena akan membuat lapisan plafon menipis.

>>> Aman Dari Kuman, Yuk Intip Tips Memilih Vacuum Cleaner Mobil

2. Membersihkan plafon dengan detergen

Untuk menghilangkan noda ringan pada plafon, Anda bisa menggunakan sikat lembab dengan sedikit detergen yang ada di rumah Anda. Bahan lainnya yaitu dua ember berisi air, serta sikat gigi dan kain microfiber untuk mengeringkan plafon.

 membersihkan plafon dengan sikat berwarna cokelat
Gosok dengan lembut menggunakan sikat dan keringkan

Tuang detergen pada air namun jangan diaduk. Jika air yang digunakan berbusa, akan menghasilkan flek yang susah untuk dihilangkan. Setelah itu, tunggu 3 menit agar detergen bisa bereaksi dengan air. Celupkan sikat gigi dan gosok plafon menggunakan sikat gigi dengan gerakan yang lembut dan searah.

>>> Ini Alasan Tidak Boleh Menggunakan Deterjen Pencuci Piring Untuk Mencuci Mobil

3. Membersihkan plafon mobil dengan vanish

Masih banyak yang belum tahu kegunakan vanish untuk membersihkan plafon mobil. Vanish memang menjadi andalan untu membersihkan kotoran serta noda membandel yang menempel pada pakaian. Meskipun begitu, vanish bisa membantu Anda membuat kabin menjadi lebih bersih. Anda bisa membeli vanish yang banyak dijual di toko-toko.

Cara membersihkan plafon mobil dengan vanish pun tak terlalu susah. Car from Japan menyebutkan Anda bisa membeli vanish berukuran kecil. Bahan lain yang perlu dipersiapkan yaitu sikat gigi serta kanebo atau kain microfiber untuk membersihkan dan mengeringkan palforn mobil setelah pencucian,

tangan yang sedang membersihkan plafon mobil dengan kain 
Vanish bisa menjadi bahan ampuh untuk membersihkan plafon mobil

Oleskan vanish ke sikat gigi secara merata pada plafon mobil dan diamkan sesaat. Basahi sikat gigi dengan air, kemudian Anda bisa menyikat plafon mobil berulang-ulang. Usahakan sikat secara merata. Jika masih ada noda membandel yang tertinggal, Anda bisa menambahkan vanish pada bagian tersebut.

Setelah Anda memastikan tidak ada lagi noda pada plafon mobil, bilas menggunakan air hingga bersih dan plafon bebas dari busa bekas sabun. Pengeringan bisa dilakukan dengan kanebo atau kain microfiber. Selain plafon, Anda juga bisa menggunakan vanish untuk membersihkan noda atau tumpahan minuman pada jok kulit mobil.

>>> Sabun Cuci Mobil? 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Membersihkan Mobil dengan Cepat

4. Membersihkan plafon mobil berbahan fabric/kain

Ada dua tipe interior, berbahan fabric atau kain dan berbahan beludru. Keduanya pun memiliki cara pembersihan yang sedikit berbeda. Untuk plafon mobil berbahan fabric, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersihkan dan menyikatnya dengan gerakan satu arah.

tangan yang sedang membersihkan plafon dengan kain 
Gunakan gerakan satu arah untuk menghindari kerusakan pada plafon

Siapkan bahan pembersih fabric serta kain microfiber. Basahkan kain dengan cairan pembersih, tunggu beberapa saat. Gosok plafon dengan lembut dan gunakan gerakan searah untuk menjaga kualitas plafon. Jika plafon lembab, keringkan dengan menggosokkan kain microfiber pada plafon mobil.

>>> Merasa capek saat merawat mobil Anda? Simaklah beberapa tips dan trik merawat mobil yang dibagikan oleh para ahli termuka di pasar otomotif Indonesia

5. Membersihkan plafon berbahan beludru

Beberapa mobil baru menggunakan plafon berbahan beludru yang menawarkan tampilan yang lebih menawan serta terasa halus saat dipegang. Sayangnya, pafon jenis ini terbilang susah untuk dibersihkan. Lapisan luar plafon beludru menggunakan kain wol yang menjadi lembab ketika terkena sedikit air.

Karena itu, membersihkan plafon berbahan beludru memiliki trik khusus agar nota yang menempel benar-benar hilang. Pertama, bersihkan plafon menggunakan air secukupnya dan gosok perlahan dengan lap setengah basah. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan dengan kain microfiber. Jangan biarkan plafon lembab, karena kelembaban bisa menyebabkan jamur.

Sebisa mungkin bersihkan mobil, bukan hanya plafon, ketika Anda menemukan noda atau debu setelah berkendara. Hindari untuk membiarkan noda plafon mobil dalam waktu lama karena akan membuat noda akan lebih susah hilang.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Bahayakah Membersihkan Mobil Pakai Antiseptik untuk Cegah Virus Corona?

18/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Membersihkan mobil wajib hukumnya di tengah penyebaran wabah virus Corona. Tapi apakah membersihkan mobil dengan antiseptik dapat membahayakan interior Anda?

Lihat juga

Sabun Cuci Mobil? 8 Bahan Rumahan Ini Bisa Membersihkan Mobil dengan Cepat

13/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Ingin membersihkan mobil dengan cepat tapi sabun cuci untuk mobil sudah habis? Anda bisa memanfaatkan 8 bahan-bahan rumahan untuk tampilan bersih sekejap.

Lihat juga

Musim Hujan Datang, Jangan Lupa Rutin Membersihkan Karpet Mobil

25/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Saat musim hujan datang, jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan karpet mobil. Karena jika karpet dibiarkan kotor, maka kotoran akan mengenai bagian lain pada interior mobil.

Lihat juga

Hati-hati Membersihkan Plafon Mobil, Salah Sedikit Bisa Rusak

08/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika Anda ingin membersihkan plafon mobil, sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Karena jika salah dalam perawatannya, plafon mobil malah jadi kusam dan rusak.

Lihat juga

Jangan Abaikan Plafon Mobil Kotor, Berikut Tips Membersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil menjadi bagian yang sering diabaikan kebersihannya. Padahal bagian ini juga bisa membuat mobil terlihat tidak terawat bila kotor.

Lihat juga