Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Kain dari Noda Membandel

26/06/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Ini Cara Membersihkan Jok Mobil Kain dari Noda Membandel
Berikut ini Cintamobil.com akan memberikan tips bagaimana cara membersihkan jok mobil kain fabric dan sejenisnya dari noda membandel yang sulit untuk dihilangkan.

Kebiasaan untuk membawa makanan dan minuman ke dalam mobil memang sebaiknya dihindari. Karena bukan hanya berpotensi mengundang serangga untuk masuk dan bersarang di ruang interior mobil Anda. Namun makanan dan minuman ini bisa saja meninggalkan bercak noda pada permukaan interior mobil. Apalagi jika noda yang menempel menjadi sulit untuk dibersihkan.

Beberapa noda membandel yang biasanya sulit untuk dihilangkan dari pelapis kabin mobil antara lain noda susu, noda muntah, noda saus atau sambal, noda tumpahan kuah sayur, serta noda minuman ringan. Dan umumnya noda tersebut menempel pada permukaan pelapis jok, dashboard, atau doortim pada mobil Anda.

Jika jok mobil sudah dilapis dengan bahan kulit sintetis tentu lebih mudah untuk menghilangkan noda-noda ini. Situasi akan menjadi merepotkan manakala mobil masih memakai pelapis jok kain fabric dan sejenisnya. Noda-noda tersebut akan meninggalkan bercak yang tak bagus untuk dipandang. Apalagi jika kemudian muncul aroma tak sedap akibat sisa-sisa makanan yang masih menempel pada permukaan pelapis jok tersebut.

Lantas bagiamana solusinya? Berikut ini Cintamobil.com akan memberikan tips tentang bagaimana cara membersihkan jok mobil kain, terutama untuk noda-noda yang cukup sulit untuk dihilangkan.

>>> Jika interior mobil berwarna beige, apa saja kekurangannya? Klik sini untuk tahu

1. Siapkan Peralatannya

Vacum cleaner mobil

Siapkan vacum cleaner dan cairan pembersih interior mobil

Untuk membersihkan noda pada pelapis jok kain fabric dan sejenisnya, Anda membutuhkan beberapa peralatan tambahan. Seperti vacum cleaner yang biasa dipakai untuk membersihkan sofa, kasur atau perabot rumah tangga yang lain.

Kemudian siapkan juga cairan pembersih interior mobil, Anda bisa pilih yang bersifat all purpose cleaner. Cairan pembersih ini dapat dengan mudah Anda temui di toko-toko perlengkapan mobil atau bisa juga di toko-toko online. Harganya juga cukup terjangkau.

Lalu siapkan pula sikat gigi bekas yang permukaan sikatnya tidak terlalu keras. Anda bisa pilih bekas sikat gigi anak, sehingga permukaan sikat tidak akan merusak lapisan jok mobil. Terakhir jangan lupa untuk siapkan juga lap microfiber yang bersih dan kering.

>>> Apakah Anda sudah tahu cara memilih vacuum cleaner untuk mobil kesayang Anda? Klik ini untuk simak panduan terlengkap

2. Bersihkan Debu dengan Vacum Cleaner

Sedot jok dengan vacum cleaner

Singkirkan terlebih dulu debu dan pertikel kecil yang ada pada permukaan jok

Setelah semua peralatannya siap, langkah pertama cara membersihkan jok mobil kain adalah dengan mengangkat terlebih dahulu debu, kerikil, atau partikel kecil yang ada pada permukaan jok tersebut. Caranya dengan memakai vacum cleaner.

Lakukan gerakan searah ketika menyedot debu menggunakan alat ini. Misalnya dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Jangan lupakan bagian-bagian tersembunyi seperti pada sela-sela jok. Sehingga dipastikan semua debu dan partikel kecil lain akan terserap ke mesin vacum cleaner tersebut. Beli vacum cleaner untuk digunakan di mobil Anda melalui link berikut:

 >>> Menentukan Bahan Sarung Jok Mobil, Pilih Kulit Asli atau Kulit Sintetis?

3. Gunakan Cairan Pembersih

Cairan pembersih jok mobil

Semprotkan cairan pembersih sedikit demi sedikit pada permukaan yang terkena noda

Setelah semua debu dirasa sudah terangkat, maka langkah selanjutnya adalah aplikasi cairan pembersih interior. Caranya, kocok terlebih dulu cairan dalam kaleng pembersih tersebut selama 1-2 menit sebelum digunakan. Ini untuk menjamin kandungan kimia pada cairan dapat tercampur merata sebelum disemport ke permukaan jok.

Apabila dirasa cukup, kemudian semprotkan pada permukaan jok, khususnya pada bagian noda yang sulit untuk dibersihkan. Semprot secukupnya saja lalu diamkan selama 10-15 detik, agar cairan meresap ke noda tersebut. Jika sudah, gosok perlahan noda dengan sikat gigi bekas. Lakukan gerakan searah dengan stuktur kain jok sehingga permukaan jok tidak rusak.

Cara membersihkan jok mobil kain menggunakan cairan pembersih ini cukup efektif untuk menghilangkan noda yang sulit dibersihkan dengan air atau cairan pencuci piring atau pakaian. Untuk membeli cairan All Purpose Cleaner, Anda bisa mencarinya di link di bawah ini:

>>> Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil

4. Keringkan dengan Lap Microfiber

Melap jok mobil

Keringkan permukaan jok dengan cara dilap memakai kain microfiber yang bersih

>>> Jika Anda masih belum tahu cara merawat dan service mobil dengan benar, klik sini untuk simak beberapa tips yang sangat berguna dari kami

Apabila noda yang ada pada permukaan jok masih menempel, lakukan penyemprotan dengan cairan pembersih secara berulang sampai noda benar-benar lenyap. Sebaiknya semportkan bagian per bagian dahulu, agar cairan tidak terlanjur mengering.

Apabila noda sudah terlihat menghilang, lap kembali permukaan jok menggunakan kain microfiber yang bersih sampai benar-benar kering. Ada baiknya Anda menjemur mobil dalam kondisi kaca jendela dan pintu terbuka selama lebih kurang 15 menit. Tindakan ini demi membuat jok benar-benar kering dan menghindari munculnya jamur karena semua bagian interior mobil terkena sinar matahari.

Tips dari kami, sebaiknya lakukan pembersihan noda pada permukaan jok sesaat setelah jok terkena noda. Jangan biarkan noda menempel terlalu lama pada pelapis kain jok. Karena semakin lama noda menempel, maka semakin sulit noda untuk dihilangkan.

Kemudian untuk noda-noda yang terlanjur sudah terlalu banyak, akan lebih baik cara membersihkan jok mobil kain dengan cara mencopot jok tersebut lebih dulu dan mengeluarkannya dari dalam mobil. Bersihkan jok sampai noda benar-benar hilang, Kemudian jemur jok di bawah terik matahari sampai kering. Baru pasang kembali jok ke dalam mobil. Hal ini agar pembersihan benar-benar mendapatkan hasil maksimal. Jika Anda tengah mencari lap microfiber, coba saja mencarinya di link di bawah ini:

>>> Klik disini untuk tips dan trik menarik lainnya tentang perawatan mobil sendiri di rumah

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top