Jangan Asal! Simak Cara Mematikan Mesin Mobil dengan Benar

23/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Jangan Asal! Simak Cara Mematikan Mesin Mobil dengan Benar
Masih ada beberapa pengendara yang kerap mengabaikan saat mematikan mobil. Padahal ada cara mematikan mesin mobil dengan benar, berikut penjelasannya.

Tak semua pengendara mengetahui cara mematikan mesin mobil dengan benar. Padahal dampaknya cukup besar yakni umur mobil bisa pendek kalau mematikan mobil dengan cara yang salah. 

Dengan alasan terburu-buru atau disengaja, beberapa pengendara nyatanya masih kerap mematikan mesin mobilnya secara tiba-tiba. Kondisi mesin yang masih cukup kencang bekerja, audio yang masih menyala, bahkan AC yang masih menyala pun kerap dihiraukan. 

Mengutip laman Nissan Indonesia, Jumat (23/10/2020), hal tersebut bisa memicu kerusakan pada mobil Anda. Meskipun Anda rutin melakukan servis pada mobil, jika perlakuan Anda terhadap mobil salah, kerusakan tetap akan mungkin terjadi.

Matikan mesin mobil

Jangan asal-asalan saat mematikan mobil

Kerusakan tersebut bisa terjadi akibat masih adanya pergerakan mesin yang tak diikuti oleh pelumasan, sehingga komponen mesin pun dapat bergesekan secara kasar.  

Saat Anda mematikan mesin yang menyala dengan kencang, tekanan pelumas mobil akan menurun secara drastis namun tidak dengan pergerakan mesin. Karena itulah, Anda perlu menghindari kebiasan menggeber mesin sesaat sebelum mematikan mesin. 

Supaya tak salah lagi, berikut cara mematikan mesin mobil yang benar supaya bisa panjang umur. 

>>> Kenapa Lebih Baik Keluar dari Mobil Saat Mengisi BBM?

1. Kurangi Kecepatan

Saat ingin berhenti, sebaiknya Anda mulai mengurangi kecepatan mobil. Dengan begitu, mesin mobil bisa menyesuaikan pergerakannya. Kemudian, saat mobil sudah terparkir dengan benar, berikanlah sedikit jeda beberapa menit sebelum Anda mematikan mesin.

Speedometer mobil

Kurangi kecepatan sebelum mobil benar-benar berhenti

2. Cek Komponen Mobil

Saat memberikan jeda, Anda perlu mengecek berbagai komponen dalam mobil. Pasalnya, beberapa komponen akan tetap aktif menyala walaupun mesin mobil telah mati. Hal ini pula yang bisa menyebabkan Aki mobil Anda mati.

>>> Hindari Kebiasaan Ini Saat Menyalakan Atau Mematikan Mesin

3. Matikan AC

Sebelum mematikan mesin mobil, pastikan AC sudah tak menyala. Ada beberapa pengendara yang justru kerap terlebih dahulu mematikan mesin baru dilanjutkan dengan AC, beberapa diantaranya justru terbiasa tidak mematikan AC. 

AC mobil

Jangan lupa matikan AC mobil

Hal ini tentu bisa memengaruhi kompresor AC, karena mesin mobil yang mati secara tiba-tiba dapat menimbulkan hentakan pada kompresor AC. Nah, jika Anda tak ingin mesin atau AC mobil Anda rusak, Anda harus membiasakan untuk mematikan AC mobil terlebih dahulu.

4. Matikan Sistem Audio 

Selain AC, hal lain yang perlu Anda matikan terlebih dahulu ialah audio mobil. Tak bisa dipungkiri beberapa orang kerap lupa untuk mematikan audio mobilnya, padahal hal ini bisa merusak audio dan juga mesin. 

Audio mobil

Audio juga sebaiknya dimatikan

Saat Anda lupa mematikan audio, audio akan segera menyala kembali saat Anda menghidupkan mobil. Audio yang hidup dengan dukungan aki tentu akan kaget karena tekanan aki saat mobil baru menyala tidaklah stabil.

Bila sederet hal tersebut sudah Anda terapkan, ada ragam manfaat juga yang bisa dirasakan. Mesin sudah tentu lebih terawat, komponen listrik dan juga mobil akan lebih awet lagi. 

>>> Merawat Mesin Turbo? Ini Yang Wajib Diperhatikan

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top