3 Cara Jumper Aki Mobil yang Aman Saat di Jalan

18/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Jangan panik jika mobil Anda di tengah jalan tiba-tiba mogok atau tidak bisa di-starter. Bisa jadi akinya bermasalah. Ada beberapa cara untuk jumper aki mobil.

Sebagai pemilik mobil, Anda pasti pernah bukan mengalami kejadian di mana saat mobil akan dipakai, tiba-tiba saja tidak bisa distarter? Sumber masalahnya bisa jadi pada aki yang soak. Kalau sudah seperti ini jangan khawatir karena Anda bisa siasati dengan cara jumper aki mobil. Cara jumper mobil sangatlah beragam, mulai dari jumper aki mobil tanpa kabel, jumper aki mobil dengan motor, hingga jumper aki mobil pakai listrik rumah. Berikut penjelasan detail cara jumper aki dengan berbagai teknik. 

Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

orang sedang jumper aki mobil

Selalu siapkan jump starter di mobil

  • Jika ada mobil yang sejenis dengan mobil Anda, maka pinjam aki mobil tersebut namun jangan matikan mesin. Lepas terminal dan akinya dan pindahkan ke mobil Anda. Hubungkan baut terminal aki fresh ke mobil Anda, terminal merah positif, hitam ke negatif. 
  • Tempelkan terminal, tekan kuat dengan tangan, lalu minta bantuan satu orang untuk starter mobil. 
  • Saat mobil sudah nyala, maka lepas terminal aki yang baru. Perhatikan, jangan sampai kabel menyentuh body mobil karena bisa menyebabkan konslet. 
  • Pasang aki yang lama pada mobil Anda. Kencangkan terminal. Selama mesin masih hidup maka aki akan di-charge oleh alternator. Biarkan mobil hidup selama 15-30 menit untuk charger aki.
  • Jika Anda yakin aki soak, maka segeralah menuju tukang aki. Tapi jika aki hanya kurang charge, maka cek indikator aki. Akan muncul apakah aki sudah ter-charge atau belum.

>>> Aki Kering Soak Bisa Diperbaiki atau Mending Ganti Baru?

Cara Jumper Aki dengan Motor

  • Cara memancing aki mobil yang tekor bisa melalui jumper dengan motor. Banyak yang skeptis dengan cara ini lantaran aki motor memiliki ampere yang lebih kecil dibanding aki mobil. Tapi tidak ada salahnya Anda coba cara jumper aki ini. 
  • Langkah pertama adalah siapkan kabel jumper dan motor. Selanjutnya buka penutup aki yang ada di motor Anda, hidupkan motor, dan sambungkan kabel jumper ke aki motor. 
  • Kabel merah adalah positif, sedangkan kabel hitam adalah negatif. Sambung kabel tersebut mengikuti tanda pada aki motor. Sambungkan juga ujung kabel jumper yang satu ke aki mobil Anda. 
  • Tambah RPM motor jadi lebih tinggi. Posisikan RPM diatas 1000 RPM. Penambahan RPM ini bertujuan untuk pengisian daya yang lebih cepat. 
  • Pertahankan posisi RPM di angka tersebut selama 20-30 menit. 
  • Jika kondisi aki mobil Anda masih cukup bagus, maka mobil otomatis bisa dihidupkan. 
  • Bila mobil sudah hidup, lepaskan jumper dari aki mobil dan aki motor. 

>>> Harga Aki Mobil Bekas Memang Murah, Tapi Malah Bikin Rugi!

Cara Jumper Aki Mobil yang Aman dengan Kabel

jumper aki mobil dengan kabel

Sebaiknya jumper aki mobil dengan mobil yang sejenis

Jumper aki mobil yang ketiga adalah cara jumper aki yang aman, yaitu menggunakan kabel jumper. Pastikan Anda cari mobil normal yang sejenis dan menyimpan kabel jumper

  • Bila mobil Anda memiliki transmisi otomatis, posisikan tuas transmisi di ‘P’. Sedangkan mobil manual pastikan transmisi di posisi netral. Aktifkan rem tangan atau rem parkir pada kedua mobil agar tetap dalam posisi diam. 
  • Matikan seluruh perangkat kelistrikan di kedua mobil. Buka seluruh kap mesin mobil, perhatikan posisi kutub terminal positif dan negatif dari aki. 
  • Jepit ujuang klem kabel merah (kutub positif) dari aki mobil yang mogok dan mobil yang berfungsi. Pastikan kedua penjepit kutub (+) kokoh. 
  • Jepit ujung klem kabel hitam (-) dari aki mobil yang berfungsi dan mobil yang mogok (bagian bodi/bagian metal lain). Jangan hubungkan kabel ke aki mati. 
  • Biarkan mesin menyala selama beberapa menit sampai beberapa menit untuk mengisi tenaga pada aki yang soak. 
  • Setelah mobil nyala, Anda dapat melepas kabel jumper, dengan urutan kabel hitam (-) pada mobil dengan aki soal, ujung kabel (-) lainnya. Setelah itu baru kabel berujung (+). 

>>> Langkah-langkah Mengisi Air Aki Mobil yang Benar

Double Fungsi: Power Bank untuk Jumper Aki

Salah satu barang yang kami sarankan dimiliki oleh pengemudi adalah power bank yang bisa digunakan untuk jumper aki mobil. Bentuknya yang compact, sangat mudah Anda bawa-bawa di dalam tas dan menjadi double fungsi untuk charge smartphone Anda. Dengan memiliki ini, Anda jadi nggak perlu bergantung kepada pengendara lain bahkan mobil derek. 

Saat ini ada banyak brand elektronik yang mengeluarkan power bank untuk jumper aki mobil, sebut saja 70mai, Taffware, Baseus, RAVPower, dan lainnya. Untuk mengisi dayanya pun sama seperti power bank pada umumnya. Itulah cara jumper aki mobil yang aman. Anda juga bisa mencoba cara jumper aki mobil dengan listrik atau menggunakan charger aki portable

>>>  Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa lama umur aki mobil?
Aki mobil biasanya memiliki umur 1-3 tahun.
Bagaimana cara merawat aki mobil?
Pertama, Anda harus kontrol air aki. Kedua, saat menghidupkan mesin, matikan perangkat seperti AC, radio, lampu yang membuat kerja aki lebih berat. Ketiga, jika mobil jarang digunakan usahakan dihidupkan minimal seminggu sekali.
Apa saja ciri-ciri aki bermasalah?
Anda bisa cek pada indikator aki pada speedometer dan suara saat menyalakan kendaraan. Jika suaranya berat, itu tanda waktunya Anda mengganti aki.

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top