Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Setelah Terkena Banjir

08/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Cara Ganti Oli Mesin Mobil Sendiri Setelah Terkena Banjir
Setelah mobil terendam banjir maka sebetulnya Anda bisa melakukan ganti oli mesin sendiri tanpa bantuan montir atau bengkel. Jika ini dilakukan, tentu dapat sedikit menghemat biaya perbaikan mobil Anda pasca terkena banjir.

Setelah mobil terkena banjir, langkah perawatan yang harus dilakukan satu diantaranya adalah mengganti oli mesin. Penggantian ini perlu dilakukan karena khawatir air dari banjir akan masuk ke ruang mesin dan membuat kerusakan lebuh fatal.

Untuk itulah sebaiknya ketika mobil terendam banjir, jangan langsung dipaksakan untuk dinyalakan mesinnya. Lakukan pengecekan sejumlah komponen, termasuk melakukan penggantian oli. Ini untuk memastikan tidak ada lagi air di dalam ruang mesin.

>>> Ini Komponen yang Wajib Diganti Setelah Mobil Menerjang Banjir

Sebenarnya untuk ganti oli mesin tidak harus selalu dilakukan di bengkel. Anda bisa kok melakukannya sendiri di rumah. Cukup siapkan beberapa alat seperti kunci pas, tang, wadah plastik, serta tentunya oli sesuai spesifikasi mesin mobil Anda berikut filter olinya. Berikut tahapan ganti oli mesin mobil sendiri yang bisa Anda lakukan tanpa bantuan montir:

1. Buka Tutup Oli Mesin

tutup oli mesin mobil

Buka tutup oli di mesin

Langkah pertama untuk mengganti oli mesin adalah dengan membuka kap mesin. Kemudian buka tutup oli mesin dengan cara memutarnya. Melalui lubang ini pula nanti Anda bisa memasukkan oli baru.

2. Buka Baut Penutup Bak Oli

oil tank

Buka baut di bak penampungan oli mesin

Setelah tutup oli mesin terbuka, selanjutnya Anda harus sedikit ke kolong mesin mobil. Cari bak datar yang posisinya dekat di bawah mesin dan memiliki baut penutup pada bagian dasarnya. Itulah yang disebut oil tank atau bak penampungan oli. Buka baut penutupnya dengan kunci pas, namun jangan sampai terbuka penuh. Cukup kendurkan saja sampai baut bisa diputar dengan jari tangan.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

3. Siapkan Wadah Plastik

oli mesin ditampung dalam wadah

Wadah plastik untuk menampung oli yang tercampur air

Sebelum oli keluar dari bak penampungan, siapkan dahulu wadah plastik di bawah lubang penutup tangki oli tersebut. Wadah ini berguna menampung oli yang keluar dari mesin agar tidak berceceran di lantai. Wadah yang digunakan bisa apa saja, misalnya ember atau baskom dengan ukuran sedang. Jika wadah sudah siap di bawah oil tank, maka Anda sekarang bisa membuka penuh penutup oli sampai oli mengucur ke bawah dan ditampung wadah plastik tersebut.

4. Buka Filter Oli

membuka filter oli mobil

Ganti pula filter olinya

Setelah semua oli dari mesin keluar, langkah selanjutnya untuk ganti oli mesin mobil sendiri adalah membuka filter oli. Bentuknya berupa tabung dekat dengan oil tank. Filter ini dapat dibuka dengan mengendurkan kuncinya menggunakan kunci pas. Copot untuk menggantinya dengan filter oli yang baru.

5. Tutup Tangki Oli

tutup tangki oli mesin mobil

Tutup kembali baut oil tank sebelum memasukkan oli baru

Untuk memastikan oli lama sudah benar-benar keluar dari mesin, sebaiknya diamkan dahulu 5-10 menit sampai sama sekali tidak ada lagi oli yang menetes ke wadah plastik. Lebih baik Anda tidak gunakan kompresor angin untuk memaksa oli keluar dari mesin. Karena jika kompresor mengandung air, maka itu sama saja memasukkan air lagi ke ruang mesin. Nah jika oli sudah benar-benar habis, baru tutup kembali oil tank dengan baut penutupnya. Gunakan lagi kunci pas untuk mengencangkan baut.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

6. Pasang Filter Oli

mengganti filter oli

Pasang filter oli yang baru dan kencangkan

Setelah bak oli tertutup rapat, maka tahapan selanjutnya ganti oli mesin mobil sendiri adalah memasang filter oli yang baru. Pastikan membeli filter sesuai spesifikasi mesin mobil Anda. Lalu putar filter untuk mengencangkan, dan gunakan lagi kunci pas sampai filter terpasang dengan rapat sehingga tidak ada oli yang bocor dari filter.

7. Masukkan Oli Baru

mengganti oli mesin

Masukkan oli baru yang sesuai spesifikasi mesin mobil

Setelah dipastikan tutup tangki oli dan filter oli terpasang dengan presisi, maka masukkan oli baru melalui lubang yang ada di mesin. Tuang secara hati-hati agar tidak ada oli yang tumpah. Pastikan oli dituang sesuai takaran yang dianjurkan oleh produsen mobil Anda. Misalnya dianjurkan 4 liter, maka jangan sampai oli kurang atau lebih dari 4 liter.

8. Cek Dipstick Oli

dipstick oli mesin mobil

Cek kondisi dan level oli melalui dipstick

Setelah dirasa selesai, cek terlebih dahulu dipstick. Pastikan level oli ada di batas maksimal, tidak kurang dan tidak lebih. Jika sudah yakin dan langkah-langkah ganti oli mesin mobil sendiri sudah dilakuakn dnegan benar, maka Anda boleh untuk mencoba menyalakan mesin mobil tersebut.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Bagi Pemilik Kendaraan 4x4, Jangan Lupa Untuk Mengganti Oli Transfer Case

02/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Lantaran letaknya tersembunyi, transfer case kerap dilupakan kondisinya. Padahal komponen penerus daya tersebut memiliki oli yang perlu diganti secara berkala agar dapat berusia panjang.

Lihat juga

Ada Bahaya Mengancam Jika Mengganti Oli Pakai Kompresor

26/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Teknik mengganti oli pakai kompresor sebaiknya dihindari. Dengan alasan ingin ruang mesin bebas oli kotor, nyatanya ada risiko kerusakan mesin yang akan mengintai.

Lihat juga

3 Macam Kerusakan Akibat Telat Ganti Oli Mesin

09/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Oli mesin adalah komponen yang wajib diperhatikan jadwal penggantiannya. Saat Anda telat ganti oli mesin, maka mobil Anda akan mengalami tiga kerusakan pada bagian mesin berikut ini.

Lihat juga

Review Honda Civic Hatchback 2017, Reinkarnasi Sang Legenda Civic Estilo

11/04/2018

Editor rate:

Setelah 21 tahun hanya hadir dengan model sedan, Honda Civic Hatchback akhirnya kembali ke Tanah Air. Dan sebagaimana versi sedan, ia juga hadir dengan mesin berteknologi Turbo. Berikut ini adalah review Honda Civic Hatchback 2017, reinkarnasi sang legenda Civic Estilo.

Lihat juga

Harga Calya 2020: Harga mobil Toyota Calya & Promo Oktober

01/10/2020

Toyota

Akhirnya, hal yang ditunggu-tunggu tiba juga. Yap, benar sekali, New Toyota Calya tahun 2019 akhirnya meluncur sebagai penyegaran baru. Bukan sekedar perubahan minor, tapi keseluruhan fitur benar-benar berubah. Penasaran? Berikut daftar harga Toyota Calya terbaru 2020.

Lihat juga