Cara Efisien Dalam Merawat dan Menjaga Mesin Turbo Mobil Anda

Cara Efisien Dalam Merawat dan Menjaga Mesin Turbo Mobil Anda
Teknologi di dunia otomotif memungkinkan segalanya. Sekarang, bahkan ada banyak mesin turbocharged pada mobil. Tapi, masih banyak pengemudi yang tidak mengetahui bagaimana menjaga mesin turbo karena mesin ini berbeda dengan mesin sebelumnya.

Jalanan saat ini memiliki lebih banyak mesin turbocharged dibandingkan bertahun-tahun lalu. Kita bisa berterima kasih kepada pencarian efisiensi, dimana mesin dengan turbo lebih kecil, ekonomis, tapi tetap memberikan tenaga yang bagus ketika Anda membutuhkannya. Lalu, bagaimana menjaga mesin turbo pada mobil Anda?

Perkenalan singkat tentang mesin turbocharged

Mesin turbocharge menambahkan kompleksitas pada banyak hal. Jadi perawatan dan penggunaan mesin ini memang berbeda dengan mesin mobil biasanya. Mereka yang tahu tentang mekanika mobil mengerti bahwa mesin turbocharged mendapatkan manfaat dari pemanasan dan pendinginan serta melahap bahan bakar beroktan tinggi.

Gambar yang menunjukan mobil porsche yang mempunyai mesin turbocharger

Sudah banyak mesin turbo dipakai pada mobil

Jika mesin turbocharged mempunyai kompleksitas yang lebih baik, bukankan mesin ini lebih tahan lama dibandingkan mesin mobil biasa? Tentu saja iya, tapi bisa juga tidak. Mesin modern bisa tahan peluru bahkan diuji dengan ekstrem sehingga membuat begitu banyak hal yang dapat dilakukan pengguna sehari-hari kepada mesin yang seharusnya tidak dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

>>> Baca juga Ciri-ciri turun mesin pada mobil Anda

Dahulu, ketika mesin turbo pertama kali diperkenalkan, banyak anggapan yang menyebutkan bahwa meisn ini memiliki daya tahan yang sangat baik sehingga tidak perlu mendapatkan perawatan yang banyak. Namun, tentu saja setiap benda memiliki aturan mainnya tersendiri.

Meskipun salah seorang juru bicara dari BMW menyatakan bahwa tidak ada saran khusus yang diberikan kepada pelanggan tentang cara terbaik merawat mesin turbo. Tapi, perawatan ini dianggap perlu. Hal ini dibenarkan oleh seorang juru bicara Audi yang menambahkan bahwa meskipun tidak ada perawatan khusus untuk mesin turbocharged, tapi pemilik sepatutnya mematuhi panduan umum untuk meminimalkan keausan mesin.

Gambar yang menunjukan bagian mesin mobil dengan mesin turbocharger

Mesin turbo memberikan tenaga besar bagi mobil

Seperti yang dikatakan oleh Ricardo Martinez-Botas, seorang professor dalam bidang turbomachinery di Imperial College London, memperingatkan tentang modifikasi sistem mobil.

Dia mengatakan, “Modifikasi sistem akan segera mengubah maksud desain dan Anda bertanggung jawab untuk tidak menggunakan perangkat yang diinginkan. Jika Anda memodifikasi, Anda benar-benar harus berhati-hati. Seilinder mesin Anda akan terkena tekanan jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.”

Penambahan turbo untuk mobil juga menimbulkan masalah yang memberatkan mobil. Terlebih untuk mobil tua, penggunaan “daya tambahan” pada mesin turbo membuat mobil harus mendapatkan perawatan yang lebih agar kendaraan Anda tidak “terkikis” oleh kecepatan mesin turbo Anda.

>>> Baca juga tips merawat mobil lalinnya

Cara merawat mesin turbo Anda

Lalu, bagaimana seorang pengemudi merawat mesin turbo mereka? Ricardo Martines-Botas menawarkan lima tips penting, yaitu:

1. Hangatkan mobil Anda sebelum bepergian. Pastikan oli mesin berada dalam suhu operasi optimal sebelum berangkat, terutama jika Anda ingin mengemudi dengan kencang

2. Biarkan mesin mendingin. Jika sistem oli mati dengan tiba-tiba, oli bisa tertinggal dan “masak” pada bagian samping turbo. Biarkan mesin mendapatkan pendinginan untuk menghilangkan panas puncak dan menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan

Gambar yang menunjukan mesin turbo dalam bagian kap mesin mobil

Perhatikan pendinginan mesin untuk mesin turbo Anda

3. Jangan biarkan mesin bekerja keras. Hal ini bisa menempatkan kelebihan pada komponen dan membuat mesin kelebihan beban.

4. Gunakan bahan bakar dengan oktan yang benar. Bahan bakar dengan oktan yang lebih rendah akan menyebabkan ketukan pada mesin yang merusak mesin dan pada akhirnya bisa membahayakan turbo.

5. Jangan terlalu keras pada throttle. Terlalu keras kepada throttle bisa mengakibatkan pengemudian yang agresif dan merusak mesin.

Berikut apa yang harus dan tidak boleh dilakukan untuk mesin turbocharger

Menggunakan mesin turbocharged merupakan salah satu cara mendapatkan tenaga yang Anda inginkan. Tapi, jangan lupa perhatikan bagaimana cara Anda menjaga mesin turbo untuk mesin yang tahan lama dengan kenyamanan mengemudi yang optimal.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top