Cara dan Biaya Perbaikan Jok Mobil Terendam Banjir

11/01/2020
Besarnya biaya perbaikan jok mobil terendam banjir dibagi berdasarkan material pelapis jok tersebut. Baik jok berbahan fabric, kulit sintetis, maupun kulit asli. Berikut tipsnya dari kami.

Pasca banjir surut, tentu waktunya bersih-bersih. Selain membersihkan rumah beserta perabotnya, jika mobil Anda terendam banjir juga perlu untuk dibersihkan. Termasuk perbaikan bagian interior mobil.

Satu dari beberapa bagian mobil yang terendam banjr adalah jok beserta doortirm dan plafon. Jika bagian-bagian ini terkena dampak banjir, maka sebaiknya segera dibersihkan. Karena jika dibarkan lama, akan menimbulkan bau dan noda menjadi lebih sulit dihilangkan.

>>> Mau Pasang Cover Jok, Perhatikan 3 Hal Ini!

Berikut tips perbaikan jok mobil terendam banjir berdasarkan bahan pelapis jok beserta perkiraan biayanya:

1. Fabric

jok mobil kotor akibat banjir

Jok mobil berbahan fabric lebih sulit dibersihkan

Untuk jok mobil berbahan fabric yang terendam banjir ternyata lebih sulit untuk diperbaiki. "Bahannya susah untuk dibersihkan," ucap Hardy dari Classic Car Interior. Lebih lanjut ia menjelaskan, jika jok mobil berbahan fabric terkena noda lumpur dari banjir, maka noda itu akan langsung meresap hingga kebagian dalam pelapis jok dan juga busa jok.

Terlebih lagi apabila pemilik mobil tidak langsung membersihkan bagian yang terkena noda itu. "Bisa dibongkar tapi susah buat bersih seperti sebelumnya. Apalagi kalau lumpur sudah meresap sampai kebagian dalam jok," ucap Hardy, dari berbagai sumber yang berhasil kami rangkum.

>>> Promo mobil baru yang menarik dan termurah ada disini

Sejumlah spesialis car interior juga menuturkan, untuk jok mobil berbahan fabric yang terendam banjir maka solusinya mengganti pelapis dengan material lain. Pilihan bahannya bisa kulit sintetis atau kulit asli. Lini produk yang digunakan pun sudah amat beragam dipasar aksesoris interior mobil.

"Untuk bahan fabric sudah sulit yang jual, paling diganti dengan kulit sintetis atau kulit asli," ucap Yussanto, Business Development Manager Lederlux Synthetic. Selain ganti material pelapis kulit, solusi lainnya perbaikan jok mobil yang sudah terendam banjir dan terbuat dari fabric adalah mencari jok pengganti dari mobil sejenis. Bisa dibeli melalui jaringan dealer resmi mobil tersebut, atau mencari part copotan di bursa aksesoris mobil.

2. Kulit

jok kulit mobil terendam banjir

Jok kulit tinggal ganti pelapisnya saja

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

Sementara itu, jika jok mobil menggunakan pelapis berbahan kulit, baik sintetis maupun kulit asli, untuk perbaikannya lebih mudah. Yaitu tinggal mengganti pelapis tersebut dengan material baru. Harganya mulai dari Rp2,5 jutaan untuk kulit sintetis dan Rp5 juta untuk kulit asli. "Bisa kita buat semirip mungkin dengan jok OEM," lanjut Yussanto.

Namun ia berpesan, untuk perbaikan jok mobil pasca terendam banjir maka butuh waktu cukup lama. Rentang waktu ini dibutuhkan agar busa jok benar-benar kering untuk kemudian baru bisa dilapis ulang. Hal ini demi menghilangkan lembab dan bau di busa tersebut setelah mobil terendam banjir. "Kalau tidak benar-benar kering maka masih meninggalkan bau," tukasnya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain