2 Cara Bikin Lampu Depan Mobil Kinclong Lagi

08/10/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
2 Cara Bikin Lampu Depan Mobil Kinclong Lagi
Oksidasi dapat membuat lampu depan mobil lama-kelamaan menjadi buram. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara bikin lampu depan mobil kinclong berikut ini.

Banyak pabrikan mulai mengubah material lampu depannya menggunakan platik ataupun polikarbonat pada tahun 1980. Padahal sebelumnya, material lampu depan menggunakan kaca. 

Penggantian material itu dilakukan lantaran kaca berpotensi lebih mudah pecah ketimbang plastik atau polikarbonat. Tapi rupanya lampu buram jadi masalah tersendiri bila menggunakan plastik. Lampu buram ini dapat mengurangi visibilitas pengendara di malam hari. 

Embun yang muncul di lampu depan biasanya diakibatkan oleh adanya oksidasi secara alami. Meskipun Anda rajin membersihkannya, embun-embun ini akan tetap muncul. 

Membersihkan lampu depan

Lampu depan akan terlihat buram dan berembun secara alami

Selain embun, buramnya lampu depan juga bisa ditimbulkan dari akumulasi kotoran di jalan hingga pancaran sinar ultraviolet.

Tapi Anda tak perlu khawatir. Lampu depan yang sudah buram bisa kok dibuat kinclong lagi. Pada dasarnya, untuk membersihkan lampu depan bisa menggunakan air dan juga sabun. Tapi kalau Anda kurang puas karena terlihat masih kotor bisa mengikuti beberapa langkah berikut. 

Sebelum memulainya, Anda bisa menempelkan plester di sekitar area lampu depan dan perbatasan dengan bodi mobil. Ini bertujuan agar cat mobil tak ikut berpengaruh. Kemudian, Anda bisa mengikuti sederet langkah seperti dilansir dari situs Car from Japan yakni 2 cara bikin lampu depan mobil kinclong dengan mudah.

>>> Perhatikanlah Lampu Depan Mobil Sebelum Memulai Perjalanan Malam Hari!

1. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi merupakan salah satu alat pembersih yang mudah dan murah untuk didapat. Anda bisa mengolesinya untuk bikin lampu depan mobil kinclong lagi. Menggunakan pasta gigi menjadi alternatif bila Anda tak memiliki peralatan pembersih kaca depan mobil ataupun amplas. 

Selain pasta gigi, Anda membutuhkan sikat gigi, kain lap, baking soda, dan juga botol spray. Pertama-tama, ambil sedikit pasta gigi dan oleskan secara merata ke lampu depan mobil. Perlu dicatat lampu depan harus basah. 

Membersihkan lampu depan

Pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan lampu depan

Jika dirasa kurang, Anda dapat menambahkannya dan perlu diperhatikan kondisi permukaan harus basah. Teruslah menggosok hingga lampu depan terlihat mulai bersih. 

Apabila lampu depan sudah terlihat transparan lagi, Anda bisa menyemprotkan air hangat untuk menghilangkan bekas pasta gigi tersebut. Barulah kemudian mengelapnya dengan kain lembut. Aplikasikan pasta gigi dengan cara memutar agar hasilnya bisa lebih bersih. 

>>> Tips dan Trik Mengganti Lampu Depan Mobil di Rumah

2. Menggunakan Amplas

Amplas bisa Anda gunakan ketika pasta gigi tak bekerja maksimal membuat lampu depan mobil kinclong. Bagaimana cara menggunakannya? Dibandingkan pasta gigi, menggunakan amplas akan lebih sulit. Tapi kalau bicara hasil tentunya akan lebih baik dan juga tahan lama. 

Sebelum mengamplas, Anda bisa membasahkan lampu depan dengan menggunakan lap. Siapkan tiga jenis amplas dengan ukuran berbeda, yakni 400, 600, dan juga 2.000. Kemudian gunakanlah amplas grit 400 dengan air hangat. Pastikan amplas dan lampu dalam kondisi basah. Gosoklah dengan metode memutar. 

Membersihkan lampu depan

Bisa juga menggunakan amplas dengan ukuran tertentu

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menggunakan amplas berukuran 600 grit setelahnya. Aplikasikan dengan arah memutar dan bersihkan dengan air. 

Terakhir, aplikasikan amplas 2000 grit ke permukaan lampu depan mobil. Barulah setelahnya, Anda dapat membilas serta mengelap lampu depan. 

Bila Anda kurang puas dengan hasilnya, maka bisa langsung membawanya ke salon mobil untuk dilakukan pembersihan secara keseluruhan. 

>>> Lebih Tahan Lama, Merawat Lampu Depan Dengan Pelindung Ultraviolet

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top