Cara Biar Mobil Tetap Sehat Meski Kelamaan Parkir di Rumah

04/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Penerapan PPKM Level 4 yang masih berlanjut membuat mobil turut terparkir di rumah. Supaya mobil tetap sehat meskipun kelamaan parkir di rumah, simak tips ini.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berlaku hingga 9 Agustus 2021. Dengan begitu tak ada perubahan signifikan terhadap kegiatan masyarakat. Mayoritas aktivitas perkantoran pun dilakukan dari wumah alias Work From Home (WFH). Kendaraan yang biasa digunakan pun turut terparkir di rumah dengan adanya kebijakan tersebut. 

Meski begitu, Anda tak bisa mendiamkannya saja. Mobil tetap butuh perawatan meskipun hanya terparkir di rumah supaya ketika digunakan lagi kondisinya tetap prima. Nah berikut ini ada sejumlah perawatan yang bisa Anda lakukan meski mobil kelamaan parkir di rumah saja dari Daihatsu. 

>>> Duit Tak Sampai Rp 200 Juta Mending Beli Toyota Avanza atau BMW?

1. Tetap Memanaskan Mobil

Cara memanaskan mobil

Supaya optimal panaskan mobil dengan rutin

Untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki, ada baiknya untuk memanaskan mobil secara rutin. Paling tidak Anda bisa melakukannya 1x dalam seminggu selama 10-20 menit. Perlu diketahui mobil yang tidak dipakai, mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

2. Menjaga Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin pada ban bisa dilakukan dengan membawa mobil maju mundur atau kalau memungkinkan berkeliling sekitar rumah. Ini bisa Anda lakukan berbarengan dengan memanaskan mobil. Dengan cara ini Anda juga dapat mencegah flat spot pada ban. Kalau sudah mengetahui mobil bakal terparkir lama di rumah, Anda bisa menambahkan tekanannya sekitar 5%. Jadi ketika nanti digunakan, penurunan tekanan pada ban tidak drastis dan masih berada di ambang batas tekanan normal. 

Gambar menunjukan Ban mobil

Mobil bisa diajak berkeliling untuk menghindari flat spot

>>> Tips Membersihkan Kabin Mobil Sendiri di Rumah

3. Memperhatikan Transmisi dan Rem

Demi keamanan, aktifkan Rem Parkir sekalipun parkir sekalipun kendaraan berhenti dalam bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan tuas transmisi pada posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak saat parkir.

5 Penyakit Umum yang Sering Menjangkiti Mobil Matik

Pastikan posisi tuas transmisi pada P ketika memanaskan mobil matic

4. Parkir di Tempat yang Tepat

Nah ini tak bisa dianggap remeh ya. Sebaiknya Anda memarkir rumah di dalam garasi. Setidaknya cara ini dapat mengurangi paparan sinar matahari langsung supaya cat mobil tak cepat kusam. Bila kondisinya tak memungkinkan, hindari memarkir mobil di bawah pohon.

Pastikan juga bahwa lokasi tempat parkirnya aman dan mudah untuk dipantau guna mencegah kejadian yang tak diinginkan. Jangan lupa pasang kunci setir untuk memberikan pengamanan ekstra pada mobil. 

5. Tetap Dibersihkan

membersihkan dashboard mobil dengan interior cleaner

Bagian interior juga wajib dibersihkan

Jangan mentang-mentang mobil kelamaan parkir di rumah dan jarang digunakan Anda malas untuk membersihkannya. Tetaplah bersihkan mobil seperti biasanya. Bagian eksterior bisa Anda cuci menggunakan sabun sedangkan bagian interior bisa di lap atau menggunakan vakum. Pastikan tidak ada makanan sisa atau kotoran untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang menempel.

“Semoga tips ini dapat membantu Sahabat dalam menjaga mobil selama masa perpanjangan PPKM, supaya tetap dalam kondisi prima pada saat akan digunakan”, ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam siaran persnya. 

>>> Suka Gini saat Nyetir Mobil Manual? Jangan Heran Kopling Cepat Rusak 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top