Cara Bersihkan Dasbor dan Karpet Mobil

Share this post:
Cara Bersihkan Dasbor dan Karpet Mobil
Dasbor dan karpet adalah dua bagian di dalam mobil sangat mudah terkena debu. Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya secara rutin supaya umur mobil Anda semakin lama.

Membersihkan mobil adalah cara mudah untuk memanjangkan umur mobil dan menjaga keindahan mobil. Terutama dasbor yang terletak di bagian depan dan paling sering dilihat. Karpet mobil juga perlu dibersihkan agar ruangan mobil terlihat apik dan nyaman saat berkendara. Bagi sobat-sobat yang belum tahu cara membersihkan dasbor dan karpet mobil, simak saja tulisan ini.  
 

gadis cantik ini sedang mencuci bagian dasbor mobil
Membersihkan bagian interior mobil 

 

1. Membersihkan Dasbor Mobil

Dasbor adalah bagian yang mudah terkena debu dari jendela mobil. Selain debu, bagian yang dianggap sebagai tangan sopir ini juga sering terkena paparan sinar matahari langsung. Untuk membersihkan dasbor pakailah kain microfiber. Di bagian dasbor terdapat juga lubang AC dan untuk membersihkan bagian ini, Anda bisa menggunakan vacum cleaner dan sikat gigi yang sudah tidak dipakai lagi.
>>> Baca juga: Bersihkan kaca spion mobil dalam 4 langkah

 

2. Membersihkan Karpet Mobil

 
 
gambar menunjukkan langkah-langkah membersihkan karpet mobil
Cara membersihkan karpet mobil

 

Untuk urusan karpet sebaiknya memilih karpet yang terbuat dari karet atau sintetis dan jangan pilih karpet mobil yang terbuat dari bahan dasar kain. Karena selain sukar untuk dibersihkan dan bahan kain pada karpet sangat mudah menyerap air sehingga dapat membuat lantai mobil basah. Namun kalau mobil Anda dipasang  karpet kain, tidak apa-apa masih ada cara untuk membersihkannya. Untuk membersihkan karpet yang terbuat dari kain, Anda harus melepaskannya dan mengeluarkan semuanya dari dalam mobil. Setelah itu, ambillah sikat  lembut dan sikatlah dengan pelan-pelan supaya semua debu dan kotoran di atas  karpet dapat terangkat.
 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat mobil 
 

Lalu pakai vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran yang masih tertinggal di karpet. Untuk menghilangkan noda membandel, Anda bisa menggunakan cairan stain remover. Setelah selesai proses membersihkan, jangan lupa jemur karpet sampai benar-benar kering. Kalau karpet tidak dijemur sampai kering nanti akan timbul bau yang tidak sedap di dalam mobil.  Dan sebelum memasang  kembali  karpet,  harus membersihkan  lantai mobil dulu ya.

Itulah cara  membersihkan  dasbor maupun karpet mobil supaya mobil Anda semakin indah dan awet.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top