Cara Atasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil

29/05/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Bagaimana cara atasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil dalam keadaan darurat? Simak cara mudah dan cara menghindari oli rembes hanya di artikel berikut ini.

Oli rembes yang terjadi secara terus menerus bisa mengakibatkan bahaya pada mesin mobil. Meskipun jumlahnya terlihat kecil, tetapi jika terjadi berkali-kali maka oli bisa habis sehingga mesin bisa rusak.

Ketika mobil mengalami oli rembes, penyebabnya bisa dari berbagai macam hal. Bisa dibilang, Anda perlu memeriksa bagian mesin satu persatu untuk melihat dimana letak kebocoran oli. Alasannya adalah karena mesin mobil tidak hanya berpusat pada satu area saja tetapi terdapat satu rangkaian yang tersambung satu sama lain.

>>> Ladies, Jangan Sampai Telat Ganti Oli Mobil Ya Biar Tak Begini

Cara Atasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Mobil

Tetapi bagaimana jika kebocoran oli terjadi secara mendadak? Tentu saja ada cara atasi oli rembes tanpa harus bongkar mesin. Cara ini bisa Anda gunakan sebagai perawatan maupun sebagai cara untuk mengatasi oli rembes saat darurat. 

Berikut ini adalah beberapa cara atasi oli rembes pada mesin mobil tanpa harus bongkar mesin:

1. Menggunakan Lem Sealer

Lem sealer adalah lem yang digunakan untuk mengunci katup-katup pada mesin sehingga menghindari oli rembes. Cara ini bisa digunakan untuk menghindari kebocoran oli saat darurat tetapi tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Cara kerja lem sealer adalah dengan ditempelkan pada sambungan-sambungan mesin sehingga sambungan tersebut tidak rawan bocor. Anda bisa membeli lem sealer dengan mudah di marketplace atau toko sparepart kendaraan.

2. Menggunakan Lem Besi

Lem besi juga bisa digunakan di area yang mengalami keretakan. Anda hanya perlu mengoleskan lem besi di area yang muncul kebocoran saja. Lem besi bisa Anda dapatkan dengan mudah sama seperti Lem sealer. Untuk pengaplikasiannya, Anda perlu berhati-hati agar tidak terkena kulit Anda.

jasa towing bisa diandalkan saat mobil mengalami kebocoran oli

Jasa towing merupakan cara mudah untuk menyelamatkan mobil Anda

3. Memanggil Towing.

Saat dalam keadaan darurat dan mobil Anda mengalami kebocoran oli, Anda bisa memanggil jasa towing untuk mengangkut mobil Anda. Cara ini adalah cara praktis dan mudah untuk menyelamatkan mobil Anda dari kerusakan yang lebih parah. Car ini juga sangat berguna di keadaan darurat saat Anda tidak memiliki alat-alat untuk memeriksa mobil Anda.

Cara-cara di atas tentunya adalah cara yang bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek saja. Artinya cara di atas tidak akan bisa menyelamatkan mobil Anda untuk jangka waktu yang lama. Anda tetap perlu memeriksakan mobil Anda ke bengkel agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada mesin mobil Anda.

>>> Yuk Ketahui Fungsi Towing Bar Mobil, Biar Tak Cuma jadi Variasi

Penyebab Oli Rembes Pada Mobil

pemeriksaan mesin mobil untuk mengecek oli rembes

Lakukan pemeriksaan rutin pada kendaraan Anda untuk mencegah oli rembes

Untuk mengetahui oli rembes pada mobil, ada beberapa bagian mobil yang perlu Anda periksa. Bagian-bagian ini merupakan bagian yang rentan menjadi penyebab kebocoran oli. Berikut ini adalah beberapa penyebab oli rembes pada mobil:

1. Filter Oli yang Usang

Filter oli yang sudah usang bisa menjadi penyebab kebocoran oli. Biasanya karena posisinya sudah tidak seperti semula sehingga oli rembes sering terjadi. Penting sekali untuk rutin mengganti filter oli pada mobil agar tidak terjadi kebocoran oli.

2. Steker Pembuangan Oli

Steker pembuangan oli terdapat di bagian bawah wadah oli pada mesin mobil. Steker pembuangan oli bisa diakses dari bawah mobil dengan mudah. Jika steker usang atau tidak dalam posisi yang tepat, maka oli rembes bisa terjadi.

3. Gasket yang Usang

Gasket yang usang adalah penyebab kebocoran oli yang paling sering terjadi. Terutama jika mobil Anda adalah mobil tua yang sering digunakan. Gasket adalah bagian mesin yang menggabungkan kedua bagian mesin. Jika terlalu sering digunakan, sisa-sisa oli bisa menumpuk dan mengakibatkan oli rembes.

gasket usang penyebab oli rembes

Gasket usang bisa menjadi penyebab oli rembes.

Ketiga bagian mesin di atas adalah bagian yang sering sekali menjadi penyebab kebocoran oli pada mobil. Jika Anda memiliki masalah kebocoran oli, ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel agar diatasi oleh profesional. Hal ini juga untuk mencegah agar mobil Anda tidak rusak lagi.

>>> Pentingnya Menggunakan Oli Mobil yang Sesuai dengan Tipe Mesin

Tips Agar Mobil Anda Tidak Mengalami Oli Rembes

oli rembes pada mobil

Gambar oli yang mengalami rembes pada mobil 

Agar mobil Anda tidak mengalami oli rembes, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Cek Mesin Secara Rutin

Mengecek mesin secara rutin dan berkala adalah hal yang penting untuk dilakukan pengemudi. Pengecekan mesin berfungsi untuk mengetahui jika terdapat kerusakan kecil pada mobil ataupun perlu penggantian sparepart mesin.

2. Menggunakan Spare Part Original

Menggunakan spare part yang original dari merk akan mengurangi kerusakan mobil menjadi lebih parah. Paling tidak Anda bisa mengurangi permasalahan oli rembes yang akan terjadi. Selain itu menggunakan spare part original bisa membuat mesin bekerja dengan baik.

3. Memilih Bengkel yang Tepercaya

Bengkel professional yang terpercaya akan melakukan pekerjaan dengan baik dan tepat. Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi mesin Anda ketika mempercayakan pada bengkel yang profesional. Karena bengkel tersebut memiliki standar perawatan mesin yang sudah berlisensi. Sehingga penanganan mesin tidak bisa sembarangan.

>>> Cara Mengatasi Oli Mobil Bocor Tanpa Bongkar Mesin saat Kondisi Darurat

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top