Cara Aman Menggunakan Kabel Jumper untuk Mengatasi Baterai Mati pada Mobil

Share this post:
Cara Aman Menggunakan Kabel Jumper untuk Mengatasi Baterai Mati pada Mobil
Baterai berperan penting dalam mengalirkan sistem kelistrikan pada kendaraan. Dalam beberapa masalah kelistrikan pada mobil, baterai menjadi salah satu penyebabnya dan biasanya kita menggunakan kabel jumper. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika ada masalah pada baterai mobil?

Sistem kelistrikan kendaraan sebenarnya tidak terlalu rumit. Tapi, sebagian besar pengemudi masih belum memahami sistem kelistrikan tersebut. Bahkan, anda mungkin pernah mendengar mitos atau rumor tidak berdasar tentang bahaya pemakaian jumper ketika ada masalah pada mobil. Kabar baiknya, anda bisa melakukan beberapa tindakan dalam menggunakan kabel jumper ketika ada masalah pada baterai.

1. Bagaimaca cara aman menghubungkan kabel jumper dengan bagian baterai?

Jika anda mengetahui sedikit tentang mobil, tentunya anda pernah berhubungan dengan bagian baterai dan sistem kelistrikan mobil. Atau bagi anda yang masih awam tentang pengetahuan ini, ada beberapa aturan umum praktis yang dapat membantu. Namun, ada juga sejumlah kasus yang bisa saja memiliki penanganan yang berbeda.

Gambar yang memperlihatkan tangan yang memegang kabel jumper berwarna merah

Kabel jumper digunakan untuk menyetrum baterai

Sebelum anda menggunakan mobil anda untuk melakukan jump start, cobalah untuk menerima jump start dari mobil lain atau pasang pengisi daya ke baterai anda. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memeriksa manual kendaraan anda untuk memastikan mobil anda tidak memiliki sambungan listrik apapun selain baterai anda.

Jika mobil anda memiliki baterai yang diletakkan di tempat yang ‘aneh’ di dalam mobil, seperti bagian roda atau bagasi, berarti ada kemungkinan anda menggunakan blok persimpangan atau sambungan remote lain selain baterai pada mobil.

>>> Baca juga Cara termudah untuk menjaga baterai mobil

2. Apa yang harus dilakukan ketika baterai mobil mati?

Ketika baterai mobil mati, ada beberapa saran yang membuat anda harus melakukan ‘kejutan’ pada baterai anda. Seperti yang telah dibicarakan di atas, untuk melakukan ‘kejutan’, anda bisa menggunakan baterai mobil lain yang masih hidup, atau bisa disebut baterrai donor.

Gambar yang memperlihatkan dua mobil yang saling terhubung menggunakan kabel jumper

Biasanya, ada baterai donor untuk penyetrum baterai

Ide dasar dari kabel jumper yang aman adalah menghubungkan sistem kelistrikan ke kendaraan donor yang memiliki baterai yang bagus. Lalu, bagian positif harus dihubungkan ke positif dan negative terhubung ke negatif. Menghubungkan berseberangan bisa merusak kendaraan dan menciptakan percikan api yang berpotensi membahayakan mobil.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

Pada kebanyakan kasus, prosedur teraman untuk menghubunkan kabel jumper adalah dengan:

  • Pastikan kunci kedua kendaraan berada pada posisi ‘off’.
  • Sambungkan satu kabel jumper ke terminal positif dari (+) dari baterai donor dan ujung yang lain dengan terminal positif (+) dari kbaterai yang mati.

Gambar yang memperlihatkan tangan yang sedang menyetrum baterai mobil menggunakan kabel jumper

Contoh penyambungan kabel jumper pada baterai

  • Sambungkan kabel jumper yang lain ke terminal negatif (-) dari baterai donor dan hubungkan ujung kabel yang lain ke logam kosong pada mesin atau bingkai kendaraan dengan baterai yang mati.
  • Menghubungkan pengisi baterai dilakukan dengan cara yang sama, tapi, perbedaannya adalah baterai donor diganti dengan pengisi daya. Kabel pengisi daya positif harus dihubungkan dengan baterai positif (+) dan kabel pengisi daya negatif dihubungkan dengan logam kosong pada mesin atau rangka kendaraan.

Tangan yang menggunakan sarung tangan sedang memegang kabel jumper berwarna merah

Gunakan sarung tangan untuk keamanan

Ada beberapa pengecualian pada sistem listrik mobil. Pada beberapa baterai, positif adalah ground, tapi pada kebanyakan sistem elektrik otomotif, negatif yang merupakan ground. Karena itu, anda bisa menggunakan kabel jumper ke logam kosong.

Perhatikan video dibawah tentang penggunaan kabel jumper pada baterai yang mati

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post: