4 Cara Aman Isi Freon AC Mobil di Rumah

28/05/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin adalah freon yang menipis. Begini cara aman isi freon AC mobil di rumah yang lebih hemat dan tanpa perlu ke bengkel

Salah satu kondisi yang cukup mengganggu kenyamanan selama berkendara adalah AC mobil kurang dingin. Penyebab AC mobil kurang dingin memang bermacam-macam, mulai dari kerusakan pada komponen pendingin hingga freon yang sudah mulai berkurang. Pada dasarnya, mengisi freon dengan langsung memanggil ahlinya akan lebih mudah dan praktis. Berbeda halnya ketika Anda lebih ingin berhemat, tentu saja bisa melakukan pengisian secara mandiri akan mampu menekan biaya yang dikeluarkan. 

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin melakukan cara aman isi freon AC mobil di rumah agar tidak terjadi kebocoran yang menyebabkan kerusakan pada sistem pendingin. Bagi Anda yang hendak mengisi freon AC mobil sendiri di rumah, berikut ini cara aman yang harus diperhatikan.

1. Kosongkan Isi Freon yang Masih Tersisa

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Anda harus benar-benar mengosongkan freon yang masih tersisa. Mencampurkan sisa freon lama dengan yang masih baru dapat menimbulkan masalah pada kinerja mobil. Jadi pastikan untuk membuang sisa freon kemudian bersihkan semua bagian AC. Setelah freon kosong dan bagian AC bersih, kemudian siapkan alat untuk mengisi freon yang dikenal dengan nama manifold gauge serta freon yang baru.

>>> Bukan Cuma Gara-gara Freon, Ini 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Alat pengisi freon AC, manifold gauge

Alat pengisi freon AC yang disebut manifold gauge 

2. Vacuum Sistem AC untuk Memastikan Tidak Ada Sisa Udara

Pasang beberapa kabel pada manifold gauge ke masing-masing port. Selang warna kuning yang ada di tengah ke tabung freon, kemudian selang warna biru ke Low Pressure Pentil serta selang yang berwarna merah ke High Pressure Pentil. Sebelum memulai pengisian, pastikan semua valve tertutup rapat . Tunggu hingga 15 menit agar sistem AC menunjukkan angka 758.4 mm HG atau 20 psi. Dengan cara ini, udara serta uap air yang ada pada sistem AC akan keluar secara sempurna.

gambar sistem pengisian freon AC mobil

ilustrasi gambar sistem pengisian freon AC mobil

3. Berikan Pelumas pada Sistem AC

Setelah selesai vakum sistem AC, selanjutnya adalah memberikan pelumas pada kompresor AC. Tujuannya adalah untuk menekan risiko kerusakan pada kompresor. Caranya adalah dengan menuangkan 5 hingga 10 cc oli pelumas pada kompresor AC menggunakan gelas ukur. Kemudian masukkan selang manifold gauge pada gelas ukur tersebut. Buka sedikit kran tekanan rendah hingga oli pelumas masuk secara perlahan pada sistem AC. Segera tutup kran tekanan rendah ketika semua oli pelumas berhasil masuk.

>>> 5 Penyebab Mesin Mobil Berat saat AC Menyala

4. Lakukan Pengisian Freon dengan Aman

Selanjutnya Anda bisa melakukan pengisian freon AC mobil. Pengisian freon ini dibagi menjadi dua yaitu dengan saluran tekanan rendah dan saluran tekanan tinggi. Sangat disarankan untuk melakukan pengisian freon AC pada saluran tekanan tinggi saja karena prosesnya dilakukan ketika kompresor dalam keadaan tidak bekerja atau mati. 

Pertama, pastikan mesin dalam keadaan mati dan kabel pada manifold gauge telah terpasang sempurna. Anda harus memanaskan freon terlebih dahulu dengan tujuan agar tekanan freon mengalami kenaikan. Kemudian tutup kran tekanan rendah, sedangkan kran tekanan tinggi dibiarkan terbuka. Balik tabung freon agar freon cair dapat masuk di dalam sistem AC dan isi penuh. 

Freon AC yang sudah terisi akan membuat mobil dingin lagi

Freon AC yang sudah terisi akan membuat kabin mobil terasa dingin kembali

>>> 5 Tips Menjaga AC Mobil Selalu Dingin

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top