Bukannya Awet, Ini 5 Kerusakan Jika Mobil Jarang Dipakai

Share this post:
Bukannya Awet, Ini 5 Kerusakan Jika Mobil Jarang Dipakai
Siapa bilang mobil jarang dipakai malah akan bikin lebih awet. Karena ternyata ada lima kerusakan yang bakal muncul jika mobil terlalu lama diam di garasi.

Ada beberapa mitos yang menyebutkan kalau mobil jarang dipakai maka bisa lebih awet. Bahkan jika odometer mobil tersebut rendah akibat hanya sering disimpan juga akan membuat harga jualnya tinggi.

>>> Beli Mobil Jarang Dipakai, Perhatikan Bagian-Bagian Ini

Mitos tersebut memang tidak salah, tapi juga tidak semuanya betul. Karena sebenarnya ada beberapa kerusakan yang bisa terjadi jika mobil jarang dipakai. Berikut lima diantaranya:

1. Aki

aki mobil Toyota

Aki bisa cepat soak kalau mobil jarang dipakai

Komponen paling cepat rusak kalau mobil jarang sekali digunakan adalah aki alias accu. Penyebabnya adalah si pemilik mobil jarang memanaskan mesin mobil tersebut. Logikanya, jika mobil digunakan setiap hari, maka mesin juga akan bekerja setiap hari. Sehingga tidak butuh waktu khusus untuk memanaskan mesin.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

2. Oli

ganti oli mobil

Tetap rutin ganti oli walau mobil jarang dipakai

Ini masih ada hubungannya dengan kebiasaan memanaskan mesin mobil. Jika tidak rajin dipanaskan, selain aki yang mudah soak, oli mesin juga bisa mengental. Kalau sudah seperti itu, tentu akan membuat kerusakan pada komponen mesin dibagian dalam. Jadi walau mobil jarang dipakai, sebaiknya selalu rutin ganti oli.

3. Rem

servis rem mobil

Rem bisa menempel di cakram

Bagian lain yang bisa rusak jika mobil tidak pernah dijalankan adalah rem, terutama rem parkir atau rem tangan. Karena jika rem tangan aktif terlalu lama, maka bagian rem akan menempel pada piringan rem. Jadi kalau menyimpan mobil dalam waktu lama, sebaiknya cukup ganjal dengan batu atau balok pada bagian roda depan dan belakang.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap cuma ada disini

4. Wiper

karet wiper mobil

Karet wiper akan mudah mengeras

Wiper menggunakan bahan dasar karet. Nah jika karet ini terkena panas dari kaca mobil atau karet berada dalam posisi diam untuk waktu yang lama, maka karet akan mengeras. Untuk menghindari hal ini sebaiknya ganjal karet wiper dengan busa sehingga karet tidak langsung bersentuhan dengan kaca mobil

5. Ban

ban mobil kempis

Karet ban juga mudah mengeras

Sama seperti wiper, ban juga terbuat dari karet yang memiliki risiko akan mengeras jika tidak digunakan dalam waktu lama. Untuk mengatasi hal ini sebagian pemilik mobil menyiasatinya dengan mencopot roda dan mendongkrak mobil. Nyatanya, hal itu malah akan menimbulkan masalah pada bagian suspensi mobil. Suspensi bisa cepat rusak karena menahan beban dari dongkrak mobil akibat mobil jarang dipakai.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Bukan Cuma Soak, Ini 4 Tanda Aki Mobil Rusak

14/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Tanda aki mobil rusak paling umum adalah mobil sulit distarter atau bahkan mogok diperjalanan. Padahal sebelum itu terjadi, ada tanda-tanda lain yang bisa Anda deteksi.

Lihat juga

Empat Tanda Oli Mobil Harus Segera Diganti

Melihat kartu servis atau kartu penggantian oli, melihat tanda pengganti oli di bagian dasbor, merasakan kondisi mesin dan melihat kondisi oli mobil melalui deep stick adalah cara termudah untuk tahu kapan kita harus mengganti oli mobil.

Lihat juga

3 Cara Merawat Ban Mobil Yang Tidak Terpakai, Dijamin Jadi Lebih Awet

18/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Punya ban mobil yang tidak terpakai di rumah? Hati-hati, jangan asal simpan ya sobat. Pasalnya, ban punya elastisitas tersendiri sehingga perlu diberikan perawatan khusus. Berikut cara merawat ban mobil yang tidak terpakai.

Lihat juga

Review Jaguar X-Type 2005: Sedan Mewah Murah Untuk Anda Berjiwa Aristokrat

17/08/2019

Editor rate:

Jaguar X-Type memang tidak sepopuler compact luxury sedan Jerman di Indonesia. Tapi jika Anda ingin tampil keren dan berkelas, sedan bekas ini bisa jadi pilihan dengan harga semurah mobil baru LCGC. Enggak percaya?

Lihat juga

Harga MINI 3-Door Terbaru Juli 2020 Di Indonesia

01/07/2020

MINI

Versi paling anyarnya dirilis pada tahun 2015 lalu di Indonesia. Hingga tahun 2018 ini, MINI 3-Door adalah model yang paling diminati. Bayangkan saja, 41 persen total penjualan MINI Indonesia pada tahun 2017 disumbangkan oleh model 3-Door ini. Apa alasan di balik fenomena tersebut? Berapa harga MINI 3-Door terbaru ini?

Lihat juga