Bukan Masalah Kegelapan, Ini Tips Membeli Kaca Film yang Berkualitas

16/12/2019

Perawatan dan service

2 menit

Bukan Masalah Kegelapan, Ini Tips Membeli Kaca Film yang Berkualitas
Sebagian pengguna masih percaya bahwa kegelapan menjadi hal penting dalam membeli kaca film yang bagus. Tapi sebenarnya, ada hal lain yang perlu diperhatikan.

Kaca film merupakan salah satu pelindung ketika berkendara. Bukan hanya untuk menjaga suhu di kabin tetap nyaman ketika diparkir di bawah terik matahari, tetapi juga menghindari silaunya matahari di jalanan. Tapi jangan sangka membeli kaca film yang gelap akan menyelesaikan semua masalah.

Sebagaimana dijelaskan oleh Lianto Winata selaku Business Development Director V-Kool Indonesia, memlih kaca film bukan hanya masalah kegelapan kabin. Banyak konsumen yang menyangka kaca film yang gelap akan membuat kabin tetap sejuk. Padahal, kaca film yang terlalu gelap pun akan mempengaruhi visibilitas berkendara, terutama di malam hari.

pekerja yang sedang memasang kaca film mobil berwarna hitam 
Memilih kaca film bergantung pada kualitas dan material

 “Semua kaca film visibilitas tergantung dari, pertama, kadar kegelapan. Kedua, dari kaca filmnya sendiri. Kalau kita punya kaca film kan clarity-nya bagus. Jadi secara visibilitas itu bagus. Hanya masalah kegelapan,” ungkap Lianto. “Dan itu bukan hanya masalah kegelapan, tetapi material yang digunakan.

>>> Perlu Diketahui, Ini Pantangan Setelah Pasang Kaca Film Mobil

Selain itu, Lianto mengungkapkan beberapa kesalahan dalam memilih kaca film yaitu tentang kegelapan kaca film. Sebagian konsumen di Indonesia masih mempercayai kaca film yang lebih gelap akan membuat kabin lebih adem. “Tapi kalau ada kaca film yang memantulkan panas, pasti kaca film itu lebih adem dibandingkan yang menyerap panas walaupun kegelapannya sama.”

“Di dunia perindustrian kaca film, tidak mungkin orang bisa membuat kaca film yang bagus, menggunakan bahan yang bagus tapi dijualnya murah. Bahan-bahan kaca film itu semua ada harga pasar. Kayak di VK70, VK40, VK30 kan kita menggunakan bahan logam berharga (seperti) emas, perak, dan plastik polyester yang bagus,” ungkap Lianto.

Untuk kaca film yang tidak berkualitas akan menyerap panas. Otomatis kaca film yang menyerap panas tersebut akan membuat kaca film menjadi panas dan akhirnya mengalami degradasi. Itulah sebabnya kaca film mengalami penurunan kualitas ketika sudah dipakai dalam waktu yang lama.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

teknologi pada kaca mobil yang sedang dipanaskan
Teknologi kaca film mempengaruhi penyerapan panas di dalam kabin

Pemakaian kaca film pun disarankan untuk mematuhi regulasi serta takaran kegelapan maksimal agar tidak mengganggu visibilitas berkendara. “Untuk kaca film depan (kadar kegelapan) itu di 40% (masih bagus),” jelas Lianto. “Kalau kanan kiri di antara 60% dan 80%.”

Untuk menjaga kaca film tetap bagus, Lianto menyarankan untuk menghindari lap yang kasar ketika mengelap kaca. Kaca film biasa akan mengendap dan menyerap panas. Karena itu, ketika Anda membeli kaca film, pastikan untuk memperhatikan kualitas kaca film sehingga memudahkan dalam perawatannya.

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top