Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!

07/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Bukan Hanya Terkait Pencemaran Udara, Rutin Uji Emisi Kendaraan Itu Penting!
Rutin melakukan uji emisi kendaraan merupakan bentuk perawatan kendaraan tersebut. Karena dengan uji emisi, maka dpaat dilihat kondisi mesin dari kendaraan itu.

Beberapa waktu lalu beredar berita tentang komunitas otomotif yang melakukan uji emisi secara massal. Bahkan jumlahnya hingga ribuan mobil. Tujuannya adalah membantu mengecek kadar emisi gas buang dari setiap mobil anggotanya agar tidak melebihi ambang batas yang bisa menimbulkan pencemaran udara.

Anda juga mungkin sudah mendengar, beberapa kota besar seperti Jakarta, mewajibkan kendaraan yang beredar di kota tersbeut telah lolos dalam uji emisi. Lagi-lagi tujuannya agar setiap kendaraan yang digunakan warganya, tidak terlalu menjadi penyuplai terbesar polusi udara di kota tersebut.

1. Bisa Mengetahui Kondisi Kesehatan Mesin

petugas uji emisi mobil

Sistem pembakaran di ruang mesin bisa diketahui dari emisi gas yang dihasilkan

>>> Promo mobil baru terbaik dan termurah ada disini

Ternyata, uji emisi kendaraan tidak hanya berhubungan dengan pencegahan polusi udara. Namun hasil emisi gas buang dari setiap kendaraan, mampu mencerminkan kondisi mesin kendaraan tersebut. Apakah benar-benar sehat, atau sebenarnya terjadi kerusakan di ruang mesin.

Saat melakukan uji emisi, biasanya pelaksanaan uji emisi akan melihat beberapa parameter yang berhubungan dengan kadar zat dari setiap udara yang dihasilkan melalui ujung knalpot. Kadar zat yang diukur antara lain CO (Carbon Monoksida), CO2 (Carbon Dioksida), HC (Hydro Carbon), O2 (Oksigen), Lambda, dan AFR (Air Fuel Ratio).

Biasanya yang menunjukkan kondisi kesehatan mesin adalah faktor CO dan HC. Jika kadar CO terlalu tinggi, maka ada kemungkinan pembakaran di ruang mesin tidak sempurna. Hal ini karena masih banyak udara yang tidak tercampur dengan bahan bakar. Sementara kalau HC tinggi, maka itu menunjukkan banyak molekul bahan bakar yang tidak terbakar ketika proses pembakaran di ruang mesin.

>>> Ada banyak sekali pilihan mobil bekas termurah yang berkualitas disini

2. Pentingnya Lakukan Uji Emisi

bengkel resmi Toyota

Sebaiknya rutin lakukan uji emisi setiap kali servis berkala

>>> Lakukan 5 Hal Ini Agar Emisi Gas Buang Mobil Anda Tetap Terjaga

Untuk itulah, walau tidak untuk mendapat sertifikasi lolos uji emisi, sebaiknya Anda lakukan secara rutin uji emisi kendaraan Anda. Ini demi mengetahui seberapa baik kondisi mesin pada kendaraan tersebut.

Apalagi jika ternyata kendaraan Anda menghasilkan gas buang yang rendah kada zat CO dan HC-nya. Selain ini berarti mesin dalam kondisi sehat, Anda juga sekaligus bisa turut membantu menurunkan polusi udara.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mobility Berhasil Pecahkan Rekor MURI Uji Emisi 1000 Mobil

17/12/2019

Event - Promosi

5 menit

Rekor MURI Uji Emisi 1000 Mobil berhasil dicetak oleh para member dari komunitas Mobility. Kegiatan ini berlangsung disela Jambore Nasional Mobility keempat.

Lihat juga

Cek Emisi Kendaraan di Bengkel Mobil Terdekat bersama Aplikasi E-Uji Emisi

04/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Untuk menanggulangi polusi yang semakin membebani masyarakat Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan aplikasi E-Uji Emisi. Aplikasi ini memungkinkan pemilik kendaraan mencari bengkel mobil terdekat untuk melakukan pengujian emisi kendaraan.

Lihat juga

Jakarta Punya Aplikasi E-Uji Emisi Sebagai Syarat Perpanjang STNK

14/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Sebuah aplikasi e-uji emisi telah diluncurkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Tujuannya menjadi data base tingkat emisi gas buang kendaraan yang ada di Ibukota untuk menentukan kebijakan lainnya.

Lihat juga

Review Isuzu Panther LS 2000: Resep Sederhana Membuat Harga Bekasnya Bertahan

02/09/2019

Editor rate:

Mobil keluaran PT Pantja Motor (dulu PT IAMI bernama Pantja Motor) ini sempat membuat ketar-ketir Toyota Kijang saat masa peredarannya pertama kali di tahun 2000-an. Ia hadir dengan desan bodi membulat yang dinamis, sama dengan rivalnya asal Sunter tersebut. Hebatnya, di pasar mobil bekas, mobil Isuzu Panther tipe LS kelahiran tahun 2000 ini sangat bertahan. Inilah ulasan kami mengenai Isuzu Panther LS 2000, sebuah resep sederhana yang membuat harganya bertahan.

Lihat juga

Daftar Harga Toyota Agya terbaru Oktober 2020 Di Indonesia

01/10/2020

Toyota

Peraturan Pemerintah Indonesia tentang mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC), membuat Toyota ikut berpartisipasi dengan menghadirkan beragam produk-produk inovatif. Salah satu produknya yakni Toyota Agya, mulai diperkenalkan pertama kali sejak tahun 2013 di acara Indonesia International Motor Show (IIMS). Apa saja kelebihan dari mobil ini? Berapa daftar harga Toyota Agya terbaru?

Lihat juga