Bukan Hanya Ramah Lingkungan, Mobil Plug-In Hybrid Ini Juga Bisa Jadi Penyelamat Saat Listrik Padam

06/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Bukan Hanya Ramah Lingkungan, Mobil Plug-In Hybrid Ini Juga Bisa Jadi Penyelamat Saat Listrik Padam
PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memperkenalkan varian Plug-in Hybrid dari Outlander (Outlander PHEV), tapi siapa sangka di balik konsep hybrid ramah lingkungan, mobil ini juga bisa jadi pemasok tenaga listrik saat kondisi darurat?

Seperti kita semua ketahui, pada Minggu (4/8) siang hampir seluruh Jabodetabek serta bagian lainnya di Pulau Jawa terkena dampak gangguan PLN, yang mengakibatkan mati listrik berkepanjangan. Beberapa daerah bahkan terkena dampak ini lebih dari 24 jam.

>>> Seberapa canggih Outlander PHEV? Simak penjelasannya di sini

Saat menemui kondisi seperti ini, solusi pertama yang hadir adalah penggunaan genset sebagai generator listrik cadangan. Namun sering berkembangnya waktu, teknologi mobil plug-in hybrid juga memiliki kapabilitas sebagai penghasil daya listrik seperti Mitsubishi Outlander PHEV.

Bagasi Mitsubishi Outlander PHEV dengan outlet listrik

Anda dapat mencolokkan peralatan listrik Anda di power outlet yang terletak di bagasi

Hal ini didukung juga dengan hadirnya port outlet listrik di bagasi belakang, Anda hanya perlu membuka bagasi dan mencolokkan peralatan listrik Anda di outlet tersebut.

“Memang bisa, saat kondisi baterai penuh, mobil PHEV bisa dijadikan sumber tenaga seperti powerbank, hanya saja ada batasan daya yang bisa dialirkan mobil, yakni 1.500 watt,” ujar Irwansyah Siregar, Head of Technical Service & CS Support Section PT MMSKI di sela-sela GIIAS 2019, beberapa waktu lalu.

>>> Temukan mobil Mitsubishi dengan harga terbaik di sini

“Outlet port-nya ada di bagasi, tinggal colok saja. Tidak memerlukan konverter lagi, pengambilan dayanya langsung dari baterai lithium-ion. Mobil tak perlu menyala, tapi pastikan baterai sudah dalam posisi on.”

Pengguna bisa menghidupkan berbagai perlengkapan rumah seperti kulkas, televisi, lampu, kipas angin, mencharge handphone, dan sebagainya. Namun, pengisian baiknya dilakukan secara bergantian, mengingat daya baterai Mitsubishi Outlander PHEV hanya 1.500 watt.

Konsep mobil PHEV Mitsubishi

Dengan pasokan baterai saja, Anda dapat bertahan hingga 9 jam lebih

Baterai Mitsubishi Outlander PHEV memiliki kapasitas 13,8 kWh dengan daya maksimum 1.500 watt. Jika lebih dari satu peralatan digunakan (asumsi penggunaan daya 1.400-1.500 watt), baterai mampu bertahan hingga sembilan jam lebih. Namun bila BBM mobil masih penuh, Outlander PHEV dapat menjadi generator listrik selama lebih dari 20 jam.

>>> Selalu update teknologi mobil terbaru Anda di sini

“Sistemnya seperti itu, baterai akan terus bekerja sampai tersisa 20 persen. Saat di kondisi tersebut, mesin otomatis menyala dan bensin akan mengisi baterai. Begitu terus sampai baterainya habis,” tutup Irwansyah.

Untuk harga, Mitsubishi Outlander PHEV ini dijual dengan harga Rp 1,2 miliar lebih sedikit. Menarik bukan, ternyata kemajuan teknologi menjadikan mobil tidak hanya sebagai moda transportasi semata.

>>> Simak tips & trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ini Dia Prediksi Harga Mitsubishi Eclipse Cross Dan Mitsubishi Outlander PHEV. Bakal Jadi Pesaing Ketat Kompetitor

10/07/2019

Mobil baru

3 menit

Mitsubishi Eclipse Cross dan Mitsubishi Outlander PHEV 2019 diprediksi bakal jadi pesaing ketat kompetitor sekelasnya. Pasalnya prediksi harga jual on the road dari kedua mobil ini berbanding dengan fitur yang disajikan membuat value for money dari kedua mobil ini begitu tinggi.

Lihat juga

MMKSI Recall Delica dan Outlander Sport, Ini Tiga Bagian yang Akan Diperbarui

05/04/2019

Event - Promosi

Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara bagi pengguna dua model Mitsubishi di Indonesia, MMKSI recall Delica dan Outlander Sport dengan pembaruan pada tiga bagian mobil.

Lihat juga

Ada Masalah Pada ECU Relay, Mitsubishi Recall 2.330 Unit Delica Dan Outlander Sport

27/02/2019

Pasar mobil

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memutuskan recall terhadap 2.330 unit Delica dan Outlander Sport karena ditemukan masalah pada ECU Relay untuk perbaikan sekaligus sebagai wujud komitmen MMKSI memberikan jaminan produk berkualitas kepada konsumen.

Lihat juga

TIPS BELI MOBIL BEKAS: Punya Tampilan Menarik, Simak Tips Membeli Mitsubishi Outlander Bekas

24/12/2018

Jual beli

Mencari Medium SUV dengan tampilan yang modern dan menarik ada cukup banyak pilihan, salah satunya adalah Mitsubishi Outlander. Bila Anda tertarik, simak tips membeli Mitsubishi Outlander bekas.

Lihat juga

Mitsubishi Outlander Sport 2017 Gagah Dengan Beragam Kelebihan

08/02/2018

Jual beli

Mitsubishi Outlander Sport merupakan mobil kelas medium SUV atau lebih mudah kita mengenalnya dengan mobil segmen crossover. Ketika kita membicarakan mobil-mobil Mitsubishi pasti yang langsung terlintas adalah mobil sporty dan elegan. Ya memang persepsi tersebut adalah benar, mobil-mobil keluaran Mitsubishi memang mengagumkan. Outlander sport tetap menjadi pusat perhatian dengan memanfaatkan nama besar mitsubishi.

Lihat juga
 
back to top