Bukan Dipukul! Ini Cara Memecahkan Jendela, Alasan Sandaran Kepala Bisa Dilepas

12/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Bukan Dipukul! Ini Cara Memecahkan Jendela, Alasan Sandaran Kepala Bisa Dilepas
Meskipun banyak yang sudah tahu bahwa sandaran kepala bisa dilepas, tahukah Anda alasan sandaran kepala bisa dilepas? Jangan ragu. Cintamobil.com akan mengungkapkannya kepada Anda.

Sejak awal mula mobil diciptakan pada akhir abad ke-20, berbagai teknologi serta fitur-fitur yang ada pada mobil telah dikembangkan untuk memberikan kenyamanan pada pengemudi, termasuk sandaran kepala. Menjadi penyangga kepala ketika mengemudi atau selama perjalanan, ternyata ada alasan sandaran kepala bisa dilepas.

Gambar sandaran kepala pada mobil

Sandaran kepala yang bisa dilepas memiliki fungsi tertentu

>>> Banyak Salah Paham, Protection Paint Film Berbeda Dengan Coating

Sebelumnya, perlu diketahui adalah pabrikan mobil memasang sandaran kepala yang bisa dilepas untuk mempermudah pencucian. Dengan begitu, pemilik mobil bisa lebih mudah membersihkan interior kendaraan. Bayangkan dengan sandaran kepala, Anda bisa lebih susah untuk membersihkan kursi hingga bagian langit-langit kendaraan.

Namun ternyata hal tersebut bukanlah alasan sebenarnya sandaran kepala dibuat mudah untuk dilepaskan. Meskipun tidak terlalu sering, tetapi pabrikan menggunakan fitur ini sebagai penyelamat Anda ketika mobil tenggelam atau pintu rusak dan tidak bisa dibuka. Bagaimana bisa?

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan mobil lainnya hanya di sini

Jendela mobil dibuat dengan tempered glass yang sangat sulit dihancurkan dengan pukulan atau benturan benda tumpul. Jendela dibuat dengan pemanasan dan pendinginan kaca yang cepat dalam proses yang membuat kaca lima hingga 10 kali lebih daripada semua. Namun, jendela mobil dibuat mudah dipecahkan menggunakan benda-benda keras dengan ujung runcing seperti pemecah kaca yang ditemukan pada gedung-gedung.

Gambar memecahkan jendela

Tidak dilempar atau dipukul, memecahkan jendela perlu trik khusus

Jika Anda mencoba melepas salah satu sandaran kepala mobil Anda, Anda akan melihat bahwa ada dua potongan logam padat. Dalam kasus kecelakaan atau jika penumpang terjebak di dalam mobil karena kerusakan pintu mobil, sandaran kepala dapat dilepaskan dan dua potongan logam bisa digunakan untuk memecahkan jendela mobil dengan mudah dan cepat tanpa perlu usaha lebih.

>>> Ingin membeli mobil baru terbaik lainnya? Dapatkan informasinya hanya di sini

Ketika menggunakan sandaran kepala untuk memecahkan jendela mobil, prinsip yang sama berlaku. Namun alih-alih mengayunkan sandaran kepala seperti palu, cara terbaik untuk memecahkan jendela adalah dengan menyisipkan besi pada sandaran kepala pada sisi jendela. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat caranya dengan video di bawah ini.

Ini cara terbaik untuk memecahkan jendela dengan besi dari sandaran kepala

Ketika terjadi kecelakaan atau kejadian yang tidak terduga dimana Anda tidak bisa membuka pintu mobil, jangan panik. Dengan tenang gunakan sandaran kepala untuk membuka jendela. Karena inilah salah satu alasan sandaran kepala bisa dilepas: untuk memberikan perlindungan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

>>> Baca juga semua tips dan trik mobil yang bermanfaat lainnya disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top