Bukan Cuma Wangi, Pengharum Kabin Mobil Ini Bikin Badan Lebih Sehat

Share this post:
Bukan Cuma Wangi, Pengharum Kabin Mobil Ini Bikin Badan Lebih Sehat
Pengharum kabin mobil ini berasal dari bahan-bahan alami yang ada disekitar Anda. Namun selain mampu mengusir bau tak sedap di kabin mobil, pewangi ini memiliki khasiat untuk membuat tubuh lebih bugar selama berkendara.

Demi menjaga aroma kabin mobil yang selalu segar, para pemilik mobil biasanya menambahkan pengharum ruangan atau parfum mobil. Aroma dari pengharum kabin mobil ini pun beragam yang dijual umum dalam berbagai kemasan serta merek.

Di toko-toko aksesoris mobil, Anda bisa menemukan pengharum untuk kabin mobil Anda. Beragam harga pun ditawarkan, mulai dari harga ribuan rupiah, sampai puluhan atau bahkan ratusan ribu rupiah. Tapi semuanya punya fungsi yang sama, yaitu mengusir bau tak sedap pada kabin mobil Anda.

>>> Mudah Kusam, Simak Tips Merawat Panel Hitam di Eskterior Mobil

Sebenarnya, jika Anda mau sedikit kreatif, Anda bisa membuat sendiri pengharum kabin mobil. Bahannya pun tak sulit untuk ditemukan, karena ternyata ada di dapur-dapur rumah tangga. Bahkan dengan membuat sendiri parfum mobil, Anda bisa menentukan wangi yang cocok dengan selera Anda.

Selain itu, ternyata beberapa parfum mobil memberikan dampak positif juga bagi kondisi perasaan Anda ketika mengemudi. Ada beberapa pengharum mobil yang ternyata bisa membuat perasaan yang gelisah, atau emosi menjadi lebih tenang.

Berikut akan Cintamobil paparkan beberapa aroma pengharum kabin mobil yang bisa membuat Anda lebih rileks selama perjalanan.

Kopi

kopi pengharum mobil

Kopi bisa membuat pengemudi lebih konsentrasi

Siapa sangka, kopi yang sering Anda nikmati setiap pagi atau siang hari bisa juga digunakan untuk pengharum ruangan, termasuk kabin mobil. Bahkan selain mengusir bau apek, kopi juga bisa membuat pengemudi lebih berkonsentrasi dan berpikiran jernih.

>>> Jangan Sembarang Bersihkan, Inilah Tips Merawat Mika Bening Pada Mobil

Caranya, masukkan beberapa biji kopi atau beberapa takar kopi bubuk ke dalam tabung ukuran kecil atau sedang. Kemudian beri penutup tabung wadah tersebut dengan kasa nyamuk atau plastik yang sudah dilubangi kecil-kecil. Kemudian ikat penutup tersebut dengan karet atau isolasi agar tak mudah lepas. Lalu simpan di kolong jok mobil.

Pappermint

daun mint pengharum mobil

Daun mint meningkatkan kewaspadaan

Daun mint atau papermint bisa Anda dapatkan di pusat-pusat penjual sayur mayur. Harganya relatif murah, namun bisa membuat pengemudi tetap bersemangat saat berkendara. Selain itu daunt mint juga dipercaya mampu meningkatkan kewaspadaan seseorang, termasuk ketika nyetir.

Gunakan daun mint secukupnya lalu letakkan pada wadah ukuran kecil. Lalu letakkan pada bagian bawah jok pengemudi dan penumpang belakang. Biarkan wanginya membuat pengharum kabin mobil Anda.

>>> Baca juga tips perawatan otomotif lainnya disini

Melati

melati pengharum mobil

Wanginya bisa membuat perasaan cemas hilang

Selain daun mint, bunga melati juga patut Anda coba untuk dijadikan pengharum kabin mobil. Wanginya yang khas, selain bisa mengusir bau tak sedap, melati ternyata juga dapat mengendurkan urat syaraf yang kencang. Perasaan cemas Anda pun dapat berkurang saat menghirup bau bunga ukuran kecil berwarna putih tersebut.

>>> Kebiasaan-Kebiasaan Kaum Wanita Yang Dapat Menghancurkan Mobil

Caranya sangat mudah, Anda tinggal membeli melati segar di toko-toko tradisional, lalu taburkan di bagian bawah jok pengemudi, penumpang, atau jok belakang. Jika bunga mulai layu atau kering, Anda bisa ganti untuk selalu mendapatkan khasiat wanginya.

Lemon

lemon pengharum mobil

Aroma lemon membuat Anda selalu segar

Buah berwarna kuning ini tak cuma segar ketika disantap, namun lemon juga punya khasiat ampuh sebagai pengharum mobil. Gunakan lemon agar pikiran dan tubuh tetap segar selama berkendara. Jika tubuh segar, tentu berkendara akan selalu fokus.

Menggunakan lemon sebagai pengharum kabin mobil bisa dengan dua cara. Pertama lemon diiris beberapa potong, lalu tempatkan pada wadah. Bisa juga irisan tersebut ditambahkan air dan masukkan dalam wadah tertutup dengan lebih dulu diberi sedikit lubang agar aroma lemon menyebar ke seluruh kabin.

>>> Simak tips dan trik tentang mobil baik dalam perawatan, pengemudian dan teknologi terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Sereh

sereh pengharum mobil

Sereh membuat pengemudi rileks

Siapa sangka, sebuah batang sereh ternyata mampu membuat sistem syaraf seseorang bekerja lebih sempurna namun tetap rileks. Ini karena sereh punya kandungan minyak atsiri di dalamnya, dan kandungan minyak tersebut mudah teroksidasi dengan udara.

>>> Cari mobil bekas berkualitas? Dapatkan hanya melalui Cintamobil.com

Cukup gunakan sekitar 20 batang sereh, lalu patahkan dan simpan di bawah jok mobil Anda. Uniknya, semakin lama sereh teroksidasi dengan udara, maka wanginya semakin segar sebagai pengharum kabin mobil Anda.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top