Bukan Cuma Banjir, Pahami Pilihan Perluasan Jaminan Asuransi Mobil

10/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Bukan Cuma Banjir, Pahami Pilihan Perluasan Jaminan Asuransi Mobil
Demi melindungi kendaraan dari risiko berbagai kejadian alam seperti banjir beberapa waktu lalu, maka perlu melakukan perluasan jaminan asuransi mobil. Apa saja macam perluasan jaminan tersebut?

Banjir yang melanda Jakarta beberapa waktu lalu masih teringat betul di memori kita. Bukan hanya rumah warga dan jalan raya, puluhan atau mungkin ratusan unit mobil juga tak luput terendam banjir.

Saat kondisi bencana alam seperti ini, tentunya Anda harus memproteksi kendaraan dengan asuransi. Sayangnya, tipe asuransi mobil yang kita kenal hanya dua, yakni Total Lost Only (TLO) dan Comprehensive (All Risk).

Kedua tipe asuransi ini tidak akan mengganti biaya kerusakan jika mobil terendam banjir. Untuk itulah agar mobil terlindungi dari berbagai risiko bencana alam seperti banjir, maka Anda wajib menambahkan dengan perluasan jaminan. Lalu apa saja perluasan jaminan asuransi mobil yang umumnya ditawarkan perusahaan asuransi?

>>> 9 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

1. Banjir

Gambar menunjukkan sebuah mobil yang terendam banjir

Lindungi mobil Anda dengan perluasan jaminan terhadap banjir

>>> Promo mobil baru terbaik di awal 2020 ada disini

Saat mobil terendam banjir seperti beberapa hari lalu, maka jika Anda ingin mobil diperbaiki seperti semula tanpa mengeluarkan uang banyak, maka harus gunakan perluasan jaminan banjir dari asuransi mobil Anda. Perluasan jaminan ini bisa diklaim kapan pun saat mobil mengalami kerusakan akibat banjir.

2. Bencana Alam

Gambar menunjukkan mobil tertimpa pohon tumbang

Mobil tertimpa pohon tumbang akibat gempa, bisa diklaim dengan perluasan jaminan

>>> Bukan Hanya Banjir, Waspadai Juga Pohon Tumbang

Selain banjir, perluasan jaminan juga bisa untuk perlindungan bencana alam, misalnya tsunami, tanah longsor, letusan gunung berapi, angin puting beliung, dan gempa bumi. Jika mobil Anda tertimpa pohon besar atau bangunan runtuh karena gempa bumi misalnya, maka Anda bisa mengajukan klaim atas dasar perluasan jaminan bencana alam ini.

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas termurah disini

3. Kerusuhan

mobil terbakar akibat kerusuhan

Siapa yang bisa bertanggung jawab jika mobil Anda hancur akibat kerusuhan?

Selain faktor alam, kerusuhan juga kerap menjadi faktor kerusakan kendaraan Anda. Contohnya, ketika terjadi kerusuhan disuatu daerah dan mobil Anda terjebak ditengah-tengah kerusuhan tersebut lalu menjadi sasaran lemparan batu atau bahkan dibakar massa, maka Anda dapat mengajukan klaim ke pihak asuransi mobil.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada di sini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top