BP-AKR Berikan Tips Menjaga Performa Kendaraan Selama PSBB

26/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
BP-AKR Berikan Tips Menjaga Performa Kendaraan Selama PSBB
Selama PSBB ini, kendaraan Anda menjadi jarang digunakan dan lebih sering ngandang di rumah. Meski demikian, Anda masih bisa menjaga performa mobil dengan melakukan beberapa langkah ini.

Akibat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah Indonesia untuk mengurangi penyebaran COVID-19, pemakaian kendaraan tentu berkurang secara drastis.

>>> Mobil mesin turbo kelamaan ngandang di rumah, perhatikan hal ini

Namun demikian, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi dan performa kendaraan untuk menghindari kerusakaan yang bisa terjadi selama mobil ngandang di rumah, apalagi kerusakan permanen. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana yang dapat bisa diterapkan dalam merawat mobil agar tetap dalam kondisi normal meski lama tak digunakan

PT. Aneka Petroindo Raya (BP-AKR), merupakan perusahaan joint venture bp (British Pretoleum) dan AKR, membagikan tips menjaga performa kendaraan selama PSBB yang bisa Anda ikuti.

1. Menyalakan mesin kendaraan secara rutin

Menyalakan mobil selama PSBB

Meski tidak dijalankan, mobil baiknya dinyalakan tiap satu minggu sekali untuk menjaga kondisi aki dan pelumasan mesin

Untuk menghindari terjadinya kerusakaan pada beberapa komponen kendaraan, khususnya pada aki kendaraan, ada baiknya mesin mobil dinyalakan setidaknya dua minggu sekali.

Aki kendaraan akan habis dengan seiringnya waktu, ini dikarenakan aki akan tetap beroperasi meski mobil mati karena beberapa fitur elektronik mobil akan tetap hidup untuk memonitor kondisi kendaraan. Dengan menyalakan mobil secara rutin, misal seminggu atau dua minggu sekali, energi dalam aki akan kembali terisi dan mencegahnya kosong.

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Selain itu, kendaraan yang didiamkan terlalu lama juga bisa membuat oli mesin mengendap, dan segel (seal) yang berfungsi sebagai pengunci atau penutup katup dapat mengering dan menyebabkan kerusakan.

Menyalakan mesin mobil secara berkala, meski hanya sebentar, dapat menjaga sirkulasi oli mesin dan memastikan semua komponen yang membutuhkan cairan seperti transmisi, rem, mesin, dan lainnya, terlumasi dengan baik.

2. Jaga kebersihan kendaraan

Mengelap dashboard untuk menjaga kebersihan interior mobil

Tidak hanya mesin, kebersihan interior mobil juga harus dijaga

Langkah selanjutnya untuk menjaga performa kendaraan selama PSBB adalah dengan menjaga kebersihan kendaraan. Ya, tidak hanya bagian mekanis saja yang perlu diperhatikan, kebersihan mobil juga harus mendapatkan perhatian.

Baiknya bersihkan kendaraan setidaknya tiga kali dalam seminggu, Anda bisa menyalakan AC untuk membersihkan partikel debu dalam mobil, jangan lupakan juga eksterior untuk menghindari karat yang menempel.

3. Pakaikan disinfektan pada bagian mobil yang sering disentuh

Penyemprotan disinfektan ke interior mobil

Penyemprotan disinfektan juga diperlukan untuk membunuh virus di kabin mobil

Untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 di mobil Anda, tidak ada salahnya untuk menyemprotkan disinfektan di area yang sering disentuh saat memakai mobil. Mulai dari pintu, kaca spion, dashboard, lingkar kemudi, dan bagian interior lainnya.

Isopropyl Alcohol adalah kandungan desinfektan yang terbukti efektif dan aman digunakan pada sebagian besar permukaan interior mobil untuk menghilangkan noda serta membunuh bakteri dan virus.

4. Pastikan kualitas bahan bakar yang dipakai

Mengisi BBM mobil di SPBU

Isi tangki bahan bakar hampir penuh untuk menghindari kondensasi dalam tangki yang bisa menimbulkan karat

Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk menjaga performa kendaraan selama PSBB adalah soal bahan bakar. Pertama-tama, kondisi tangki bahan bakar baiknya berada dalam posisi penuh untuk menghindari kondensasi dalam tangki yang bisa memunculkan karat.

Selain banyaknya bahan bakar dalam tangki, pemilihan bahan bakar juga penting untuk menjaga kondisi kendaraan Anda. Memakai bahan bakar berkualitas rendah bisa menyebabkan penumpukan kotoran dan kerak yang bisa menggangu performa mesin.

>>> Temukan tips perawatan mobil lainnya di sini

Kerak yang menumpuk di mesin bisa memyebabkan suara mesin jadi kasar, dan juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Pastikan kendaraan Anda memakai bahan bakar yang dapat melindungi mesin kendaraan secara optimal.

Bahan bakar bp memiliki teknologi ACTIVE yang dirancang khusus untuk membantu melindungi mesin dari kotoran, dan membantu menjaga performa kendaraan bahkan ketika mobil jarang dipakai selama PSBB, dan bisa dipakai untuk kendaraan roda dua maupun empat, lama atau baru, besar ataupun kecil.

Poster promo pengisian bbm di bp dengan cashback 20%

Pembelian bahan bakar bp dengan aplikasi Octo Mobile mendapatkan cashback 20%

Tidak hanya mendapatkan bahan bakar berkualitas, bp juga memberi penawaran menarik yakni program promosi cashback 20% untuk setiap pengisian bahan bakar bp menggunakan Octo mobile.

Promo ini berlaku mulai tanggal 16 Mei 2020 sampai 31 Januari 2021 dan berlaku setiap hari di semua SPBU bp di De Latinos, GS Paramount, Bintaro Emerald, Ciater Raya, Metland Cybercity, Cibubur Transyogi, KHI Boulevard, Cikarang Sriwijaya, Karawang Barat, Jababeka Hollywood, Rest Area KM 72A, Gubeng Raya – Surabaya, Kertajaya Indah – Surabaya, Pemuda – Surabaya, Margorejo Indah – Surabaya.

>>> Tips & trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Cara Mudah Merawat Lis Kaca Mobil Saat #DiRumahAja

23/06/2020

Perawatan dan service

6 menit

Bagian karet lis kaca mobil terkadnag terlupakan untuk dirawat secara berkala. Padahal jika sudah rusak, mobil akan mengalami kebocoran manakala musim hujan datang.

Lihat juga

Tips Merawat Kendaraan Niaga saat Tidak Beroperasi

18/05/2020

Perawatan dan service

2 menit

Ketika sedang tidak digunakan, jangan lupakan beberapa tips merawat kendaraan niaga dari Daimler Indonesia agar kondisi mobil bisa terjaga dan tetap prima.

Lihat juga

Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan berarti tidak merawatnya. Bagi Anda yang bekerja di rumah, berikut tips merawat mobil dari Daihatsu untuk menjaga mobil dalam kondisi prima.

Lihat juga

4 Tips Penting Merawat Transmisi Matik Pada Saat #DirumahAja

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan hanya ketika dibawa berjalan. Jangan lupa untuk merawat transmisi matik ketika sedang tidak digunakan selama masa karantina ini.

Lihat juga

BMW Astra Bagikan Tips Cara Merawat Mobil Selama #DiRumahAja

13/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Meski tidak kemana-mana, perawatan mobil di garasi juga harus dijaga agar kondisinya tetap prima. Berikut tips dari BMW Astra cara merawat mobil di rumah aja.

Lihat juga
 
back to top