Botol Air di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kebakaran? Penelitian Ini Menjawabnya

Share this post:
Botol Air di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kebakaran? Penelitian Ini Menjawabnya
Kadang hal-hal kecil mampu menjadi penyebab kecelakaan yang besar. Yang paling membingungkan adalah membiarkan botol air di dalam mobil bisa menyebabkan kebakaran. Benarkah?

Mungkin terdengar seperti sebuah lelucon dan terkesan tidak masuk akal. Bagaimana bisa membiarkan botol air di dalam mobil bisa menyebabkan kebakaran? Tapi jangan salah, semuanya bisa saja terjadi jika kita tidak berhati hati-hati.

Layaknya sebuah eksperimen fisika, Idaho Power membuktikan sebuah penyataan yang terkesan sepele mengenai botol air minum di dalam mobil. Botol air minum yang tidak berdosa di dalam mobil pada hari yang panas, terlebih di musim panas di beberapa negara, akan membuat plastik berperan sebagai lensa hingga memfokuskan cahaya berenergi tinggi yang cukup kuat untuk membakar material seperti pelapis jok mobil.

Perhatikan bagaimana botol air membakar jok mobil

Tahun lalu, Idaho Power, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan tenaga listrik di Idaho, Amerika Serikat, membagikan video mereka tentang botol air minum membakar dua lubang di kursi mobil.

>>> Dapatkan informasi harga mobil dengan sistem keamanan terkini hanya di Cintamobil

Masalahnya, perusahaan air Rusia, Holy Water, menjual botol air berbentuk bola sepak dalam memeriahkan gelaran Piala Dunia yang dapat bertindak sebagai filter cahaya yang sempurna. Dalam sebuah video yang dibagikan oleh Fontanka Ru, botol berbentuk bola tersebut terlihat memfokuskan cahaya dengan baik sehingga menyulut sekotak korek api dan membakar lubang di lantai.

Fontaka Ru yang menunjukan botol air yang mampu membakar korek api

"Botol air bertindak seperti lensa yang memfokuskan cahaya yang masuk melalui jendela," Odile Madden, seorang ilmuwan material di Getty Conservation Institute di Los Angeles, mengatakan pada Live Science.

>>> Inilah 3 penyebab utama mesin diesel kurang bertenaga

1. Jangan remehkan botol air di dalam mobil

Seperti dijelaskan pada video di atas, sinar matahari memang tidak langsung mengenai botol air minum, tapi melalui jendela mobil terlebih dahulu. Tapi, hal itu tidak menghalangi sinar matahari membiaskan cahaya yang bisa menghasilkan sinar yang cukup panas untuk membakar jok mobil. Dapat dibayangkan bagaimana keadaan botol air atau panas yang dihasilkan ketika mobil sedang berada di bawah terik matahari saat cuaca panas.

Kepada Live Science, Michael Doutre, seorang ahli kimia di Institut Konservasi Getty yang bekerja dengan Madden dalam Penelitian Penelitian Seni Modern dan Kontemporer GCI, yang mempelajari plastik, di antara bahan-bahan lain. Menjelaskan "Kami menganggap ini sebagai botol air yang murah, tetapi kami secara tidak sengaja menciptakan bentuk yang hampir sempurna untuk lensa."

Gambar yang menunjukan botol air yang ada di dalam mobil

Sering disepelekan, tapi botol air dalam kondisi tertentu bisa membahayakan

Doutre mengatakan bahwa setelah sinar matahari melewati jendela mobil, sinar tersebut menyentuh kursi dengan kekuatan 600 watt per meter persegi energi, jumlah energi yang sama dengan pemanas ruang bertenaga listrik kecil. Masalahnya, sinar tersebut fokus pada titik kecil yang lebih kecil dari 1 milimeter.

Sinar matahari yang terfokus dapat dengan mudah memanaskan material vinil yang menjadi bahan dasar kursi mobil hanya dalam waktu beberapa detik. Inilah yang membuat bagian dalam mobil menjadi mudah tersengat.

>>> Dapatkan beragam tips merawat mobil lainnya hanya ada di sini

2. Kemungkinan terbakar

Tapi untungnya, kedua ilmuwan tersebut merasa bahwa kemungkinan kursi terbakar karena botol air akan sangat kecil. Karena bahan mobil, termasuk kursi mobil yang biasanya terbuat dari bahan tahan api. Bahan plastik pada kursi mobil seperti polyvinyl chloride atau PVC tidak menyebarkan api dengan baik.

Gambar yang menunjukan botol air dalam mobil yang disinari cahaya matahari

Perhatikan sinar matahari yang menembus botol air bening

Untuk membuat botol air yang bisa menyebabkan kebakaran, semua komponen yang dibutuhkan harus ada: botol transparan yang bulat dan halus terisi dengan cairan bening yang ditempatkan pada titik yang tepat dari sumber cahaya dan titik api yang mudah terbakar. Meskipun bisa saja terjadi, tapi persentase kejadian tersebut sangat kecil.

Meskipun begitu, pengetahuan ini membuat kita sadar untuk tidak sembarangan membiarkan botol air di dalam mobil. Terlebih, hindari meninggalkan air minum kemasan dengan botol bening di bagian dasbor mobil, jika tidak ingin jok mobil hangus karena sinar matahari yang dipantulkan.

>>> Dapatkan rangkaian tips dan trik otomotif paling lengkap hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top