Bosan di Rumah Saja? Ini Waktunya Manjakan Mobil Anda!

20/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Bosan di Rumah Saja? Ini Waktunya Manjakan Mobil Anda!
Jika merasa bosan di rumah saja, maka Anda bisa memanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan positif. Misalnya dengan memajakan mobil Anda hingga bersih dan wangi.

Saat aka perintah untuk tetap tinggal di rumah, mungkin awalnya Anda akan bersorak sorai. Karena itu artinya tak perlu repot datang ke kantor tepat waktu dan berjibaku dengan kemacetan sehari-hari. Tetapi ketika sudah 3-4 hari pemberlakuan kebijakan work from home dari kantor Anda, mungkin baru muncul rasa bosan.

Ya, aktifitas Anda di rumah kali ini memang bukan cuti. Bukan pula lantaran hari libur nasional. Karena di rumah saja yang Anda lakukan sekarang benar-benar tidak diperbolehkan beraktifitas di luar kecuali dalam keadaan sangat penting.

Lalu bagaimana jika sudah mulai bosan di rumah saja setiap hari? Mungkin ini saatnya memanjakan mobil Anda.

>>> Mengenal Perbedaan Antara Premium Car Wash dengan Cuci Mobil Biasa

1. Cuci Mobil Sendiri

mencuci mobil di rumah bersama anak

Anda bisa ajak pasangan atau anak biar kegiatan cuci mobil makin seru

Dilansir Cintamobil.com dari laman resmi Toyota Indonesia, ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat libur namun bosan di rumah saja. Antara lain mencuci sendiri mobil Anda. Sembari mengisi waktu luang, kegiatan mencuci mobil ini bisa juga sekalian olah raga lho...

Yang perlu diperhatikan, jangan mencuci mobil di bawah terik matahari langsung, ada baiknya mencuci mobil pada pagi atau sore hari ketika terik matahari tidak terlalu menyengat. Siapkan juga air mengalir yang disambungkan dengan selang yang cukup panjang. Sehingga seluruh bagian mobil bisa disemprot air secara merata.

Kemudian jangan lupa juga shampo khusus mobil, sikat untuk membersihkan ban, sikat gigi bekas, untuk noda membandel dibagian sela-sela mobil, lap kanebo, dan lap microfiber untuk mengeringkan setelah mencuci. Biar aktifitas mencuci mobil tambah seru, Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk membantu.

>>> Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat

2. Membersihkan Interior Mobil

membersihkan dashbaord mobil

Bersihkan interior agar kotoran, bakteri, dan virus hilang

Setelah bagian eksterior benar-benar bersih, kini saatnya menyentuh sektor kabin. Daripada bengong dan bosan di rumah saja, maka bersih-bersih interior mobil juga bisa jadi hal yang baik. Ini demi menjamin kotoran, debu, banteri, atau bahkan virus keluar dari mobil Anda.

Pertama-tama keluarkan dahulu karpet lantai mobil untuk selanjutnya disikat bersih. Kemudian gunakan vacum cleaner untuk menyedot debu dan bakteri di kursi serta bagian sela-sela kabin. Jika ada bagian yang terkena noda, misalnya di plafon, maka gunakan cairan khusus pembersih noda interior mobil.

Setelah benar-benar bersih, semprot kabin mobil Anda dengan pengharum kabin. Agar suasana kabin kembali jadi segar ketika mobil akan kembali digunakan.

>>> Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil

3. Poles Biar Makin Kinclong

poles cat mobil

Kembalikan kilau cat eksterior mobil selama Anda di rumah saja

>>> Ini Cara Merawat Coating Mobil Biar Kinclong Tahan lama

Setelah ekterior dan interior bersih tapi masih ada waktu senggang ketika bosan di rumah saja, maka bisa lanjutkan merawat mobil Anda dengan memoles catnya. Lebih dulu siapkan compound, obat poles (wax), kain microfiber yang kering dan bersih, serta alat poles jika memilikinya.

Langkah pertama Anda bisa gunakan dulu compound. Oleskan sedikit compound ke permukaan cat lalu ratakan dengan lap. Setelah itu lap kembali dengan kain lain yang masih bersih. Selanjutnya baru oleskan wax menggunakan aplicator pad atau laat poles sampai benar-benar rata, kemudian seka dengan lap bersih.

Compound berguna untuk mengangkat kotoran dan menyamarkan baret halus yang masih tertinggal di permukaan cat. Sementara wax akan mengembalikan kilau cat mobil Anda dan melindunginya dari sinar matahari.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

5 Kesalahan Mencuci Mobil yang Membuat Cat Jadi Rusak

24/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ada kesalahan mencuci mobil yang sering dilakukan orang. Padahal tanpa mereka sadari, tindakan itu bukan membuat mobil bersih, tapi malah cat mobilnya jadi rusak.

Lihat juga

Masih Banyak Dipakai, Ternyata Kanebo Berbahaya Untuk Mencuci Mobil

04/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Polusi udara yang masih tinggi di Jakarta membuat debu kerap menempel di permukaan mobil dengan cepat. Sayangnya, tidak semua pemilik punya waktu banyak untuk membersihkannya dengan cara mencuci. Kebanyakan, pemilik mobil mengakali keterbatasan waktu dengan melakukan sapuan pada bodi menggunakan kain chamois atau kanebo. Tapi ternyata, kanebo berbahaya untuk mencuci mobil. Kenapa?

Lihat juga

Ini Bahan Alami untuk Kabin Mobil Anda Agar Tetap Wangi

13/12/2019

Perawatan dan service

3 menit

Menggunakan bahan alami untuk kabin mobil sangat baik untuk kesehatan. Selain kesehatan, cara ini juga direkomendasika agar menyehatkan keuangan Anda.

Lihat juga

Review BMW M3 (E30) 1990

05/05/2019

Editor rate:

Mobil BMW M3 (E30) 1990 yang ada di booth Cintamobil.com selama ajang Indonesia International Motor Show 2019 ini memiliki pendekatan spesial. Karena inilah salah satu contoh mobil konversi BMW 3 Series (E30) dengan setir kanan yang dirombak mengikuti spesifikasi BMW M3 yang powerfull

Lihat juga

Toyota Kijang Innova 2020: Harga mobil Kijang Innova & Promo September

01/09/2020

Toyota

Gelar mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) primadona keluarga Indonesia, tentu akan selalu merujuk kepada Toyota Kijang Innova. Bahkan produk legendaris besutan Toyota ini, sering kali disebut “Mobil sejuta umat”. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena nama Toyota Kijang sendiri sudah menemani masyarakat Indonesia hampir 40 tahun. Apa saja fitur unggulan pada versi terbarunya kini? Berapa harga Toyota Kijang Innova terbaru 2020?

Lihat juga