Bosan di Rumah Saja? Ini Waktunya Manjakan Mobil Anda!

20/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Bosan di Rumah Saja? Ini Waktunya Manjakan Mobil Anda!
Jika merasa bosan di rumah saja, maka Anda bisa memanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan positif. Misalnya dengan memajakan mobil Anda hingga bersih dan wangi.

Saat aka perintah untuk tetap tinggal di rumah, mungkin awalnya Anda akan bersorak sorai. Karena itu artinya tak perlu repot datang ke kantor tepat waktu dan berjibaku dengan kemacetan sehari-hari. Tetapi ketika sudah 3-4 hari pemberlakuan kebijakan work from home dari kantor Anda, mungkin baru muncul rasa bosan.

Ya, aktifitas Anda di rumah kali ini memang bukan cuti. Bukan pula lantaran hari libur nasional. Karena di rumah saja yang Anda lakukan sekarang benar-benar tidak diperbolehkan beraktifitas di luar kecuali dalam keadaan sangat penting.

Lalu bagaimana jika sudah mulai bosan di rumah saja setiap hari? Mungkin ini saatnya memanjakan mobil Anda.

>>> Mengenal Perbedaan Antara Premium Car Wash dengan Cuci Mobil Biasa

1. Cuci Mobil Sendiri

mencuci mobil di rumah bersama anak

Anda bisa ajak pasangan atau anak biar kegiatan cuci mobil makin seru

Dilansir Cintamobil.com dari laman resmi Toyota Indonesia, ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat libur namun bosan di rumah saja. Antara lain mencuci sendiri mobil Anda. Sembari mengisi waktu luang, kegiatan mencuci mobil ini bisa juga sekalian olah raga lho...

Yang perlu diperhatikan, jangan mencuci mobil di bawah terik matahari langsung, ada baiknya mencuci mobil pada pagi atau sore hari ketika terik matahari tidak terlalu menyengat. Siapkan juga air mengalir yang disambungkan dengan selang yang cukup panjang. Sehingga seluruh bagian mobil bisa disemprot air secara merata.

Kemudian jangan lupa juga shampo khusus mobil, sikat untuk membersihkan ban, sikat gigi bekas, untuk noda membandel dibagian sela-sela mobil, lap kanebo, dan lap microfiber untuk mengeringkan setelah mencuci. Biar aktifitas mencuci mobil tambah seru, Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk membantu.

>>> Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat

2. Membersihkan Interior Mobil

membersihkan dashbaord mobil

Bersihkan interior agar kotoran, bakteri, dan virus hilang

Setelah bagian eksterior benar-benar bersih, kini saatnya menyentuh sektor kabin. Daripada bengong dan bosan di rumah saja, maka bersih-bersih interior mobil juga bisa jadi hal yang baik. Ini demi menjamin kotoran, debu, banteri, atau bahkan virus keluar dari mobil Anda.

Pertama-tama keluarkan dahulu karpet lantai mobil untuk selanjutnya disikat bersih. Kemudian gunakan vacum cleaner untuk menyedot debu dan bakteri di kursi serta bagian sela-sela kabin. Jika ada bagian yang terkena noda, misalnya di plafon, maka gunakan cairan khusus pembersih noda interior mobil.

Setelah benar-benar bersih, semprot kabin mobil Anda dengan pengharum kabin. Agar suasana kabin kembali jadi segar ketika mobil akan kembali digunakan.

>>> Ini 10 Langkah Membersihkan Interior Mobil

3. Poles Biar Makin Kinclong

poles cat mobil

Kembalikan kilau cat eksterior mobil selama Anda di rumah saja

>>> Ini Cara Merawat Coating Mobil Biar Kinclong Tahan lama

Setelah ekterior dan interior bersih tapi masih ada waktu senggang ketika bosan di rumah saja, maka bisa lanjutkan merawat mobil Anda dengan memoles catnya. Lebih dulu siapkan compound, obat poles (wax), kain microfiber yang kering dan bersih, serta alat poles jika memilikinya.

Langkah pertama Anda bisa gunakan dulu compound. Oleskan sedikit compound ke permukaan cat lalu ratakan dengan lap. Setelah itu lap kembali dengan kain lain yang masih bersih. Selanjutnya baru oleskan wax menggunakan aplicator pad atau laat poles sampai benar-benar rata, kemudian seka dengan lap bersih.

Compound berguna untuk mengangkat kotoran dan menyamarkan baret halus yang masih tertinggal di permukaan cat. Sementara wax akan mengembalikan kilau cat mobil Anda dan melindunginya dari sinar matahari.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top