Bodi Mobil Miring? Cek Bagian Ini

09/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pernahkan Anda perhatikan saat parkir, bodi mobil miring ke salah satu sisi. Hal ini merupakan efek dari adanya kerusakan pada sistem suspensi mobil Anda. Lalu apakah yang menyebabkan bodi mobil jadi miring?

Setiap kendaraan dibuat dengan perhitungan tepat dan presisi. Sehingga antara bagian depan maupun belakang, sisi kiri dan kanan harus seimbang. Namun seiring pemakaian yang dilakukan, bisa saja dikemudian hari timbul masalah bodi mobil miring.

>>> Waduh, Tiba-tiba Mobil Goyang di Jalan

Bodi mobil memang bisa saja terlihat miring ke satu bagian sisinya. Selain kurang baik jika diliat secara estetika, gejala bodi miring bisa menjadi pertanda ada masalah pada komponen mobil.

1. Penyebabnya

banyak mobil sedang berkendara di jalan rusak

Sering melintas di jalan rusak bisa jadi penyebab bodi miring

Bodi mobil miring bisa dikarenakan oleh beberapa sebab. Antara lain Anda sering melintasi jalan berlubang hanya pada satu bagian sisi mobil. Hal ini menyebabkan ada salah satu komponen pada bagian suspensi mobil yang rusak.

>>> Ada banyak promo mobil baru menarik disini

Penyebab lainnya adalah Anda sering kali membawa beban berlebih, cuma pada satu sisi mobil. Misalnya Anda sering membawa barang pada mobil, dan selalu diletakkan pada sisi tertentu pada bagian mobil tersebut. Atau bisa juga Anda memiliki berat badan yang terlalu berat dan sering nyetir mobil sendirian. Ini tentu akan membuat bodi mobil Anda miring.

2. Cek Bagian Ini

Suspensi mobil

Bagian suspensi yang rusak penyebab bodi miring

>>> Temukan mobil bekas berkualitas disini

Guna mengecek apakah bodi mobil Anda miring atau tidak, cobalah untuk parkir di tempat yang rata. Lalu coba perhatikan kondisi bagian kiri dan kanan mobil serta bagian depan dan belakang. Ukur tinggi jarak bodi mobil ke aspal (ground clearence) pada bagian depan dan belakang, kiri serta kanan. Pastikan semuanya punya jarak yang sama, jika tidak, berarti ini menunjukkan bodi mobil miring.

Penyebabnya adalah komponen bushing dan karet-karet pada bagian suspensi sudah rusak atau robek. Misalnya karet mounting sambungan bodi dan sasis, atau karet penyangga sokbreker. Bisa juga kondisi sokbreker itu sendiri yang sudah rusak, antara lain olinya bocor atau gasnya habis. Coba juga cek ball joint, stabilizer dan per mobil Anda. Seiring pemakaian, bisa saja komponen ini habis masa pakainya dan membuat bodi mobil miring.

>>> Tips & trik menarik lainnya klik disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top