Bisa Kok Bongkar Pasang Aki Mobil Sendiri, Ini Caranya Yang Tepat dan Aman

23/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Bisa Kok Bongkar Pasang Aki Mobil Sendiri, Ini Caranya Yang Tepat dan Aman
Suatu saat aki mobil juga harus dibongkar dan diganti dengan yang baru. Anda bisa kok melakukannya sendiri. Yang penting Anda tahu caranya yang tepat dan aman.

Bagi kendaraan bermotor roda empat, aki adalah bagian terpenting dan tak boleh dipisahkan. Perangkat ini menjadi tempat penyimpanan arus listrik dan membagikannya ke berbagai komponen yang membutuhkan, seperti starter, lampu-lampu, hingga beragam fitur elektrik pada kendaraan.

Foto menunjukkan lampu mobil menyala

Perlampuan mobil membutuhkan arus listrik

Suatu ketika karena dipakai terus menerus aki juga mengalami penurunan kinerja. Cirinya aki kehilangan fungsinya secara optimal dalam menghirupkan perangkat elektrik seperti mesin sulit disarter, lampu-lampu tak lagi terang, dan sebagainya.

Satu-satunya cara agar berfungsi kembali adalah membongkar dan mengganti dengan yang baru. Bawa mobil ke bengkel dan minta penggantian aki baru. Anda tinggal duduk manis dan melakukan pembayaran, maka semuanya beres tertangani. Bagaimana jika tak ingin ke bengkel, bisakah penggantian dilakukan sendiri?

Menurut Techincal Advisor Quality Assurance PT Astra Otoparts, bongkar pasang aki mobil sebenarnya mudah dan bisa dilakukan sendiri dimana saja. Yang penting Anda tahu cara melakukannya dengan tepat dan aman sesuai urutan.

>>> Ini Bahayanya Kalau Ganti Aki Tidak Sesuai Spesifikasi

Foto menunjukkan proses mengganti aki mobil

Mengganti aki mobil bisa dilakukan sendiri

Melepas dan Memasang

Meski sudah maklum kalau aki punya kutub negatif dan positif, cara melepas dan memasang kedua kutub tersebut harus berurutan.

Untuk melepasnya, kutub negatif (-) dilepas lebih dulu, setelah itu baru kutub positif (+). Sedangkan untuk memasang dilakukan cara sebaliknya, kutub positif (+) dipasang lebih dulu, setelah itu baru kutub negatif (-).

Tujuan urutan di atas adalah untuk keamanan, baik dari kesetrum bodi mobil maupun dari korsleting. "Bisa dilakukan sendiri selama urutannya benar. Paling penting saat melepas kabelnya, pastikan kabel negatif (-) yang dilepas lebih dulu, baru setelah itu kutub positif (+), jangan sampai terbalik," kata Sahrudin seperti dikutip dari Kompas, (21/2/2020).

"Agar aman tak terjadi kontak listrik dimulai dengan negatif lebih dulu saat akan melepas. Sementara kalau saat akan memasang prosesnya dibalik, kencangkan positifnya baru setelah itu negatif," jelasnya.

>>> First Drive: Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik Paling Terjangkau di Indonesia

Foto menunjukkan proses mengganti aki mobil

Mengganti aki mobil bisa dilakukan sendiri

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top