Bisa Dilakukan di Rumah, Bagaimana Cara Poles Manual Tanpa Bantuan Mesin?

Share this post:
Bisa Dilakukan di Rumah, Bagaimana Cara Poles Manual Tanpa Bantuan Mesin?
Selain dengan bantuan tenaga ahli salon mobil dan mesin, Anda juga bisa melakukan poles mobil sendiri di rumah. Nah, seperti apa langkah-langkahnya?

Agar mobil terlihat mengilap dan kece, tentu butuh lebih dari sekadar mencuci mobil secara rutin. Anda harus melakukan beberapa perawatan lainnya, salah satunya adalah memoles (waxing) mobil.

Untuk hal ini, biasanya kita mempercayai salon mobil yang memiliki tenaga ahli dan mesin poles yang memadai, dan dapat memberi hasil poles maksimal. Namun, kita juga bisa melakukan poles mobil di rumah, dan tanpa mesin poles.

>>> Sebelum memoles mobil Anda, simak teknik dasarnya di sini

Apa saja hal yang dibutuhkan, dan seperti apa langkah-langkahnya agar hasil poles mobil tetap maksimal meski tanpa mesin poles?

Peralatan poles mobil

Anda harus menyiapkan berbagai alat dan cairan agar hasil poles maksimal

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan alat yang dibutuhkan seperti soft buff pad, lap microfiber, serta cairan compound, polish, dan wax. Anda dapat memulainya dengan mencuci seluruh bagian eksterior mobil, lalu keringkan dengan lap microfiber.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Saat melakukan poles, usahakan untuk melakukan di tempat yang terhindar dari paparan debu dan sinar matahari. Selain itu, pastikan juga seluruh bagian bodi mobil dalam kondisi suhu yang ideal. Jika mobil baru dinyalakan dan kap mesin masih panas, baiknya ditunggu dulu sampai kap mesin dingin.

Setelah itu, Anda bisa masuk ke tahap pemolesan pertama dengan menggunakan compound. Siapkan soft buff pad, lalu teteskan cairan compound sebanyak 1-3 titik untuk diaplikasikan ke satu bagian panel.

Cara memoles mobil dengan tangan

Idealnya, Anda melakukan pemolesan tiap panel body mobil

Usapkan soft buff pad per panel body secara merata, misalnya tiap 40x40cm atau 60x60cm, setelah itu teteskan kembali compound dan pindah ke bagian berikutnya. Cairan compound berguna untuk menghaluskan, menutup baret halus, serta mencerahkan permukaan cat yang kusam.

Setelah mengaplikasikan compound di panel, tunggu kurang lebih 5 menit sebelum dibersikan sisa-sisa residunya dengan lap microfiber. Selanjutnya, Anda bisa masuk ke dalam tahap pemolesan kedua yakni dengan cairan polish.

>>> Baca tips perawatan mobil lainnya di sini

Bisa dibilang, cairan polish adalah kunci dari proses pengerjaan poles karena dapat mengilapkan warna cat. Pengaplikasian cairan polish biasanya lebih sedikit ketimbang compound, cukup satu tetes untuk tiap panel bodi mobil.

Cara poles mobil dengan tangan

Terakhir, bersihkan sisa-sisa wax di body mobil dengan lap microfiber bersih

Untuk melindungi bodi mobil yang telah dibersihkan dan dipoles, aplikasikan wax juga pada panel bodi mobil. Oleskan wax secukupnya pada soft buff pad, kemudian terapkan cara yang sama seperti sebelumnya ke seluruh bodi mobil. Setelah selesai waxing, lap seluruh bagian bodi mobil dengan lap microfiber bersih untuk mengangkat sisa-sisa wax.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda bisa melakukan poles mobil manual dengan hasil tak kalah bersihnya dibanding menggunakan mesin poles. Untuk tips & trik otomotif lainnya, bisa Anda baca pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

Agar Selalu Kinclong, Bagaimana Cara Mencuci Ruang Mesin Dengan Aman?

09/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kebersihan mobil sebenarnya tidak melulu soal eksterior dan interior, ruang mesin juga tak kalah pentingnya. Namun, Anda tidak bisa asal saat membersihkan mesin agar mobil tidak bermasalah.

Lihat juga

Masih Banyak Dipakai, Ternyata Kanebo Berbahaya Untuk Mencuci Mobil

04/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Polusi udara yang masih tinggi di Jakarta membuat debu kerap menempel di permukaan mobil dengan cepat. Sayangnya, tidak semua pemilik punya waktu banyak untuk membersihkannya dengan cara mencuci. Kebanyakan, pemilik mobil mengakali keterbatasan waktu dengan melakukan sapuan pada bodi menggunakan kain chamois atau kanebo. Tapi ternyata, kanebo berbahaya untuk mencuci mobil. Kenapa?

Lihat juga

Mengenal Perbedaan Antara Premium Car Wash dengan Cuci Mobil Biasa

19/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Layanan Premium Car Wash biasanya disediakan oleh workshop car detailing. Layanan ini tentunya menggunakan alat dan proses yang lebih premium dibandingkan cuci mobil biasa.

Lihat juga

Hindari Cat Rusak, Berikut Material Kain Pencuci Mobil Yang Aman Digunakan

Memiliki mobil yang bersih dan kinclong adalah salah satu kebanggan tersendiri bagi pemiliknya. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah kain yang digunakan saat mencuci mobil, material kain pencuci mobil apa saja yang aman digunakan?

Lihat juga

Sering Terlewat, Ini Pentingnya Mencuci Kolong Mobil

Mencuci kolong mobil sama pentingnya dengan bagian lain seperti eksterior, mesin, maupun interior. Karena kolong mobil adalah bagian yang pertama kali terkena kotoran dari jalan, namun disatu sisi ada komponen vital pada bagian ini yang bisa mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Lihat juga