Bikin Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Lebih Kencang, Cukup Pasang Ini

20/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Bagi Anda yang masih merasa kurang dengan performa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bermesin turbo, bisa pertimbangkan memasang alat pengatur boost rumah keong.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky masing-masing dibekali dengan opsi mesin naturally aspirated 1.200 cc dan mesin turbocharged 1.000 cc. Bagi sebagian pemilik, tentu performa kedua mobil tersebut sudah terasa cukup.

Wajar saja, mesin 1KR-VET 3-silinder DOHC dengan turbocharger dan teknologi VVT-i pada Raize dan Rocky turbo menghasilkan tenaga 98 HP dengan torsi 140 Nm di puncaknya.

Gambar Mesin 1KR-VET

Mesin 1KR-VET cukup bertenaga untuk membawa bodi kompak Raize-Rocky

Namun, bagi para penyuka kecepatan mungkin tidak ada tenaga bawaan pabrik yang cukup untuk memuaskan hasrat mereka. Untuk itu, ada opsi modifikasi ringan demi meningkatkan output mesin tersebut.

>>> Baru Diluncurkan, Toyota Raize Hybrid dan Facelift Makin Santer Muncul

Cukup Pasang 1 Komponen

Modifikasi ringan yang kami maksud adalah dengan 1 komponen aftermarket, yaitu boost controller. Untuk modifikasi ini, sayangnya terbatas untuk Toyota Raize dan Daihatsu Rocky bermesin turbo.

Boost controller berfungsi untuk mengatur boost dari turbocharger yang tersemat pada mesin mobil. Komponen tersebut bekerja dengan mengatur tekanan pada manifold dengan mengubah tekanan yang menuju wastegate.

Sebagai ilustrasi, jika Anda ingin meningkatkan tekanan boost di atas tekanan aktuator wastegate standar bawaan mobil (biasanya di bawah 1 bar pada mobil standar), boost controller memodifikasi sinyal tekanan yang diterima aktuator wastegate dengan mengeluarkan tekanan yang dapat disesuaikan, memaksa turbo menghasilkan boost baru.

Gambar HKS Power Editor

HKS Power Editor

Salah satu boost controller yang diproduksi oleh pabrikan aftermarket adalah HKS Power Editor. Tentu, nama HKS sudah tidak asing bagi Anda yang kerap melakukan modifikasi terhadap performa mobil.

>>> Melihat Perbandingan Biaya Perawatan Toyota Raize dan Toyota Rush

Peningkatan Tenaga Instan

Boost Controller lansiran HKS ini dibanderol di kisaran Rp 6 jutaan. Power Editor dipasang di antara sensor tekanan dan harness, dan dapat dihubungkan dengan komputer melalui koneksi USB ke harness-nya.

Setelah terpasang, Anda cukup melakukan pengaturan melalui aplikasi dari HKS untuk meningkatkan boost turbo Toyota Raize atau Daihatsu Rocky sesuai dengan keinginan Anda. Tak perlu khawatir akan boost yang terlalu besar, HKS sudah mengatur boost controller ini di rentang angka yang aman bagi mesin standar.

Gambar HKS Power Editor

Dengan alat sekecil ini, Toyota Raize atau Daihatsu Rocky bisa mengalami peningkatan mendekati 10 HP dengan instan

Dengan memasang Power Editor, tenaga mesin 1KR-VET 1.000 cc turbo Raize-Rocky bisa meningkat hingga 9,4 HP dengan torsi yang meningkat hingga 17,7 Nm. Artinya, tenaga kedua mobil tersebut menjadi 107,4 HP dengan torsi 157,7 Nm.

Jika Anda hendak menjual mobilnya di kemudian hari, pemilik juga bisa mengembalikan mobil ke kondisi semula dengan menggunakan return connector yang sudah termasuk di HKS Power Editor.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top