Biaya Perbaikan Kaki-kaki di Bengkel Spesialis Tak Sampai Rp 5 Juta

01/11/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kali ini kami akan membahas biaya perbaikan kaki-kaki di salah satu bengkel spesialis bagi Anda yang enggan ke bengkel resmi karena takut akan biaya yang besar.

Kerusakan komponen mobil tentu menjadi momok bagi sebagian pemilik mobil. Apalagi, jika kerusakan tersebut terjadi saat Anda belum sempat menyiapkan dana untuk melakukan perbaikan.

Kami pun menyambangi bengkel Sinar Mas Akhiong yang berlokasi di Jalan K. H. Noer Ali No. 1E, Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat. Apakah benar perbaikan kaki-kaki bisa menguras kantung? Atau sebenarnya itu hanya ketakutan dari para pemilik mobil yang belum berpengalaman untuk melakukannya?

Tak Sampai Rp 5 Juta

Saat kami berbincang dengan Akhiong, sang pemilik bengkel, iya menyebutkan bahwa perbaikan kaki-kaki di bengkel resmi memang bisa menguras biaya yang besar. Ia menyebut untuk mobil Jepang, dana yang harus disiapkan oleh pemilik jika ingin melakukan peremajaan total bisa mencapai Rp 10 juta ke atas.

>>> Bengkel Kaki-kaki Rekomendasi Cintamobil.com: Sinar Mas Akhiong

Gambar Sinar Mas Akhiong

Bengkel yang terletak di timur kota Jakarta ini sudah eksis selama lebih dari 20 tahun

"Memang kalau di bengkel resmi biayanya bisa sampai Rp 10 juta. Tetapi kalau di bengkel spesialis, bisa menggunakan spare part aftermarket yang lebih murah dari genuine parts sehingga biaya keseluruhannya lebih terjangkau," ungkap Akhiong.

Tim Cintamobil.com sendiri pernah melakukan survey biaya servis kaki-kaki Suzuki Swift tahun 2014 di bengkel resmi. Setelah dicek oleh teknisi, ternyata biaya yang harus dikeluarkan mencapai lebih dari Rp 20 juta.

Akhiong menyebut bahwa untuk mobil Jepang, perbaikan kaki-kaki di bengkelnya hanya berkisar di angka Rp 4,5 hingga 6 juta, tergantung pada jenis mobilnya.

Gambar Akhiong

Spare parts yang ditawarkan Akhiong cukup beragam, sehingga biaya perbaikan bisa menyesuaikan budget para konsumen

"Kalau untuk mobil MPV seperti Toyota Avanza paling cuma Rp 4,5 juta. Itu sudah termasuk shockbreaker, bushing, link, dan arm," ujar pria yang sudah menggeluti dunia kaki-kaki lebih dari 20 tahun itu.

Tentu, komponen yang digunakan bukan genuine parts, tetapi Akhiong berani meyakini bahwa parts tersebut sudah cukup mumpuni. Ia bahkan berani untuk memberikan garansi kepada para konsumennya.

>>> Perhatikan Kondisi Kaki-kaki Saat Beli Toyota Avanza Bekas

Pengerjaan Cukup 2 jam

Selain biaya yang terjangkau, perbaikan di bengkel milik Akhiong juga tergolong cukup cepat. Jika kondisi bengkel sedang sepi, ia dan mekaniknya bahkan hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk melakukan peremajaan komponen kaki-kaki.

Dan seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Akhiong akan memberi garansi 6 bulan terhadap komponen yang ia ganti. Bahkan, khusus untuk bushing yang ia cetak sendiri, Akhiong berani memberi garansi hingga seumur hidup.

Gambar Sinar Mas Akhiong

Bengkel ini buka dari Senin - Sabtu pukul 07.00 hingga 17.00 WIB

Anda tak perlu ragu lagi untuk melakukan perbaikan kaki-kaki mobil, kenyataannya biaya yang harus dikeluarkan di bengkel spesialis ternyata memang jauh lebih bersahabat ketimbang di bengkel resmi.

Oh iya, Sinar Mas Akhiong juga melayani penggantian komponen yang berkaitan dengan pengemudian lain seperti rack steer dan komponen rem lho.

>>> Tertarik Untuk Membeli Mobil Bekas? Cari Mobil Impian Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top