Biar Selalu Terawat, Seberapa Sering Harus ke Salon Mobil?

12/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Dalam merawat mobil, mencuci sendiri saja di rumah ternyata tidak cukup. Anda harus sesekali melakukan perawatan lanjutan ke mobil Anda dengan mendatangi salon mobil.

Agar kendaraan selalu terlihat bersih, tentu Anda harus rajin dalam melakukan perawatan baik bagian eksterior maupun interior. Namun ternyata mencuci mobil sendiri aja tidak cukup. Perlu ada perawatan khusus untuk kendaraan kesayangan Anda.

>>> Perhatikan Hal Ini Saat Cuci Mobil Dengan Teknologi Robotic

Selain dicuci, mobil sebaiknya juga dilakukan perawatan ke salon mobil. Pada tempat yang biasa juga disebut car detailing itu, mobil akan dibersihkan lebih detil hingga kesemua sela-sela bagian.

1. Jadwal ke Salon Mobil

mobil sedang di bersihkan di salon

Perawatan ke salon mobil bisa lebih sering saat musim hujan

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Lalu sebenarnya seberapa sering kita harus melakukan perawatan ke salon mobil? Ternyata yang baik adalah 2-3 bulan sekali para pemilik mobil membawa kendaraannya ke car detailing. Perawatan lanjutan pada mobil ini bisa dilakukan lebih sering jika datang musim hujan atau mobil sering melintasi jalan berlumpur.

Karena jika hanya dengan mencuci mobil sendiri, maka akan masih ada kotoran yang menempel pada bagian kendaraan. Terutama pada sela-sela kecil yang sulit dijangkau. Apalagi jika mobil dicuci dengan sembarang, maka bukannya bersih, permukaan cat malah timbul goresan halus.

2. Bagian yang Harus Dibersihkan

membersihkan ruang mesin mobil

Ruang mesin juga harus bersih

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Ketika hendak melakukan perawatan lebih lanjut ke salon mobil, sebaiknya Anda membersihkan seluruh bagian dari kendaraan tersebut. Seperti membersihkan ruang mesin dari sisa-sisa kotoran atau debu dari jalan dan kerak mesin. Selain itu juga membersihkan kaca dan jendela untuk menghindari munculnya jamur.

Selain tentu saja membersihkan seluruh bagian eksterior, jangan lupa saat ke salon mobil juga minta untuk membersihkan bagian interior. Karena banyak kotoran, debu, atau sisa makanan yang mungkin saja bersembunyi di sela-sela ruang kabin. Dengan perawatan insentif di salon mobil, maka kendaraan Anda akan bersih terawat.

>>> Tips & trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top