Biar Kaum Hawa Nggak Bingung saat Mobil Mogok, Cek 5 Hal Ini!

02/03/2021

Perawatan dan service

4 menit

Mobil mogok di jalan memang amat merepotkan. apalagi untuk kaum hawa. Nah supaya nggak bingung, Anda bisa mengecek 5 hal ini saat mengalami mobil mogok.

Mobil mogok memang amat merepotkan. Apalagi ketika Anda tengah dalam situasi yang terburu-buru. Bagi kaum wanita, mengalami mobil mogok bisa jadi satu hal yang membingungkan. Tak banyak kaum hawa yang mengerti seluk beluk mobil. 

Untuk itu, sebagai kaum wanita ada baiknya untuk mengetahui bagian mobil mana yang perlu dicek ketika mogok. Berikut Cintamobil kutip dari laman Daihatsu lima hal yang perlu dicek saat mobil mogok. 

>>> Wajib Diketahui Wanita, Cara Menyalip Mobil yang Benar di Jalan

1. Kopling

Kopling Mobil Terasa Berat? Mungkin ini Penyebabnya

Kopling aus bisa menjadi penyebab mobil mogok

Kopling yang aus bisa menjadi salah satu penyebab mobil Anda mogok. Kopling aus ditandai dengan gejala mesin kendaraan yang ngos-ngosan, tak mampu berjalan cepat, dan kehabisan tenaga di tanjakan. Biasanya juga disertai dengan bau tidak sedap dari dalam atau bawah mobil. Bisa jadi itu pertanda bahwa kopling hangus dan perlu perawatan darurat secepatnya.

2. Lampu Indikator Oli 

Setelah temperatur mobil dingin saat mogok, segeralah cek indikator oli Anda. Ini lantaran ada kemungkinan mogok yang terjadi karena oli mesin yang kurang. Caranya, Anda bisa membuka kap mesin bagian depan dan lepaskan batang oli mesin. Periksa apakah oli memang sudah terlalu kering dan perlu tambahan atau tidak.

Lampu Indikator Menyala Terus Artinya Ada yang Tak Beres dengan Mobil

Cek juga lampu indikator pada mobil

>>> 5 Perawatan Mobil yang Wajib Diketahui Wanita

3. Switch Starter

Meski kerap disepelekan, sebenarnya bagian yang satu ini juga punya peran penting lho pada kinerja mobil. Coba periksa, apakah Switch Starter masih berfungsi dengan baik? Kemungkinan terjadinya kerusakan pada alat ini memang besar. Wajar, switch starter paling sering dipakai saat hendak menyalakan atau mematikan mesin kendaraan. 

4. Air Radiator

Tidak Bocor Tapi Air Radiator Selalu Kurang, Kenapa?

Air radiator juga perlu dicek ketika mobil mengalami mogok

Air radiator yang kurang atau habis dapat menyebabkan mobil overheat. Overheat bisa terjadi karena air dalam radiator kurang atau justru sudah habis lantaran lupa mengisi hingga mengalami kebocoran. Kalau sudah begitu Anda perlu memeriksa selang radiator  dan sistem pendingin lain pada bagian mesin. Biar lebih aman, penting untuk melakukan pergantian selang secara berkala. 

5. Sekring Mobil

Saat mobil mogok, Anda bisa mengecek  sekring box pada bagian bawah kap mesin dan kemudi secara menyeluruh. Pastikan semua masih berfungsi tanpa ada yang putus atau meleleh. Jika ada yang rusak, lebih baik segera ganti supaya masalah dapat segera teratasi. 

Kerusakan mobil bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Untuk itu, selalu lengkapi kendaraan dengan keperluan yang memadai, seperti dongkrak, ban serep, lampu senter, tambang, sekring, minyak rem, oli mesin cadangan, dan lain-lain. Serta yang terpenting adalah segitiga pengaman untuk memberitahukan pengendara lain bahwa ada mobil berhenti di depannya.

Jangan lupa juga untuk melakukan servis kendaraan secara rutin dalam periode tertentu. Ini bisa menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. 

>>> 4 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Mobil yang Cocok untuk Wanita

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top