Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanik Sebelum Terlambat

Share this post:
Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanik Sebelum Terlambat
Berada di negara dengan aktivitas gunung berapi tertinggi di dunia, debu vulkanik menjadi problematika yang patut diperhitungkan. Bersihkan mobil dari debu vulkanik sebelum merusak komponen kendaraan.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia. Karena itu, bagi Anda yang tinggal di dekat gunung berapi, bersihkan mobil dari debu vulkanik akan membantu kendaraan Anda bertahan lebih lama. Meskipun tidak mempengaruhi secara signifikan, tapi debu vulkanik yang menempel akan susah untuk dibersihkan.

1. Bahaya debu vulkanik

Seperti halnya yang dialami oleh pengendara mobil yang sedang berada di Bali, dimana aktivitas Gunung Agung sedang mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir. Paparan debu vulkanik bertebaran di udara dan menutupi gedung-gedung serta kendaraan yang berada di radius penyebarannya.

Gambar yang menunjukan debu vulkanik yang bterterbaran ketika Gunung Agung meletus

Aktivitas Gunung Agung yan meningkat menyemburkan debu vulkanik

Bagi Anda yang mengalami hal ini, jangan pernah menyepelekan debu vulkanik yang menutupi kendaraan. Mobil yang terpapar debu vulkanik seringkali mengalami masalah ketika akan dibersihkan, apalagi debu sudah dibiarkan selama beberapa hari.

>>> Dapatkan beragam tips perawatan mobil selengkapnya hanya di Cintamobil

Inilah yang dijelaskan oleh Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, kepada media di Jakarta, beberapa hari lalu. Debu vulkanik yang sudah menempel pada kendaraan selama lebih dari dua hari akan sulit untuk dihilangkan.

"Debu vulkanik akan menempel pada obyek dan susah untuk dibersihkan kalau lebih dari dua hari. Pastikan sebelum mengemudi seluruh kaca dalam kondisi clear untuk kepentingan visibilitas. Juga mika-mika lampunya sehingga lampu dapat jelas menyala dan mampu berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya," jelas Sony.

Gambar yang menunjukan kendaraan yang sedang ditutupi oleh debu vulkanik

Debu vulkanik akan memperburuk kondisi kendaraan

>>> Begini cara mencuci mobil hanya dengan sedikit air

Tak hanya berpengaruh terhadap kebersihan mobil, debu vulkanik juga membahayakan kesehatan. Lebih lanjut, Sony menyarankan, "Untuk kesehatan, tutup seluruh jendela saat berkemudi serta persiapkan masker ketika harus turun dan keluar dari kendaraan."

2. Membersihkan mobil dari debu vulkanik

Debu dari erupsi gunung berapi juga sangat berbahaya untuk kendaraan. Karena itu, membersihkan debu dari kendaraan sesegera mungkin menggunakan air bersih dan lap perlu dilakukan. Yang paling penting, perhatian sisi-sisi dan bagian-bagian penting pada mobil.

>>> Ingin kendaraan yang tahan di segala medan? Dapatkan informasinya di sini

Iwan Abdurahman yang pernah menjabar sebagai General Service Manager Toyota Astra Motor pernah menjelaskan, "Debu tersebut [yang berasal dari erupsi gunung berapi] bentuknya tajam. Disarankan segera lakukan pembersihan mobil secara menyeluruh dengan disemprot air bersih dan dilap. Karena, apabila dibiarkan kendaraan akan ada karat,"

Gambar yang menunjukan mobil berwarna putih yang sedang dibersihkan dengan penyemprotan

Bersihkan debu vulkanik dengan menyemprotkan air kepada kendaraan

Efek karat bisa langsung terlihat pada mobil yang terpapar debu vulkanik hanya dalam beberapa hari. Tapi jangan salah, membersihkan eksterior mobil dari debu vulkanik juga tidak boleh sembarangan. Struktur debu yang tajam bisa menggores bodi dan cat mobil.

Bersihkan mobil dari debu vulkanik dengan cara menyiram mobil terlebih dahulu dengan air dari atas ke bawah untuk membersihkan debu yang melekat. Biarkan air mengalir membawa butiran-butiran debu. Setelah dirasa bersih, Anda bisa mengelap mobil menggunakan sabun dengan pH yang pas.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top