Bersihkan Interior! Komponen Paling Kotor Mobil Ini Empat Kali Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Share this post:
Bersihkan Interior! Komponen Paling Kotor Mobil Ini Empat Kali Lebih Kotor dari Dudukan Toilet
Sebuah penelitian mengungkapkan bagaimana sebagian besar pemilik mobil malas membersihkan interior mobil mereka. Bahkan, setir mobil menjadi komponen paling kotor mobil, bahkan hingga empat kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh CarRentals.com melakukan survey dari 1.000 pengemudi di Amerika Serikat tentang seberapa sering pemilik mobil membersihkan interior mobil mereka. Dan dengan 32% dari pemilik mobil jarang membersihkan mobil, penelitian lain menunjukan setir menjadi komponen paling kotor mobil yang bisa Anda temui.

pengemudi yang sedang memegang setir berwarna hitam

Bakteri di setir bisa mengalahkan dudukan toilet

32% bukanlah angka yang sedikit. Dengan 1.000 orang, berarti 320 orang jarang membersihkan interior mobil. Beberapa di antaranya hanya membersihkan mobil mereka setahun sekali. Bahkan, layanan penyewaan mobil Expedia Group membocorkan angka menarik tentang kebersihan interior mobil yang membuat Anda harus membersihkan interior mobil Anda saat ini juga.

>>> Evolusi Setir Dari Masa ke Masa, Seperti Apa Wujud Setir Masa Depan?

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika, interior mobil adalah salah satu tempat paling kotor di Bumi, yang bahkan bisa lebih kotor daripada dudukan toilet. Secara khusus, roda kemudi empat kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Sedikit mencengangkan, pasalnya kemudi merupakan bagian dari mobil yang selalu kita pegang.

penggambaran beberapa rata-rata jumlah bakteri yang ada di mobil

Jumlah rata-rata bakteri yang terdapat pada mobil

Penelitian ini mengukur kekotoran bagian interior mobil melalui jumlah rata-rata bakter per sentimeter persegi, atau unit pembentuk koloni atau CFU (colony-forming unit). Pada setir ditemukan 629 CFU. Jika dibanding, pada layar ponsel rata-rata Anda akan menemukan 100 CFU, sedangkan tombol lift publik pada kisaran 313 CFU. Dudukan toilet? Hanya ada 172 CFU.

>>> Teknik perawatan kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Secara keseluruhan, jelas penelitian tersebut, permukaan interior mobil rata-rata memiliki 200 bakteri oper inci. Peringkat di bawah kemudi adalah cup holder (506 CFU) serta sabuk pengaman (403 CFU). Mobil akan menjadi ladang bakteri setelah Anda pulang dari perjalanan panjang. Maka dari itu, pastikan untuk membersihkan mobil sehari setelahnya.

Yang bahkan meresahkan adalah dua bakteri paling umum yang ditemukan di dalam mobil. Menurut penelitian, salah satunya adalah bakteri Staphylococcus, yang merupakan penyebab banyak penyakit seperti keracunan makanan, infeksi kulit, dan MRSA. Yang lainnya yaitu Propionibacterium yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi. Tidak hanya itu, ada sekitar 700 bakteri yang umumnya hidup di dalam kendaraan.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi tinggi? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

ilustrasi bakteri yang ada di interior mobil

Bersihkan interior secara teratur untuk mengurangi bakteri di dalam mobil

Apa yang menyebabkan banyaknya bakteri di dalam mobil? Salah satunya adalah gaya makan. Gaya hidup yang super cepat seringkali mengakibatkan sebagian besar penumpang makan di dalam mobil. Jika Anda sering melakukan hal tersebut, jangan lupa untuk selalu membersihkan interior mobil lebih sering. Setidaknya melap komponen paling kotor mobil, yaitu setir.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Tak Banyak yang Tahu, Kapan Sih Waktu Mencuci Interior Mobil Yang Tepat?

Mencuci bodi mobil memang sudah biasa, tapi mencuci interior mobil terkadang masih banyak yang belum tahu. Dengan kegiatan yang semakin banyak, kapan waktu mencuci interior mobil yang pas?

Lihat juga

Life Hack: Menjaga Kebersihan Interior Mobil Selama Perjalanan Jauh

Setelah perjalanan mudik dan bercengkrama bersama keluarga, saatnya kembali ke realitas di waktu Lebaran berakhir. Bagi Anda yang ingin melakukan arus balik, menjaga kebersihan interior mobil selama perjalanan jauh sangat penting untuk diperhatikan.

Lihat juga

Beda Bahan Beda Cara Membersihkan Kemudi Mobil, Intip Caranya Yuk!

Setir atau kemudi mobil sepertinya kurang mendapatkan perhatian yang layak, bahkan terkadang pengemudi jarang membersihkan kemudi mobil. Padahal, kemudi merupakan komponen yang paling sering digunakan dalam mobil.

Lihat juga

Jangan Malas Membersihkan, Ini 3 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Meskipun sudah dijaga dan dirawat dengan baik, ternyata cat mobil seringkali menjadi kusam dan kehilangan sinarnya. Mungkin, 3 penyebab mobil cepat kusam ini dialami oleh mobil Anda.

Lihat juga

Kenapa Setir Kembali ke Tengah Secara Otomatis Setelah Berbelok?

06/01/2019

Perawatan dan service

3 menit

Beberapa sistem pada mobil terkadang langsung ditanamkan tanpa banyak yang tahu bagaimana cara kerjanya. Salah satunya ketika mobil berbelok, maka setir kembali ke tengah secara otomatis. Mengapa bisa begitu?

Lihat juga