Berkembang Sesuai Teknologi Terkini, Ini Evolusi Panel Instrumen Mobil

Share this post:
Berkembang Sesuai Teknologi Terkini, Ini Evolusi Panel Instrumen Mobil
Perkembangan teknologi digital rupanya ikut merambah dunia otomotif. Paling nyata, dapat dilihat pada evolusi panel instrument cluster pada mobil.

Evolusi panel instrumen bisa dibilang berkembang sesuai teknologi kendaraan. Dulu, informasi disajikan praktis hanya seputar penunjuk kecepatan dengan satuan km/h atau mp/h, putaran mesin, jumlah bensin tersisa dan temperatur mesin. Plus odometer dan tripmeter. Bentuknya pun analog dan memiliki ciri khas seperti jam dinding nan klasik.

Tetapi seiring semakin banyaknya informasi bisa disajikan mobil, panel instrumen konvensional pun dirasa tidak cukup. Memasuki milenium baru, komputer mobil atau ECU sudah mulai bisa menyajikan informasi seputar konsumsi bbm rata-rata.

Gambar yang menunjukan panel instrumen pada Volvo

Panel trip komputer milik Volvo (foto: Volvo)

Pada mobil keluaran Eropa, malah dalam format trip computer lengkap. Konsumsi bbm, kecepatan rata-rata, waktu tempuh dan lain-lain. Produsen mulai menempatkan layar kecil di atara panel instrumen analog konvensional. Dimana informasi ditampilkan layar bisa diatur melalui tombol pada roda kemudi.

Memasuki pertengahan dekade kedua abad ke-21, muncul tren baru di kalangan produsen. Hilang sudah panel instrumen seperti kita kenal, mulai digantikan layar tunggal layaknya smartphone. Informasi yang disajikan pun sangat beragam.

>>> Keluhan Lampu Xpander: Ganti Saja Kaca Filmnya

Bahkan desainnya pun dapat digonta-ganti sesuai dengan keinginan pemilik kendaraan. Dengan dipakainya layar tunggal yang dapat menyajikan beberapa informasi semakin banyak muncul simbol-simbol baru yang mengindikasikan kondisi mesin dan kelistrikan kendaraan.

Gambar yang menunjukan panel instrumen pada Audi

Panel instrumen dengan layar tunggal yang dimiliki Audi (foto: Audi)

Sejauh ini, baru merek-merek Eropa mengadopsi panel instrumen seperti ini. Bisa dilihat pada Mercedes S-Class dan E-Class, Audi Virtual Cockpit, atau panel instrumen BMW Seri-5 dan Seri-7 terbaru. Dan dulu hanya mobil mewah dan super mahal yang memiliki dan menempatkan instrument cluster yang bisa memuat beberapa informasi yang tidak dimiliki mobil sejuta umat.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan mobil hanya di sini

Namun seiring pertumbuhan produksi mobil massal yang berada di pasaran, lambat laun panel instrumen digital mulai disematkan pada mobil yang harganya tidak terlalu mahal dan cenderung terjangkau bagi konsumen. Berikut beberapa produsen yang sudah memulai memadukan instrumen konvensional dan digital:

1. New Datsun Go dan Go+

Gambar yang menunjukan panel instrumen pada Datsun Go

Panel instrumen Datsun Go (foto: Datsun)

Berbeda dengan varian sebelumnya, pada sisi interior Datsun Go dan Go+ sudah dibekali dengan takometer yang berfungsi untuk mengetahui besaran putaran mesin. Selain itu, ada juga layar MID di sisi kanan bawah yang dapat disesuaikan dengan cara menekan tombol jarum MID.

>>> Berikut spesifikasi Datsun Go Live 2018 untuk generasi muda bergaya milenial

2. Honda Brio

Gambar yang menunjukan panel instrumen pada Honda Brio

Panel instrumen ‘teduh’ dari Honda Brio (foto: Honda Car India)

Honda Brio juga menyematkan MID yang menunjukkan Trip A dan B, rata-rata pemakaian bahan bakar. Jarak tempuh yang sudah dilalui juga ditampilkan secara digital.

3. Toyota Avanza

Gambar yang menunjukan panel instrumen pada Toyota Avanza

Desain panel instrumen simpel dari 'mobil sejuta umat’ Avanza (foto: Otomart)

Dikenal dengan mobil sejuta umat membuat Toyota Avanza tipe terbaru juga memadukan panel instrumen konvensional dengan digital. Sejumlah informasi penting sudah dapat ditampilkan oleh MID-nya.

Meskipun teknologi sudah merambah hingga menghasilkan evolusi panel instrumen, nyatanya tidak semua produsen mobil siap untuk menghadirkan ke semua jajarannya. Semua perubahan kembali lagi terkait dengan harga dan kualitas yang disuguhkan. 

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top