Berikut Tips Mencuci Velg yang Benar di Musim Hujan

04/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Berikut Tips Mencuci Velg yang Benar di Musim Hujan
Tak hanya bodi mobil, kebersihan velg sangat penting terlebih di musim penghujan. Agar lebih optimal, kami akan berikan tips mencuci velg yang benar berikut ini

Velg merupakan komponen utama dalam menunjang penampilan mobil. Sehingga, kebersihan dan tampilan wajib terjaga. Namun pada musim hujan seperti saat ini, tak mudah memang dalam menjaga kebersihan velg. Terlebih saat mencuci velg tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika salah penanganan, besar kemungkinan akan membuat tampilan velg menjadi lebih kusam dan mengganggu tampilan mobil secara keseluruhannya.

>>> Mengenal Istilah Offset Pada Velg

Foto ilustrasi mencuci velg dengan kuas atau sikat gigi

Untuk menjangkau sudut velg yang sempit, Anda bisa gunakan kuas, sikat atau sikat gigi

Idealnya, Anda disarankan untuk secepat mungkin membersihkan velg setelah berkendara saat hujan atau setelah menerjang genangan air. Namun jika tak sempat, Anda perlu menambah interval mencuci velg agar lebih sering, sehingga kotoran tak singgah berlama-lama atau mengundang karat. Tips mencuci velg pertama adalah pemilihan waktu terbaik, yakni sore hari. Alasannya, pada sore hari matahari tak lagi terik dan suhu lebih terjaga, sehingga kemungkinan timbulnya jamur pada velg bisa diminalisir. Setelah itu, pastikan fender dan bodi sudah dicuci dan bersih terlebih dahulu, karena kalau belum, air yang bercampur kotoran dan noda dari bodi dan spakbor akan kembali hinggap di velg. Kalau sudah begini, sama saja kerja dua kali dan hanya membuang-buang waktu.

>>> Ingin membeli mobil? Lihat dulu daftar mobil pilihan kami

Foto ilustrasi mengeringkan velg setelah dicuci

Jangan lupa untuk mengeringkan velg setelah dicuci

Setelah itu, barulah cuci velg dengan menggunakan shampo atau cairan pembersih khusus untuk eksterior atau velg. Namun, hati-hati untuk velg yang berfinishing krom, pakailah cairan pembersih khusus untuk velg krom. Karena jika nekat membersihkan velg krom dengan sembarang cairan pembersih, akan sangat beresiko membuat tampilan kromnya pudar atau bahkan mengelupas. Tips mencuci velg selanjutnyanya adalah dengan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi untuk menjangkau sela-sela velg yang sempit. Setelah dirasa bersih semua, jangan lupa untuk mengeringkan dengan menggunakan lap bersih bahan microfiber, agar tidak menimbulkan jamur atau goresan pada velg. 

>>> Kenali PCD Pelek Mobil Anda Sebelum Membeli Pelek Aftermarket Idaman

Foto penggunaan cairan pembersih untuk noda di velg

Untuk noda membandel, gunakan pembersih khusus atau dengan bantuan bensin atau minyak tanah dengan hati-hati

Selain debu, air atau tanah, kotoran yang umumnya menempel pada velg adalah noda aspal. Untuk membersihkannya, setelah dicuci, bisa bersihkan dengan menggunakan bantuan bensin atau minyak tanah, namun lakukan dengan hati-hati. Untuk menjangkau detail velg yang sulit seperti lekukan atau baut-baut, gunakan sikat gigi untuk mencungkil kotoran atau noda aspal. 

>>> Ingin mobil Anda selalu prima? Simak contekannya di sini

Foto ilustrasi pemberian wax pada velg

Sebagai tahap akhir Anda bisa berikan wax agar melindungi lapisan cat pada velg lebih lama

Tips mencuci velg terakhir adalah Anda bisa memoles pelek dengan dengan wax, sebagai sentuhan akhir. “Jenis wax berbeda-beda tergantung jenis bahan finishing velg,” kata Nico Jayadikusuma dari gerai Denta Auto Detailing di bilangan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Untuk velg dengan finishing cat, bisa menggunakan wax yang sama seperti mobil. Begitu pula dengan velg krom, gunakan wax khusus krom. Sementara velg dengan material aluminium tanpa coating, bisa menggunakan wax untuk bahan aluminium yang banyak tersedia di pasaran. Mudah kan?

>>> Cek juga tips dan trik lainnya di sini

 
back to top