Berikut Cara Mudah Merawat Plafon Mobil

18/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Karena tempatnya di bagian atap, membuat plafon mobil kerap terlupakan kondisinya. Namun ketika kotor, maka akan mengurangi kenyamanan dan estetika saat berkendara. Untuk itu, berikut cara mudah dalam merawat plafon mobil Anda

Fungsi plafon bukan hanya sekedar pelapis interior pada bagian atap mobil, namun juga ada nilai estetikanya dan kenyamanan selama berada di kabin. Plafon bermasalah karena kusam atau bahkan terlepas pasti akan berpengaruh pada kenyamanan dan tampilan mobil kesayangan. Tak susah kok untuk merawat plafon mobil. Pabrikan mobil sekarang ini biasanya menggunakan bahan semi kulit untuk lapisan plafonnya. Kunci utamanya lebih pada kebiasaan sehari-hari. “Hindari merokok di dalam mobil,” tutur Ade Rahardjo, yang berusaha di bidang poles mobil panggilan ini. Karena saat merokok pasti kan sambil membuka jendela, jadi tak hanya noda asap rokok yang tertinggal, juga debu dari udara luar yang masuk ke dalam mobil dan membuat plafon mudah kotor.

Foto ilustrasi bersihkan plafon mobil

Bersihkan pula plafon setiap Anda mencuci mobil

>>> Baca juga:

Kiat kedua dalam merawat plafon mobil adalah dengan membersihkannya saat sedang mencuci mobil. Lakukan sembari mengelap bagian interior dengan lap chamois yang tidak terlalu basah. Beda lagi untuk beberapa mobil yang masih menggunakan plafon berbahan kain atau fabric. Membersihkan noda di plafon cukup menggunakan air sabun dan sikat. Hanya saja ada kunci sendiri saat membersihkannya. “Harus disikat searah! Jangan sampai menyikat bolak-balik karena akan membuat bulu-bulu halus pada kain plafon rusak,” ulas Robertus Harjanto, pemilik salon mobil Auto Relax di Jl. P. Antasari Raya No.10B, Jaksel. Selain merusak kain itu sendiri, lem pada plafon juga akan rusak hingga plafon terlepas.

Foto cairan pemberish plafon mobil

Gunakan cairan pembersih plafon untuk hasil yang maksimal

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Namun jika Anda ingin memperbaiki plafon mobil yang rusak, kenali terlebih dahulu jenis plafon mobil yang umum digunakan. Dari kontruksinya, terdapat dua jenis plafon, yakni plafon yang dijahit dan pres. Untuk model jahit umumnya ditopang penyangga atau pilar di beberapa titik. Sedangkan model pres, menempel langsung di atap tanpa pelapis busa. Nah, jika plafon sudah sobek ataupun bolong, maka perlu diganti dengan yang baru. Untuk jenis jahit, penggantian hanya dilakukan dengan cara melepas jahitan di pilar penyangganya. “Biaya penggantian plafon jenis jahit dihargai Rp 200 – Rp 800 ribu tergantung tingkat kerusakan dan dimensi plafon yang akan diperbaiki,” sambung Eddy dari bengkel SAM 86, di Jl. Arteri Pos Pengumben, No.1, Jakarta Barat.

Foto ilustrasi perbaikan plafon mobil

Perbaikan plafon mobil akan sangat bergantung pada jenis konstruksi dan material yang digunakan

Sedangkan biaya reparasi plafon model pres, dibanderol Rp 1,250 juta hingga Rp 1,5 juta. “Proses pengerjaannya lebih sulit, sebab yang dilepas hanya lapisan kulitnya saja. Sedangkan busanya enggak diganti,” ungkap pungkas Eddy. Material kulit pelapis pun dibedakan atas 3 fungsi, yakni kain pelapis tahan panas, pelapis semikulit dan pelapis orisinal bawaan pabrik. Sehingga butuh perhatian ekstra saat memperbaiki plafon karena setiap mobil memiliki jenis konstruksi dan material plafon yang berbeda-beda.

>>> Artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

 
back to top