Berikut Aksesoris Mobil Yang Berguna Saat Musim Hujan

26/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Berikut Aksesoris Mobil Yang Berguna Saat Musim Hujan
Memasuki musim hujan, Ragam aksesoris mobil ini dapat memudahkan Anda dalam berkendara atau menjaga kondisi mobil

Memasuki musim hujan, selain kebersihan dan kondisi mobil, penggunaan aksesoris juga bisa Anda pertimbangkan. Tujuannya, selain untuk memudahkan dalam berkendara di cuaca buruk, juga bisa membantu Anda dalam menjaga kebersihan mobil dari terjangan air, lumpur hingga kotoran saat hujan. Pilihan aksesoris mobil pun cukup mudah didapat dan diaplikasikan pada mobil. Untuk memudahkan Anda, Cintamobil.com akan berikan beragam pilihan aksesoris mobil yang cocok untuk digunakan selama musim hujan berikut ini.

Wiper

Foto wiper aftermarket mobil

Material silikon membuat kemampuan wiper untuk menyapu air menjadi lebih baik

Meski setiap mobil sudah disiapkan sepasang wiper bawaan pabrikan, namun Anda juga bisa memilih wiper aftermarket yang memiliki kemampuan menyapu air lebih baik. Banyak produsen wiper aftermarket juga membekalinya dengan beberapa teknologi, seperti campuran silikon atau material Polytetrafluoroethylen. Tujuannya, selain memiliki kemampuan menyapu air lebih optimal, teknologi tersebut berguna untuk memperkecil gesekan dan membantu mempertahankan kekenyalan karet wiper lebih lama. Harga wiper aftermarket ini berkisar dari Rp 100 hingga 150 ribuan sepasangnya. 

>>> Simak Tips Aman Menerjang Banjir Berikut ini Agar Terhindar Dari Kerusakan Serius

Mudguard

Foto mudguard atau kepet mobil

Mudguard atau kepet berfungsi untuk mencegah cipratan lumpur atau kotoran mengenai bodi mobil

Komponen yang memiliki sebutan kepet ini juga memang sudah tersedia di setiap mobil’  Tujuannya untuk menahan terjangan air, lumpur atau kotoran dari jalanan hinggap di bodi mobil saat berkendara di musim hujan. Namun karena usia pemakaian, kepet atau mudguard rentan rusak atau sobek terlebih untuk kepet yang menggunakan material karet. Anda bisa menggunakan kepet atau mudguard aftermarket yang memiliki ukuran dan harga lebih beragam yakni berkisar antara Rp 50 hingga 200 ribuan. Pastikan pemasangannya cukup rapi dan kuat agar tak lepas saat berkendara.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Karpet karet


Foto karpet mobil dari bahan karet

Karpet dari bahan karet tak mudah kotor dan mudah dibersihkan

Bagi mobil yang menggunakan karpet berbagan beludru, membuatnya rawan kotor dan cukup menyulitkan saat membersihkan. Saat musim hujan, Anda disarankan untuk menggunakan karpet bahan karet yang terkenal anti air dan mudah untuk dibersihkan, karena saat keluar/masuk mobil, besar kemungkinan alas kaki akan mengotori karpet. Cukup banyak produsen karpet universal dari karet yang menyediakan untuk beragam jenis mobil. harganya pun cukup terjangkau dan relatif lebih awet saat digunakan.

>>> 10 Pilihan Mobil Anti Banjir Non SUV Di Bawah Rp 80 Juta

Door visor atau talang air

Foto door visor atau talang air

Door visor atau talang air juga berfungsi untuk mempercantik estetika mobil

Door visor atau talang air saat berguna saat hujan, karena mencegah air hujan masuk ke dalam interior saat Anda membuka kaca mobil ketika ingin membayar parkir atau sekedar menikmati udara segar misalnya. Aksesoris mobil satu ini juga cukup banyak tersedia di pasaran dengan berbagai macam model. Untuk pemasangan aksesoris mobil satu ini bisa dengan menggunakan double tape, sehingga cukup mudah dan praktis.  

>>> Banyak mobil menarik bisa Anda temukan di sini

Lap microfiber

Foto lap microfiber khusus mobil

Daya serap lap microfiber lebih baik dari lap karet dengan risiko membuat baret lebih kecil

Aksesoris mobil terakhir yang berguna di musim hujan adalah lap microfiber. Lap mobil satu ini memiliki kemampuan untuk menyerap air lebih baik tanpa resiko membuat lapisan cat mobil Anda menjadi baret karena kotoran. Saat musim hujan, lap microfiber saat penting untuk sekedar menyeka kaca dari lapisan embun hingga untuk mengeringkan bodi mobil agar jamur tak mudah timbul pada lapisan cat mobil Anda. Anda bisa mendapatkan lap microfiber di toko aksesoris atau keperluan rumah tangga. Pilih yang memiliki lapisan lembut dan mudah membuang kotoran. 

>>> Artikel tips dan trik lainnya

Share this post:

Berita lain

Jangan Dianggap Remeh, Ini Bahayanya Jika Malas Lap Mobil Setelah Hujan

30/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Malas lap mobil setelah hujan memiliki risiko buruk buat kondisi cat mobil tersebut. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan. Yuk ketahui bahayanya kalau air hujan dibiarkan terus ada di cat mobil.

Lihat juga

4 Tempat Parkir Berbahaya Saat Musim Hujan

15/11/2019

Pengemudian

5 menit

Ada beberapa tempat parkir berbahaya saat musim hujan yang wajib Anda hindari. Ini untuk meminimalisir risiko hal-hal yang tidak diinginkan yang mengancam keselamatan Anda dan kendaraan.

Lihat juga

6 Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

14/11/2019

Pengemudian

4 menit

Saat hujan lebat, berkendara menjadi lebih berisiko lantaran beberapa hal, seperti berukurangnya visibilitas dan permukaan jalan yang licin. Untuk itu, simak 6 tips aman berkendara saat hujan lebat berikut ini.

Lihat juga

Musim Hujan Segera Tiba, Praktikan Tips Ini untuk Merawat Wiper Supaya Bekerja Maksimal

13/11/2019

Perawatan dan service

3 menit

Salah satu komponen vital pada kendaraan roda empat saat musim hujan adalah bilah wiper. Supaya tetap awet, ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan untuk merawat wiper mobil Anda.

Lihat juga

Musim Hujan Segera Datang, Jangan Lupa Perhatikan Kampas Rem

11/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Jelang musim penghujan, kondisi pengereman mobil harus mendapat perhatian ekstra khususnya kampas rem agar kondisinya tetap prima. Caranya tidak susah kok, cukup ikuti langkah di bawah ini.

Lihat juga