Berbagai Warna Asap Knalpot yang Keluar Pada Mobil dan Indikasi Masalah yang Ditimbulkan

Berbagai Warna Asap Knalpot yang Keluar Pada Mobil dan Indikasi Masalah yang Ditimbulkan
Sebagai pemilik mobil, Anda seharusnya memperhatikan semua yang terjadi pada mobil Anda. Salah satunya asap yang keluar dari knalpot. Warna asap knalpot ternyata memberikan indikasi masalah yang terjadi pada mobil.

Warna asap knalpot ternyata bisa menjadi penyebab kekhawatiran dan mampu mengisyaratkan sejumlah masalah yang terjadi pada mobil. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang warna emisi asap yang dihasilkan oleh mobil Anda.

1. Asap berwarna putih

Ada beberapa indikasi yang bisa kita lihat ketika mobil mengeluarkan asap putih. Jika mobil mengeluarkan asap putih yang lebih tipis, sepertinya tidak ada yang perlu Anda dikhawatirkan. Karena asap putih yang sedikit tipis merupakan sebuah hal yang biasa.

Gambar yang menunjukan asap berwarna putih yang keluar pada knalpot mobil

Asap putih merupakan indikator masalah pada mesin

Namun, jika asap yang dikeluarkan pada mobil berwarna putih dan sedikit pekat, bisa jadi mobil Anda memiliki masalah pada:

  • Masalah mesin yang mengalami overheat,
  • Kepala gasket yang meledak atau mengalami masalah, atau
  • Blok mesin yang retak

Selain itu, jika volume asap putih yang pekat sangat banyak dikeluarkan oleh mobil Anda, hal ini mengindikasikan mesin terlalu panas. Bisa saja, Anda mungkin dihadapkan dengan keharusan untuk membeli mesin baru.

>>> Baca juga Penyebab overheating yang biasa terjadi pada mobil

2. Asap berwarna abu-abu

Jika mobil Anda mengeluarkan asap berwarna abu-abu, bisa saja mobil Anda mengalami kerusakan pada turbocharger. Selain itu, asap abu-abu juga bisa berarti mobil Anda mengalami masalah pada cairan transmisi. Yang lebih parah, mobil anda memiliki kesalahan pada transmisi vacuum modulator.

Gambar yang menunjukan asap berwarna abu-abu yang keluar dari knalpot mobil

Kerusakan turbocharger ditandai dengan asap berwarna abu-abu

3. Asap berwarna biru

Jika mobil mengeluarkan asap yang sedikit berwarna kebiruan, berarti mobil memilliki masalah pada bagian oli. Salah satu indikasi obil mengeluarkan asap berwarna biru adalah adanya kebakaran pada oli atau kebocoran oli pada ruang pembakaran. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya menghubungi bengkel Anda untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Gambar yang menunjukan mobil yang mengeluarkan asap berwarna biru pada knalpotnya

Asap biru biasanya berhubungan dengan kebocoran oli

Pembakaran minyak dan bensin juga menunjukan adanya kebocoran yang sangat panas di suatu tempat di area mesin. Bisa saja oli atau minyak dan bensin yang mengalami kebocoran. Sistuasi ini merupakan salah satu situasi dimana Anda seharusnya memanggil mekanik Anda atau mengantarkan mobil Anda ke bengkel untuk pemeriksaan.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

4. Asap berwarna hitam

Semakin gelap asap yang keluar dari mobil Anda, semakin serius masalah yang dihadapi oleh mobil Anda. Jika warna abu-abu merupakan lampu peringatan kuning, asap hitam menunjukan adanya jalur bahan bakar yang terhambat. Injektor bahan bakar dan sensornya mungkin saja rusak. Masalah terakhir yang bisa didiagnosis oleh asap berwarna hitam adalah masalah pada saringan udara.

Gambar yang menunjukan asap berwarna hitam yang keluar dari knalpot mobil

Asap hitam biasanya menandakan kerusakan yang serius

Asam hitam membutuhkan seorang mekanik profesional untuk menyelidiki apa yang sedang terjadi. Bukan tentang tahu atau tidaknya Anda tentang mobil, tapi mesin injeksi bahan bakar mobil modern lebih rumit daripada yang Anda kira. Anda tentu saja tidak ingin membuat kesalahan dan mekanik yang terampil bisa meminimalkan masalah itu.

Berikut beberapa indikasi kerusakan mobil pada warna asap pada knalpot

Berbagai warna asap knalpot merupakan salah satu indikator yang Anda perlukan untuk merawat  dan mendiagnosis mobil Anda. Mobil seperti barang produksi lainnya, bisa kehabisan usia. Jika Anda menemukan masalah serius pada mobil Anda, saat itulah Anda sebaiknya memeriksakan mobil Anda pada bengkel sebelum masalahnya menjadi lebih serius.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top