Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil Anda?

14/05/2019

Perawatan dan service

6 menit

Share this post:
Berapa Sih Tekanan Angin Ban Mobil Anda?
Mengetahui angka tekanan angin ban mobil sebenarnya sangatlah mudah, yakni bisa melihat melalui buku petunjuk manual kendaraan tersebut atau pada plat informasi tekanan angin ban. Plat informasi tekanan angin ini berada di balik pintu pengemudi.

Pada buku petunjuk manual kendaraan telah tertera dengan jelas, berapa angka tekanan angin pada ban mobil yang Anda miliki. Informasi ini terdapat pada halaman mengenai informasi roda dan ban, termasuk ukuran pelek dan ukuran ban.

>>> Sudah Tahu Keunggulan Ban Tubeless Dibanding Ban Biasa?

Agar lebih mudah, petunjuk tentang besaran tekanan angin ban mobil bisa juga diketahui pada panel informasi yang berada di balik pintu pengemudi. Disitu akan tertera berapa besar tekanan angin untuk ban mobil Anda, baik ban depan maupun ban belakang.

1. Mobil Jenis City Car, Sedan, dan MPV

Contoh informasi tekanan angin ban

Contoh tekanan angin ban pada mobil kecil

Kebanyakan mobil jenis city car, sedan, maupun MPV (Multi Purpose Vehicle) atau bisa disebut juga mobil jenis minibus, tekanan angin ban ada diantara 27 psi - 35 psi. Angka ini tentu tergantung dari ukuran ban yang pakai di mobil tersebut.

>>> 3 Masalah yang Harus Diperhatikan ketika Membeli Ban Bekas

2. Mobil Jenis SUV dan Truk

ban mobil truk

Tekanan angin pada mobil truk lebih tinggi

Untuk mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) ukuran besar dan truk ringan, biasanya tekanan angin pada bannya lebih tinggi 4-8 psi. Yaitu dikisaran 40-45 psi. Sedangkan untuk truk medium dan besar, tekanan angin ban mobil bisa lebih dari 45.

>>> Sedang mencari mobil impian?

3. Cara Cek Tekanan Angin Pada Ban

cek tekanan angin ban

Lakukan pengecekan tekanan angin secara rutin

>>> Ingin mobil Anda lebih awet dan selalu prima? Simak tips perawatan mobil di sini

Anda bisa menggunakan alat pengukur untuk mengetahui tekanan angin pada ban. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka penutup pentil pada ban, setelah itu tekan alat pengukur tekanan angin dengan erat ke dalam pentil ban dan lihatlah ukuran yang tertera.

Jika tekanan angin ban mobil Anda kurang maka Anda bisa tambahkan sampai sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Setelah sesuai, jangan lupa tutup lagi petil ban mobil Anda.

>>> Tips tentang mobil paling lengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Empat Tindakan Perawatan Ban Sebelum Mudik Lebaran Agar Senantiasa Prima

Bulan puasa bakal hadir tidak lama lagi. Itu artinya ritual mudik lebaran yang biasa terjadi tiap tahun juga semakin dekat. Selain berharap puasanya lancar pastinya semua pemudik baik itu yang naik kendaraan umum, mudik gratis bersama oleh pabrik, maupun menggunakan mobil pribadi semua berharap sama, perjalanan lancar, aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

Lihat juga

Bagaimana Mengetahui Kapan Ban Mobil Perlu Diganti

Pernah heran kapan harus mengganti ban mobil bekas anda? Kinerja ban mobil Anda sangat penting untuk keselamatan, performa dan efisiensi kendaraan anda. Namun, pada titik tertentu mereka mulai kehilangan performa dari segi daya tarik dan daya pengeremannya.

Lihat juga

Tutup Pentil Ban, Komponen Kecil Tetapi Penting

Sebagian orang beranggapan bahwa tutup pentil pada ban adalah sebagai penutup agar tekanan angin pada ban tidak keluar melalui pentil. Sebenarnya tutup pentil ban berfungsi melindungi ban dari kotoran dan mencegah kotoran masuk ke pentil.

Lihat juga

Review Volkswagen Touareg 2019

29/11/2018

Editor rate:

Sepertinya di tahun 2019 mendatang, akan terdapat banyak sekali produk Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya Crossover. Seperti halnya, Volkswagen Touareg 2019 yang baru saja meramaikan dunia otomotif internasional. Selain menghadirkan esensi agresif ala Crossover, Touareg juga menjanjikan kenyamanan berkendara yang lebih ditingkatkan serta teknologi terbaru. Mari kita simak review Volkswagen Touareg 2019.

Lihat juga

Daftar Harga Wuling Almaz & Promo Januari 2021 Di Indonesia

01/01/2021

Wuling

Brand mobil asal Cina, Wuling, akhirnya memantapkan diri dengan merilis line-up SUV mereka Wuling Almaz. Berapa harga Wuling Almaz dengan empat varian ini?

Lihat juga
 
back to top