Bensin dan Minyak Tanah, Musuh Utama Pelek Krom

17/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Ketika akan membersihkan pelek krom, sebaiknya ada yang perlu Anda perhatikan. Antara lain jangan pernah gunakan bensin dan minyak tanah ya! Dan hati-hati saat mencuci bagian ini.

Memiliki mobil dengan pelek krom memang bisa meningkatkan penampilan kendaraan Anda. Bahkan sebagian pemilik mobil rela melakukan modifikasi pelek pada mobilnya dengan cara mengganti pelek mobil standar dengan pelek model ini.

>>> Simak Tips Mencuci Pelek Yang Benar Berikut Ini

Pelek mobil dengan finishing krom memang terlihat lebih mewah, namun hal itu bisa terjadi jika pelek dalam keadaan baik dan bersih. Jika Anda salah dalam merawatnya, pelek ini mudah rusak dan kusam.

1. Hindari Bensin dan Minyak Tanah

mencuci pelek

Jangan membersihkan pelek pakai bensin atau minyak tanah

Pelek merupakan bagian mobil yang mudah sekali kotor. Posisinya yang ada di bawah dan dekat langsung dengan permukaan jalan, membuat pelek sangat rentang terkena noda aspal, debu, kotoran, atau lumpur.

>>> Temukan promo mobil baru menarik disini

Dan jika mobil Anda menggunakan pelek yang berfinishing krom, maka perlu hati-hati saat membersihkan bagian ini. Ada beberapa noda yang sulit untuk dibersihkan, seperti noda aspal. Namun sebaiknya jangan menggunakan bensin atau minyak tanah sata hendak menghilangkan nodanya.

2. Pakai Cairan Khusus

membersihkan pelek dengan cairan khusus

Gunakan cairan khusus krom

Bensin dan minyak tanah adalah musuh utama pelek krom. Alih-alih akan menghilangkan noda, jika Anda menggunakan kedua bahan tersebut malah akan membuat noda baru dan membuat lapisan krom pada pelek memudar.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih permukaan krom (chrome polish). Cairan ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di toko-toko perawatan mobil atau perawatan barang rumah tangga. Untuk menggunakannya, lebih baik cuci bersih lebih dulu permukaan pelek mobil kemudian lap kering.

Kemudian baru tuangkan cairan pembersih krom ke lap microfiber atau busa halus. Lalu usap perlahan pada permukaan pelek yang kotor sampai noda hilang. Jangan gunakan sikat atau sigak gigi, akrena akan meninggalkan baret dipermukaan pelek. Selanjutnya lap lagi sampai benar-benar kering dengan lap microfiber. Jika dilakukan dengan benar maka pelek krom Anda akan kembali bersih cemerlang.

>>> Tips dan trik menarik lainnya klik disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top