Benarkah Modifikasi Knalpot Pengaruhi Performa Mobil?

05/09/2019
Bagi orang awam akan berpikir memodifikasi knalpot akan menambah performa dari mobil. Sebagai pemilik mobil akan menyampaikan keinginan tampilan modifikasi knalpot. Lantas seberapa besar pengaruh modifikasi knalpot terhadap performa mobil Anda? Apakah naik secara signifikan?

Desain knalpot pabrikan bermacam-macam mulai dari yang lurus hingga berkelok. Bila Anda berencana untuk modifikasi knalpot, ternyata punya peran terhadap performa mobil. Desain knalpot ternyata mempengaruhi pembuangan sisa bahan bakar. Bila pembuangan lancar maka performa akan meningkat.

>>> Baca juga Penyebab overheating yang biasa terjadi pada mobil

Desain knalpot lurus

Desain knalpot lurus yang unggul dalam akselerasi karena pembuangan lebih lancar

Artinya knalpot desain lurus atau berkelok memiliki peran dan keunggulan masing-masing. Jika memilih untuk menggunakan desain knalpot berkelok, ini akan menjadi pilihan tepat untuk Anda yang kerap melakukan perjalanan jauh. Mengapa demikian? Karena pipa yang digunakan itu lebih panjang, sehingga buat tarikan bawahnya tidak signifikan, Karena pembuangannya akan lama keluarnya.

>>> Temukan mobil impian Anda di sini

Sedangkan untuk yang knalpot yang memiliki desain berbentuk lurus, banyak yang mengatakan akan lebih cocok untuk jalur menanjak atau untuk mendapatkan tarikan bawah yang maksimal. Karena knalpot ini memiliki desain lurus, sehingga pembuangan bisa langsung.

Knalpot berkelok modifikasi

Desain knalpot modifikasi berkelok untuk menekan konsumsi bahan bakar

Selain desain, Anda juga harus tahu jenis material knalpot. Daya tahan dan kekuatan knalpot mobil biasanya juga tergantung dari material dari knalpot itu sendiri. Ada bermacam-macam material knalpot mobil, mulai dari stainless, alumunized, galvanis dan monel. Diantara keempat material tersebut, stainless yang mempunyai kekuatan lebih baik meskipun menyimpan panas lebih besar. Jadi, modifikasi knalpot seperti apa yang Anda gunakan? Lurus atau berkelok?

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain