Benarkah Air Purifier Mobil Dapat Membasmi Virus Corona?

17/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Benarkah Air Purifier Mobil Dapat Membasmi Virus Corona?
Baru-baru ini, Geely memperkenalkan SUV baru dengan teknologi Air Purifier yang dapat mematikan Virus Corona dalam kabin mobil. Apakah itu benar adanya?

Belum lama, pabrikan mobil Cina, Geely, memperkenalkan teknologi air purifier mobil yang dapat menangkal virus Corona yang diberi nama G-Clean Intelligent Air Purification system.

Teknologi tersebut diklaim dapat membersihkan virus, bakteri, dan jamur yang menyebar di dalam kabin mobil, dan akan ditanamkan pada mobil terbaru Geely mulai Maret 2020 ini. Di tengah krisis akibat pandemi virus Corona, teknologi Anti Corona milik Geely kabarnya sudah dapat puluhan ribu pemesan, bahkan sebelum resmi diluncurkan.

Konsep teknologi air filtiration geely

Hadirnya teknologi anti corona membuat SUV baru Geely laris di pasaran

Geely bukanlah yang pertama, Tesla sudah lebih dulu memperkenalkan teknologi air purifier mobil pada beberapa model Tesla, salah satunya model X. Teknologi yang diberi nama Bioweapon Defense Mode diklaim 100 kali lebih efektif dalam teknologi air purifier lainnya dalam menumpas bakteri dan virus dari udara, meski tidak dikatakan dapat mematikan virus corona.

>>> Geely buat mobil pembasmi virus corona, seperti apa jelasnya?

1. Benarkah ampuh membasmi virus Corona?

Teknologi air purifier mobil di atas memang dapat meningkatkan kualitas udara dalam kabin, tapi apakah hal tersebut bisa membasmi virus corona dalam kabin mobil? Menjawab pertanyaan di atas, Dr. Corey Gerbet, Kepala Medis Universitas Dillard mengatakan teknologi seperti air purifier tidak bisa sepenuhnya menghilangkan virus dari kabin.

Ilustrasi virus Corona

Virus bisa ada di dalam kabin mobil sebelum air purifier dinyalakan

“Sekalipun Anda memasang sistem penyaringan udara di kendaraan, virus bisa berada di udara bahkan sebelum penyaringan, atau di permukaan kabin mobil,” terang Gerbet seperti ditulis Express.

“Sekalipun teknologi milik Tesla sangat canggih dan bekerja sangat baik, tetap saja tidak mungkin mengeliminasi semua patogen di dalam mobil sebelum Anda masuk ke dalam kabin. Bahkan, saat Anda masuk ke dalam ruang tertutup Anda membawa bakteri dan virus baru ke dalamnya, itu karena mereka ada di mana-mana.”

>>> Bagi Pengemudi, Waspadai dan Perhatikan Cara Menghindari Virus Corona

2. Jaga kebersihan interior

Memang, teknologi air purifier mobil tak bisa langsung membasmi virus corona. Anda juga perlu memperhatikan kebersihan mobil, khususnya yang langsung bersentuhan dengan tangan Anda, mulai dari gagang pintu, setir, persneling, sampai panel interior.

Mebersihkan panel interior mobil dengan antiseptik

Anda bisa memakai antiseptik atau tissue antiseptik untuk membersihkan interior mobil

>>> Merawat mobil kini semakin mudah jika sudah tahu tipsnya. Klik untuk lanjut simak tips dan trik merawat mobil dari para ahli otomotif di Indonesia

Untuk membersihkannya, Anda bisa menyiapkan antiseptik untuk membersihkan interior mobil secara berkala, mulai dari door handle, tuas persneling, setir, sampai hal mendetail seperti panel dashboard. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan tissue basah (lebih baik tissue basah antiseptik) dan tissue kering.

>>> Tips & trik terbaru bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Bagi Pengemudi, Waspadai dan Perhatikan Cara Menghindari Virus Corona

17/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Virus corona yang menyebar sejak awal tahun telah mengancam kesehatan, termasuk bila Anda seorang pengemudi, Untuk itu Anda perlu tahu cara menghindari virus corona.

Lihat juga

Bluebird Minta Drivernya Rajin Bersihkan Mobil Demi Cegah Virus Corona

06/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Perusahaan transportasi Bluebird mengimbau kepada seluruh drivernya agar lebih rajin membersihkan kabin mobilnya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Lihat juga

Pengemudi Taksi Online Disarankan Rajin Cuci Tangan untuk Cegah Virus Corona

04/03/2020

Event - Promosi

2 menit

Untuk mencegah penyebar luasan virus Corona, pengemudi taksi online pun disarankan untuk rajin-rajin membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cair atau cairan antiseptik.

Lihat juga

Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

02/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Jangan panik Anda harus tetap tenang, sediakan hal ini untuk keamanan selama berkendara.

Lihat juga

Begini Tips Mencegah Penularan Virus Corona saat Berkendara

09/03/2020

Pengemudian

4 menit

Penyebaran virus Corona (Covid-19) bisa dibilang sangat masif karena sudah mencapai berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Namun, Anda bisa melakukan langkah-langkah ini untuk mencegah penyebaran virus. Apa saja?

Lihat juga