Begini Tips Memilih Kamera Mobil Terbaik untuk Anda

17/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Begini Tips Memilih Kamera Mobil Terbaik untuk Anda
Jangan lupakan kehadiran kamera mobil sebagai alat keamanan tambahan untuk mobil ini. Bingung memilih kamera mobil terbaik untuk kendaraan Anda? Berikut beberapa tips dari Cintamobil.com untuk Anda.

Kamera mobil merupakan satu diantara aksesori tambahan yang bisa Anda gunakan pada kendaraan Anda. Sebagian pengguna menyebut penggunaan kamera mobil tak terlalu penting. Tapi, seberapa penting kamera sebagai bagian dari sistem keamanan berkendara? Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan kamera mobil terbaik untuk kendaraan Anda?

Perlukah kamera mobil?

Dashcam atau kamera mobil adalah gadget yang snagat berguna dan menjadi komponen standar pada mobil polisi, bus, dan taksi di luar negeri. Dashcam sangat membantu bagi mereka yang bergerak di bidang ransportasi, atau pengemudi bus/truk yang berkendara selama perjalanan jauh melintasi berbagai situasi berkendara.

kamera mobil yang sedang menyimpan perjalanan 
Kamera mobil bisa menyimpan video perjalanan Anda

Tujuan umum dari penggunaan dashcam adalah untuk merekam, secara detail, apa yang terjadi di jalan ketika Anda mengemudi. Dengan cara ini, Anda akan memiliki bukti tentang apa yang terjadi dan siapa yang bersalah seandainya ada kecelakaan. Bukti ini sangat membantu ketika Anda mengajukan klaim ke asuransi.

CNET menambahkan bahwa beberapa orang bahkan menggunakan kamera mobil yang dapat diunggah ke laptop maupun smartphone untuk menangkap pemandangan ketika berkendara dan menonton kembali pemandangan tersebut.

>>> Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

dashcam mobil yang sedang merekam video perjalanan
Dashcam diperlukan untuk mencegah penipuan di jalan

Sejatinya, dashcam sangat diperlukan di negara dimana sering terjadi penipuan di jalanan, seperti Jepang, Amerika, maupun Inggris. Banyak orang yang berpura-pura tertabrak untuk mendapatkan uang. Namun penggunaan dashcam atau kamera mobil adalah untuk melacak pencurian atau menjadi bukti kejadian perkara yang terjadi di depan kendaraan.

>>> Tilang Elektronik di Jalan Tol Sudah Berlaku, Ini Daftar Lokasinya

Tips memilih kamera mobil terbaik

Dengan banyaknya tipe dan jenis kamera mobil yang dijual di pasaran, ada banyak tips dan pengaturan yang harus Anda pertimbangkan. USA Today menjelaskan beberapa fitur yang Anda temukan dalam memilih kamera mobil terbaik untuk kendaraan Anda.

1. Kualitas video

Salah satu penanda kamera mobil yang baik adalah kualitas “Full HD” 1080p yang lebih tajam, dibanding resolusi 720p. Kualitas tinggi berguna ketika Anda memperbesar atau menggunakan zoom untuk menganalisis, plat nomor atau wajah seseorang. Beberapa kamera mobil bahkan merekam video berkualitas 4K dan beberapa model menyertakan dua kamera, satu menghadap ke depan dan satu menghadap ke belakang.

Kamera mobil yang bagus juga memiliki bidang pandang yang luas untuk menangkap area di depan mobil dengan lebih baik. Dan yang sama pentingnya adalah frame rate kamera (frame per second atau fps). Frame rate yang lebih tinggi akan memudahkan dalam pengambilan video. Karena itu, pastikan kamera mobil Anda bisa merekam setidaknya 30 fps.

hasil video yang bisa ditemukan pada kamera mobil 
Kualitas video kamera mobil bisa merekam hingga 720p

Yang paling penting adalah bagaimana kamera mobil Anda bisa merekam dengan baik pada malam hari. Rekaman dengan ‘night mode’ sangat bermanfaat, terutama ketika untuk menanggulangi pencurian yang biasanya dilakukan pada malam hari. Kualitas gambar yang bagus juga turut membantu ketika Anda mengalami kecelakaan di malam hari atau dengan kualitas cuaca buruk.

>>> Mulai Banyak Digunakan, Bagaimana Cara Merawat Sensor dan Kamera Parkir?

2. Pemasangan yang mudah

Kebanyakan kameran mobil dipasang di kaca depan atau kadang-kadang pada dashboard. Ada banyak pilihan baterai, semuanya dihubungkan ke post USB atau port 12 volt. Karena terhubung ke aki mobil, dashcam biasanya mulai merekam ketika mesin menyala. Selain itu, pastikan kamera yang Anda miliki mudah untuk akses memasukkan kartu microSD setelah dashcam diinstal.

3. Streaming nirkabel

Beberapa dasbor terbaru dapat mengirim rekaman video secara nirkabel ke aplikasi pendamping yang bisa Anda lihat melalui smartphone, laptop, maupun tablet. Bukannya untuk streaming langsung, melainkan untuk membiarkan Anda melihat video tanpa harus mengeluarkan kartu memori dari kamera mobil Anda.

4. Deteksi tabrakan

tangan yang sedang menekan parkir mode pada kamera mobil
Kamera mobil terbaik bisa memiliki berbagai fitur, seperti parking mode

Karena sebagian besar kamera mobil menghadap ke depan, beberapa model kelas atas juga memiliki fitur deteksi tabrakan seperti pada mobil baru saat ini. Fitur ini bisa memperingatkan pengemudi ketika mendeteksi ketika jarak antara mobil dengan kendaraan di depan terlalu dekat. Fitur lainnya seperti Lane Departure Assist.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Harga kamera mobil

Anda bisa membeli berbagai kamera mobil di bengkel atau toko daring. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp300 ribu hingga Rp500 ribuan dengan kartu memori hingga 32 GB atau lebih. Untuk dashcam atau kamera mobil dengan fitur yang lebih banyak, harganya bahkan bisa mencapai Rp1 juta hingga Rp2 jutaan.

beberapa kamera mobil pada dashboard mobil 
Anda bisa mendapatkan kamera mobil di toko aksesoris atau toko daring

>>> Simaklah tips dan trik merawat mobil dengan benar di sini

Tentu saja, beberapa kamera mobil dengan kualitas kamera mencapai 4K serta beberapa fitur tambahan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan kamera mobil lainnya. Selain itu, perhatikan pula apakah kamera mobil yang Anda pilih sudah disertai dengan kartu memori. Jika belum, sediakan dana tambahan untuk melengkapi kamera mobil Anda.

Mencari kamera mobil terbaik memang tak selalu mudah, mengingat banyaknya pilihan yang bisa Anda dapatkan di berbagai toko aksesoris maupun layanan toko daring lainnya. Namun yang paling penting selain memperhatikan harga yang ditawarkan, jangan lupa untuk memperhatikan fitur serta kualitas video yang dihasilkan oleh kamera mobil pilihan Anda. 

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang bermanfaat lainnya

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Bagaikan Film Aksi, Kamera Mobil Ungkap Ayah dan Anak Lewati Api Kebakaran Hutan

24/08/2018

Pasar mobil

Kadang kita jarang melihat bagaimana keadaan menantang maut secara langsung. Namun, kamera mobil ini mampu menangkap keadaan hidup mati dimana seorang ayah mencoba menerobos kebakaran hutan bersama anaknya.

Lihat juga

Sama-Sama Punya Dashcam, Pilih DFSK Glory 580 atau Suzuki XL7 Alpha?

18/02/2020

Jual beli

3 menit

Sebagaimana DFSK Glory 580 yang memiliki fitur Vehicle Running Recorder, Suzuki XL7 Alpha dilengkapi fitur Smart E-Mirror. Siapa yang lebih layak dipilih?

Lihat juga

Dashcam Mobil Penting Untuk Keamanan, Berapa Harganya?

12/02/2020

Pengemudian

3 menit

Fungsi dashcam mobil saat ini tak sekadar gaya-gayaan mengikuti trend, lebih dari itu dashcam sangat penting untuk keamanan saat berkendara di jalan raya.

Lihat juga

Mengenal Pentingnya 4 Fungsi Dashcam di Mobil

27/12/2019

Pengemudian

3 menit

Dashcam memiliki fungsi yang menarik yang bisa Anda manfaatkan sebagai pemilik mobil. Fungsi apa saja? Simak baik-baik tips di bawah ini yang harus diketahui.

Lihat juga

Bukan Sekedar Gaya, Ini Tips Memilih Dashcam Mobil dan Cara Penempatannya yang Benar

24/11/2019

Pengemudian

5 menit

Memilih dashcam mobil perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Agar alat tersebut berguna bagi pengemudi maupun si pemilik mobil dalam merekam setiap kejadian di dekat kendaraannya.

Lihat juga