Begini Tips Memilih Cairan Wiper agar Kaca Berkilau Bebas Jamur

28/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Begini Tips Memilih Cairan Wiper agar Kaca Berkilau Bebas Jamur
Untuk menjaga kondisi kaca mobil, perangkat pembersih kaca harus benar-benar Anda perhatikan. Tidak cuma karet wiper saja, memilih cairan wiper juga harus Anda perhatikan untuk kebersihan kaca mobil.

Cairan wiper adalah bagian yang tidak terpisahkan dari perangkat pembersih kaca mobil, fungsinya adalah untuk membasahi kaca dan mengangkat debu dan minyak yang menempel di kaca mobil.

Wiper mobil membersihkan kaca

Pemilihan cairan wiper yang tepat dapat membuat kondisi kaca mobil selalu terjaga

>>> Kaca mobil Anda berjamur? Begini cara membersihkannya

Karena fungsinya yang tidak hanya membasahi kaca saja, maka Anda membutuhkan lebih dari air biasa sebagai cairan wiper. Ada beberapa opsi cairan wiper yang bisa Anda dapatkan di pasaran, atau Anda bisa membuat sendiri. Untuk lebih jelasnya, simak tips memilih cairan wiper dari Cintamobil.com berikut ini:

1. Perhatikan jenis cairan wiper

Di pasaran, Anda menemukan dua jenis cairan wiper yang bisa Anda pilih. Mulai dari air wiper yang sudah siap tuang ke dalam tangki reservoir, dan juga air wiper yang bersifat konsentrat yang harus dicampur lagi dengan air.

Cairan wiper dengan bentuk konsentrat

Jika yang digunakan cairan wiper konsentrat, Anda harus mengikuti perbandingan yang disarankan

Jika Anda memilih cairan wiper berkonsentrat, pastikan perbandingan cairan dan air yang dimasukkan ke dalam tangki harus sesuai dengan takaran di kemasan.

Sebagai contoh, untuk konsentrat yang kami beli ini perbandingannya adalah 1:100, yang berarti 1 ml cairan wiper untuk 100 ml air. Jangan sampai kelebihan, karena jika perbandingan konsentratnya lebih besar dari yang ditetapkan busa yang dihasilkan terlalu banyak, yang justru dapat menghambat saluran air wiper.

2. Jika kepepet, bisa pakai cairan pencuci piring sebagai pengganti

Selain menggunakan cairan wiper yang biasa dijual di pasaran, Anda juga bisa memanfaatkan cairan yang biasa Anda temukan sehari-hari sebagai pengganti.

Perbandingan hasil cairan wiper asli dengan carian pencuci piring

Pembersih kaca mobil memiliki busa lebih sedikit dibandingkan pembersih piring

Salah satunya adalah cairan pencuci piring, yang memiliki sifat degreasing, yakni dapat menyapu minyak dari permukaan kaca. Namun, untuk penggunaanya lebih baik sedikit saja, agar busanya tidak berlebih karena dapat menyumbat saluran air wiper dan meninggalkan bekas di kaca.

Mungkin, Anda bisa menggunakan perbandingan 1:200, yakni 1 ml sabun cuci piring untuk 200 ml air. Yang berarti untuk 1 liter air, Anda hanya membutuhkan 5 ml saja.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

3. Hindari penggunaan deterjen

Sebaiknya, hindari penggunaan sampo atau sabun yang memiliki kandungan kimia detergen untu cairan wiper mobil. Kandungan tersebut dapat menimbulkan efek pelangi pada kaca depan mobil, yang pada akhirnya menggangu visibilitas pengemudi. Selain itu, kandungan detergen juga akan meninggalkan bercak yang jadi tempat berkembang biaknya jamur, dan juga dapat merusak karet wiper.

Jamur yang menempel di kaca mobil

Deterjen dapat memicu jamur di kaca mobil

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Dengan penjelasan di atas, tentu kita tahu bagaimana cara memilih cairan wiper yang baik untuk mobil kesayangan kita. Untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa Anda simak di bawah ini.

>>> Tips & trik lainya bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Ini Efek Air Hujan Di Kaca Mobil Jika Tidak Segera Dikeringkan

26/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak sekadar menimbulkan bintik-bintik, air hujan di kaca mobil yang tidak segera dikeringkan bisa menimbulkan efek lain yang lebih buruk dan mengganggu.

Lihat juga

Biar Awet, Begini Cara Membersihkan Kaca Film Mobil

05/02/2020

Perawatan dan service

4 menit

Setelah memasang kaca film mobil, langkah selanjutnya adalah membersihkan secara berkala agar kondisinya tetap prima. Bagaimana langkah-langkahnya, simak artikel di bawah ini.

Lihat juga

Jaga Visibilitas Mengemudi, Berikut Cara Mencegah Jamur Kaca Mobil

31/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Jamur kaca mobil bisa jadi hal yang sangat menggangu visibilitas Anda ketika berkendara. Meski jadi hal yang sulit dihindari, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mencegah jamur kaca mobil muncul.

Lihat juga

5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

28/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Jika ada jamur dan baret di kaca mobil ternyata untuk menghilangkannya tidak sulit kok. Setidaknya ada lima bahan yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah ini.

Lihat juga

Ini Solusi Hilangkan Embun di Kaca Mobil

23/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Hadirnya embun pada kaca mobil dapat mengganggu pandangan. Sebabnya Anda harus hilangkan embun pada kaca mobil agar berkendara menjadi semakin aman dan nyaman.

Lihat juga