Begini Cara Perawatan Mobil Pick Up China DFSK Super Cab

22/10/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
DFSK Super Cab kini sudah mulai diterima konsumen di Indonesia, lantas bagaimana cara perawatan mobil pick up China ini yang baik dan benar? Ikuti tips ini...

Tak bisa dipungkiri saat ini DFSK Super Cab menjadi tulang punggung PT Sokonindo Autombile dalam menopang penjualan merek DFSK di Indonesia. Karena berdasarkan data yang ada, kendaraan jenis komersial adalah yang mengalami pertumbuhan saat pandemic COVID19 ini.

DFSK Super Cab Bensin

Super Cab sudah mulai dipercaya konsumen di Tanah Air

Meski belum bisa menyaingi kontingen asal Jepang seperti Suzuki New Carry Pick Up dan Daihatsu Gran Max, tetapi melihat penerimaan konsumen terhadap mobil ini sudah semakin membaik di Tanah Air, untuk itu PT Sokonindo Automobile memberikan tips perawatan mobil DFSK Super Cab untuk para konsumen setianya.

Emblem DFSK Super Cab

Agar kondisi mobil pick up China kesayangan Anda ini terjaga ya harus dirawat

 “Kami mengimbau kepada para pemilik kendaraan DFSK untuk rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan mandiri untuk menjaga kondisi kendaraan dan melakukan perawatan mandiri secara sederhana. Keberadaan Super Cab tentu sangat penting untuk keberlangsungan bisnis konsumen kami, sehingga kondisinya harus terus dijaga dalam kondisi prima agar terus menghasilkan keuntungan yang semakin besar,” ungkap Achmad Rofiqi, PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile.

Inilah beberapa tips merawat Super Cab kesayangan yang dapat dilakukan secara mandiri dan bisa dilakukan setiap saat:

1. Mengecek Kondisi Ban

Ban menjadi komponen utama yang harus di cek setiap hari sebelum memulai perjalanan. Hal yang pertama harus diperhatikan adalah tekanan anginnya dan pastikan ban tidak mengalami kebocoran. Kemudian setiap 1 minggu sekali, pemilik kendaraan sebaiknya melakukan pengisian tekanan air sesuai dengan panduan yang tertera di pilar B pengemudi.

>>> Perang Tiongkok vs Jepang, Komparasi Mobil Niaga DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up

Kondisi ban yang kekurangan angin akan sangat berbahaya karena ada resiko ban lebih cepat rusak atau malah meletus apabila sedang membawa beban yang sangat berat. Selain itu, ban yang kekurangan angin juga akan menghambat gulir roda dan berefek kepada konsumsi bahan bakar menjadi boros.

>>> Pick Up Buatan China Juga Berani Lawan Jepang, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan DFSK Super Cab 1.5L Gasoline

Selain itu, di cek juga kondisi kembangan ban apakah masih tebal atau sudah mulai habis (botak). Cara untuk mengecek kembangan ban ini bisa dilihat dari TWI (tread wear indicator) untuk membantu dalam memeriksa ketebalan tapak ban. Apabila ban sudah mulai botak, segera diganti dengan yang baru karena ban yang sudah habis sangat minim traksi di jalan dan berbahaya apabila terus digunakan.

2. Mengecek Kondisi Body & Bak

Mengecek kondisi body dan bak bisa dilakukan dengan mudah karena tampak secara kasat mata. Pastikan tidak ada bagian cat yang terkelupas karena apabila dibiarkan begitu saja maka lama-kelamaan bisa menyebabkan karatan serta akhirnya beresiko body menjadi bolong.

>>> Bayar Biaya Servis Mobil Pick Up Saingan Super Cab Ini Hanya Setengah Harga Saja

Alangkah lebih baiknya, Super Cab dicuci secara berkala, terlebih setelah membawa berbagai macam barang atau ketika musim penghujan. Air hujan juga harus segera dibersihkan karena asam yang terkandung di dalamnya sangat tidak bersahabat bagi body kendaraan.

3. Membersihkan Interior

Selalu bersihkan interior karena kebersihan ini dapat menjaga kabin dari resiko kerusakkan. Selain itu, kabin yang bersih juga membuat perjalanan menyenangkan serta tidak mengganggu perjalanan.

>>> Mau beli mobil DFSK Super Cab bekas dengan harga menarik? Di sini tempatnya

Saat tim Cintamobil.com mencoba produk DFSK Super Cab ini, selain potensi kotor pada interior dashboard dan jok, ada juga potensi kotoran di  tonjolan sepatbor roda depan di balik peda gas. Bisa saja kotoran dari alas kaki 'nyangkut' di sana, jadi saran kami perhatikan bagian tersebut.

4. Selalu Gunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Perawatan sederhana yang kadang tidak dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan. Efeknya tentu akan membuat umur mesin tidak panjang dan efisiensi bahan bakar tidak didapatkan.

Untuk mesin diesel saran kami gunakan BBM Solar berkualitas baik seperti Dexlite untuk menghindari penumpukan sulfur pada injektornya. Dan untuk DFSK Super Cab bermesin bensin masih cukup aman menggunakan BBM jenis Pertalite bahkan Premium sekalipun.

5. Jangan Membawa Beban Secara Berlebihan

Meski faktanya Super Cab adalah pick up di kelasnya dengan keunggulan memiliki bak angkut terluas di kelasnya demikian pula daya angkut maksimumnya yang ada di Indonesia. Tapi membawa beban secara berlebihan akan merugikan bagi Anda pemilik mobil.

Kapasitas Bak DFSK Super Cab

Bak angkut Super Cab terluas di kelasnya

Hal tersebut membuat mobil menjadi tidak stabil dan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Selain itu, kondisi kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) dilarang di jalan raya dan bisa saja dihentikan di perjalanan membuat waktu tempuh semakin lama dan ada denda tilang yang harus dibayarkan.

6. Rutin Melakukan Servis Berkala Di Bengkel Resmi DFSK

Perawatan harus dilakukan untuk menjaga kondisi Super Cab Anda. Anda bisa datang ke bengkel resmi DSFK yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia sesuai dengan jadwal yang tercantum di buku panduan kendaraan.

Mesin DK15 DFSK Super Cab

Mesin juga harus dirawat

Perawatan berkala di bengkel resmi DFSK akan mencakup general check up untuk memastikan kondisi mobil selalu terbaik. Selain itu, perawatan berkala di bengkel resmi memastikan seluruh pengerjaan dan perbaikan kendaraan dilakukan oleh mekanik-mekanik sudah tersertifikasi, didukung oleh perlengkapan yang modern dan canggih, serta jaminan penggunaan suku cadang asli untuk memastikan kualitas kendaraan selalu terjaga optimal.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top