Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof

02/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Begini Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof
Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof ternyata tidak begitu sulit. Kira-kira apa saja yang harus Anda lakukan? Simak ulasan dari Peugeot indonesia di bawah ini.

Kondisi cuaca terasa cukup panas pada masa sekarang ini. Hal ini jelas memiliki beberapa dampak pada kendaraan. Apalagi jika mobil selalu berada di area terbuka yang terjemur sinar matahari secara langsung. Salah satu piranti yang paling rawan terdampak adalah sunroof dan panoramic sunroof.

>>> Toyota Beri Sentuhan Gazoo Racing ke Yaris Cross

Gambar menunjukan Sunroof

Peugeot 3008 dan 5008 tipe GT Line dan Allure Plus dibekali dengan fitur Panoramic Sunroof 

Fitur ini sudah diadopsi sebagian mobil modern, seperti SUV Premium Peugeot 3008 dan 5008 tipe GT Line dan Allure Plus. Fitur Panoramic Sunroof yang disematkan pada kedua model tersebut sangat memberikan kesan mewah dan juga membuat ruang kabin menjadi terasa lebih lapang.

Namun hadirnya atap sunroof dan panoramic sunroof tentunya tidak boleh dianggap hanya sebagai aksesoris semata. Fitur tersebut juga tetap memerlukan perawatan rutin bagi penggunanya yang tinggal di negara beriklim tropis, hal ini dilakukan untuk memperpanjang usia pakainya serta dapat mencegah terjadinya kerusakan seperti kebocoran.

Sunroof Harus Diperhatikan Secara Rutin

Pemilik mobil ber-sunroof harus secara rutin memberikan perhatian, paling tidak sebulan sekali. Dalam melakukan perawatannya, ternyata tak melulu harus dilakukan di bengkel resmi. 

“Pemilik mobil juga bisa melakukan perawatan sendiri terhadap sunroof dan panoramic sunroof mobilnya di rumah.” tutur Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Sunroof dan panoramic sunroof pada dasarnya didesain tahan lama atau sesuai dengan umur mobil sehingga cukup awet. Akan tetapi untuk perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil, kadang-kadang dapat mengganggu fungsi sunroof tersebut. Diantaranya karet menjadi keras akibat sering terjemur sinar matahari secara langsung. Akibatnya, lama kelamaan proses buka tutup kaca dapat menjadi tersendat dan menjadi kurang rapat dalam menutup sunroof tersebut. 

>>> Siapa Penasaran? Begini Lho Wujud Dealer Esemka di Boyolali!

Gambar menunjukan Mobil peugeot

Usahakan mobil Anda terkena langsung dari sinar matahari

Parkir Mobil di Tempat Teduh

Merawat sunroof dan panoramic sunroof memang tak jauh berbeda dengan merawat kaca depan mobil. Materialnya memang sama-sama kaca, hanya saja kaca pada sunroof dan panoramic roof lebih tebal dibanding kaca depan. Tapi yang perlu diingat, setiap komponen pada kendaraan bermotor akan memiliki usia pakai. 

Mobil yang memiliki komponen kaca di bagian atap sebaiknya diberi perhatian lebih dengan selalu diupayakan diparkir di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini demi tetap menjaga komponen karet tetap lentur untuk jangka waktu yang lebih lama.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengintip Spesifikasi Esemka Bima 1.3L

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil Esemka Bima 1.3 buatan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Boyolali jadi model paling laris di Indonesia dan paling banyak diproduksi. Berikut spesifikasinya!

Lihat juga

Canggih! Toyota Punya Mobil Penangkal Virus Corona

02/09/2020

Mobil baru

3 menit

Toyota dan Softbank melalui usaha patungannya Monet hadirkan mobil penangkal virus Corona. Berbasiskan Toyota Hiace, mobil ini jadi punya banyak fungsi.

Lihat juga

Siapa Penasaran? Begini Lho Wujud Dealer Esemka di Boyolali!

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah meluncur setahun silam, lokasi dealer Esemka kerap menjadi pertanyaan banyak orang. Bagi Anda yang penasaran, begini lho wujud dealer Esemka.

Lihat juga

Ford Berencana Rumahkan 1.000 Pekerja di Amerika Utara

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Ford berencana rumahkan 1.000 pekerja di pasar Amerika Utara. Bukan hanya Ford saja, BMW juga berencana melakukan hal yang sama akibat pandemi Covid-19.

Lihat juga

Rolls-Royce Ghost 2021 Meluncur dengan Kesan Mewah nan Minimalis

02/09/2020

Mobil baru

3 menit

Rolls-Royce Ghost 2021 generasi kedua hadirkan ubahan baru dengan tampilan yang mewah nan minimalis, tapi tetap mempertahankan berbagai fitur khas Rolls-Royce.

Lihat juga